News

Bupati Pimpin Upacara Pencanangan BBGRM Ke 16

Bupati Purworejo Agus Bastian SE MM pimpin Upacara Pencanangan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) ke XVI dan Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK ke 47 Tahun 2019 Kabupaten Purworejo di Lapangan Desa Kalimeneng Kecamatan Kemiri, Senin (15/4).

Pencanangan BBGRM ke XVI dan HKG PKK ke 47 ditandai dengan pemukulan kentongan, pelepasan balon dan pelepasan burung merpati. Juga dilakukan penyerahan peralatan kerja bakti secara simbolis.

Bupati dalam sambutannya mengatakan bahwa gotong royong merupakan intisari dari Pancasila. Gotong royong harus dimaknai bukan hanya sebagai slogan, sebatas kata-kata, atau bahkan jargon.

Oleh karena itu gotong royong harus diaktualisasikan dan dilaksanakan dalam kehidupan sehari-hari. Gotong royong harus kita wujudkan dalam sebuah tindakan yang nyata.

Menurutnya, memang tidak mudah untuk menjalankan semangat gotong royong di tengah-tengah kecenderungan berkehidupan sekarang, yang makin individualistis dan cenderung kompetitif.

Apalagi masih banyak yang menyukai bekerja sendiri-sendiri dibandingkan bekerja bersama-sama. Ego daerah, ego sektoral lebih menonjol dibandingkan sinergi  dan kerjasama.

BBGRM merupakan momentum untuk mengingatkan akan arti penting gotong royong, terutama generasi penerus yang akan memikul sejarah ke depan. Semangat gotong royong perlu ditanamkan kepada generasi muda, sebab merekalah pemilik masa depan bangsa ini.

“Semangat gotong royong memang harus ditanamkan sejak dini dalam proses pendidikan anak-anak kita. Generasi muda diharapkan senantiasa bermusyawarah dalam memutuskan dan gotong royong dalam bekerja,” katanya.

Sedangkan dengan HKG PKK merupakan wadah aktivitas sosial kemasyarakatan bagi keluarga yang memiliki sejarah yang panjang. Selama 47 tahun pelaksanaan Gerakan PKK, ternyata telah menunjukkan keberhasilan yang mendapat pengakuan dan penghargaan dari lembaga-lembaga nasional maupun internasional.

“Pada kesempatan ini, saya mengucapkan terimakasih dan penghargaan yang tinggi kepada seluruh jajaran Tim Penggerak PKK dan para kadernya, yang telah bekerja keras demi mendukung peningkatan kualitas bangsa melalui upaya-upaya yang diarahkan dalam memberdayakan kesejahteraan keluarga,” imbuhnya.

Pada kesempatan itu juga dilakukan penyerahan hadiah lomba gotong royong masyarakat dan lomba desa. Untuk lomba gotong royong, juara I diraih oleh Desa Kedunglo Kecamatan Kemiri, juara II Desa Dlangu Kecamatan Butuh dan juara III Desa Kalijering Kecamatan Pituruh.

Sedangkan untuk lomba desa, juara I diraih Desa Jombang Kecamatan Ngombol, juara II Desa Bandung Kidul Kecamatan Kemiri dan juara III diraih Desa Kaliglagah Kecamatan Loano. Juga dilakukan penyerahan bibit jambu, durian dan bibit kelor.

Berita Terpopuler

Positif Tembus 100 Orang, Gugus Tugas Beri Warning
News

Positif Tembus 100 Orang, Gugus Tugas Beri Warning

Rabu, 22 Juli 2020

Positif Tembus 100 Orang, Gugus Tugas Beri Warning


Kasus Positif Bertambah, Pasar Suronegaran Akan Disterilisasi
News

Kasus Positif Bertambah, Pasar Suronegaran Akan Disterilisasi

Kamis, 16 Juli 2020

Juru Bicara Protokol Covid-19 Kabupaten Purworejo dr Tolkha Amaruddin Sp THT KL mengungkapkan, jumla....


Positif Covid-19 Tambah 15 Orang, Masyarakat Wajib Jalankan Protokol Kesehatan
News

Positif Covid-19 Tambah 15 Orang, Masyarakat Wajib Jalankan Protokol Kesehatan

Jumat, 24 Juli 2020

Positif Covid-19 Tambah 15 Orang, Masyarakat Wajib Jalankan Protokol Kesehatan