Seputar Aneka Ragam

Kampung KB Telah Jangkau 16 Kecamatan

Pencanangan kampung KB yang berlangsung di Balai Desa Bener dilakukan Sekretaris Dinsosdukkbpppa Drs Sukusyanto MM didampingi Camat Bener Agus Widiyanto SIP MSi, Kepala Disdukcapil Purworejo Sukmo Widi SH MM, Muspika, Ketua TP PKK kabupaten Ny Fatimah Verena Prihastyari SE, dan Ketua TP PKK kecamatan Ny Ardiningsih SE.

Dalam sambutannya Drs Sukusyanto MM yang mewakili Kepala Dinsosdukkbpppa mengatakan, pembentukan Kampung KB tidak hanya untuk mensukseskan program KB seperti dua anak cukup dan pemakaian kontrasepsi, namun lebih dari itu untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa yang menjadi sasaran pembentukan kampung KB.  Program kampung KB telah disusun perencanaan pembangunan yang meliputi kesehatan, pendidikan dan sosial kemasyarakatan.

Menurut Sukusyanto, untuk dapat mewujudkan peningkatan kesejahteraan tersebut di kampung KB akan dilakukan optimalisasi semua perangkat dan institusi masyarakat yang ada. Selain pembangunan sarana dan prasarana, diberikan pelatihan. Yang terpenting lagi adalah agar program pembinaan kampung KB dilakukan secara terus menerus. Dengan menggandeng seluruh komponen yang ada, harapannya jika di wilayah tersebut ada permasalahan yang dihadapi warga maka akan mudah dibantu oleh dinas instansi terkait.

Ditemui terpisah Kabid Kesehatan Reproduksi-KB Saroni SPd MM menjelaskan, selama bulan Januari hingga Oktober 2017 masyarakat yang menjadi aseptor sebanyak 8000 orang. Sedangkan 4000 diantaranya merupakan aseptor terjaring selama 16 kali putaran pencanangan kampung KB dan selebihnya terjaring dari kegiatan safari KB dan kegiatan lain.

“Termasuk  masyarakat juga diberi kesempatan untuk sekaligus mengurus administrasi kependudukan seperti KTP, KK, KIA, dan lainnya. Karena juga melibatkan Dinas Dukcapil yang melakukan pelayanan keliling bersamaan dengan pencangan kampung KB. Pelayanan KB pada kegiatan ini selain untuk mengajak warga untuk mengikuti program KB juga untuk meningkatkan kesejahteraan keluarga,” ujarnya.

Sementara itu Ketua PKK Kabupaten Purworejo Ny.Fatimah Verena Prihastyari SE mengatakan, kegiatan kesatuan gerak PKK KB Kesehatan merupakan rangkaian kegiatan keterpaduan antara KB dan PKK bertujuan untuk memberdayakan keluarga dalam mencapai kesejahteraan. Kegiatan yang mendukung program keluarga berencana dan kesehatan yang terkait dengan 10 program pokok PKK meliputi kesehatan, kelestarian lungkungan hidup dan perencanaan sehat telah dilakukan secara nyata seperti Posyandu sebagai wadah kegiatan masyarakat di desa dan perkotaan yang dibentuk dari, oleh dan untuk masyarakat dalam memberikan layanan sosial dasar.

Camat Bener Agus Widiyanto mengatakan, pencangan kampung KB di Bener ini tentu akan membawa kemajuan bagi desa terutama dalam ikut mensukseskan program KB yang tujuannya untuk peningkatan kesejahteraan keluarga. Maka diharapkan warga Bener bisa ikut berperan dalam program KB seperti pengembangan UPPKS, juga aktif dalam BKL, BKR, BKB, serta kegiatan lain yang terkait program KB.

Selain pencanangan tersebut, juga dilakukan pelayanan KB gratis, pelayanan administrasi kependudukan, dan pameran hasil kerajinan Desa Bener, serta dimeriahkan kesenian tradisional dolalak dan kuda lumping.

Berita Terpopuler

Peringati Tahun Baru Islam, Kecamatan Butuh Gelar Pengajian dan Beri Santunan Kepada Anak Yatim
Seputar Aneka Ragam

Peringati Tahun Baru Islam, Kecamatan Butuh Gelar Pengajian dan Beri Santunan Kepada Anak Yatim

Rabu, 11 September 2019

Bupati Purworejo Agus Bastian SE MM menghadiri Pengajian akbar dan pemberian santunan anak yatim dal....


Bupati Purworejo Beserta Ulama dan Pengasuh Ponpes Ziarah ke Makam Habib Husein Luar Batang
Seputar Aneka Ragam

Bupati Purworejo Beserta Ulama dan Pengasuh Ponpes Ziarah ke Makam Habib Husein Luar Batang

Sabtu, 28 September 2019

Bupati Purworejo Agus Bastian SE MM didampingi Gus Hakim dan Gus Mahfud beserta rombongan ulama dan ....


Ulama dan Pengasuh Ponpes Purworejo Studi Banding ke Ponpes Assiddiqiyah Jakarta
Seputar Aneka Ragam

Ulama dan Pengasuh Ponpes Purworejo Studi Banding ke Ponpes Assiddiqiyah Jakarta

Rabu, 25 September 2019

Sebanyak 160 ulama dan pengasuh pondok pesantren (ponpes) mengikuti kunjungan kerja penguatan kapasi....