Berita Purworejo

Peringati Hari Kesaktian Pancasila, Masyarakat Diajak Pertahankan Nilai-Nilai Pancasila

Pemkab Purworejo menggelar upacara Hari Kesaktian Pancasila yang dipusatkan di Alun-alun Purworejo, Selasa (1/10). Upacara di pimpin Bupati Purworejo Agus Bastian SE MM yang diikuti ratusan peserta dari unsur TNI/Polri, PNS, LSM, pelajar dan Ormas Purworejo.

Turut mengikuti upacara Forkopimda, Sekda, pimpinan OPD, para veteran dan sejumlah tamu undangan. Upacar berlangsung dengan hikmat, utamanya ketika Bupati membacakan Teks Pancasila yang diikuti seluruh peserta upacara.

Pada upacara itu juga dibacakan Ikrar dari Ketua DPRD RI yang dibacakan oleh Ketua DPRD Purworejo Dion Agasi Setiyabudi SIKom Msi. Dalam Ikrar tersebut diungkapkan bahwa sejak diproklamasikannya Kemerdekaan NKRI pada 17 Agustus 1945, pada kenyataannya telah banyak terjadi rongsongan baik dari dalam negeri maupun luar negeri terhadap negara kesatuan RI.

Rongrongan tersebut dimungkinkan oleh kelengahan, kekurangwaspadaan Bangsa Indonesia terhadap kegiatan yang berupaya untuk menumbangkan Pancasila sebagai Ideologi Negara.

Namun dengan semangat kebersamaan yang dilandasi nilai-nilai luhur ideologi Pancasila, Bangsa Indonesia tetap dapat memperkokoh tegaknya NKRI.

Dengan diperingataninya Hari Kesaktian Pancasila ini, seluruh masyarakat Indonesia diajak membulatkan tekad untuk mempertahankan dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila sebagai sumber kekuatan menggalang kebersamaan untuk memperjuangkan, menegakkan kebenaran dan keadilan demi keutuhan NKRI.

Upacara diakhiri dengan menyanyikan lagu-lagu perjuangan oleh paduan suara SMAN 1 Purworejo dan ditutup dengan pembacaan doa oleh petugas Kemenag Purworejo.

Berita Terpopuler

IKK LPPD  Kabupaten Purworejo 2023
Berita Purworejo

IKK LPPD Kabupaten Purworejo 2023

Kamis, 28 Maret 2024

IKK LPPD Kabupaten Purworejo 2023


Bukber dengan Karyawan PDAM, Bupati Berpesan  Agar Tidak Kehilangan Fungsi Sosial
Berita Purworejo

Bukber dengan Karyawan PDAM, Bupati Berpesan Agar Tidak Kehilangan Fungsi Sosial

Rabu, 27 Maret 2024

Bupati Purworejo Hj Yuli Hastuti SH menghadiri acara buka puasa bersama seluruh karyawan Perumda Air....


Pemkab Purworejo Gelar Bazar Pangan Ramadhan di 15 Kecamatan
Berita Purworejo

Pemkab Purworejo Gelar Bazar Pangan Ramadhan di 15 Kecamatan

Selasa, 26 Maret 2024

Desa Pogungjurutengah Kecamatan Bayan menjadi desa pertama yang menjadi lokasi kegiatan Bazar Pangan....