News

Upacara peringatan HUT ke 74 RI Di Purworejo Berlangsung Khidmat

Upacara peringatan HUT ke 74 Kemerdekaan Republik Indonesia Tingkat Kabupaten Purworejo dipusatkan di Alun-alun Purworejo, Sabtu (17/8) berlangsung khidmat. Bupati Purworejo Agus Bastian SE MM bertindak sebagai inspektur upacara.

Dalam upacara tersebut, dilaksanakan pengibaran bendera merah putih, pembacaan dan detik-detik proklamasi, pembacaan Undang-Undang Dasar 45, amanat dari inspektur upacara dan doa.

Detik-detik dan pembacaan proklamasi dilakukan sekitar pukul 10.00 WIB. Meskipun cuaca tampak panas, seluruh peserta tampak khidmat mengikuti upacara tersebut.

Dalam sambutannya yang dibacakan Bupati Purworejo, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengajak seluruh masyarakat Indonesia khususnya Jawa Tengah untuk tidak lagi membeda-bedakan suku bangsa dan agama di era kemerdekaan ini.

Menurutnya, dalam masa perjuangan setelah kemerdekaan ini sudah semestinya tidak membedakan suku, agama atau pun ras.

Tak peduli warna kulit, rambut, jenis kelamin, kaya atau pun miskin semua sama di mata negara. Founding fathers bangsa telah memberi contoh lewat laku, bukan sekadar gembar gembor persatuan. Mereka berdarah-darah menegakkan kemerdekaan.

Ia menambahkan bahwa banyak dari pahlawan yang telah gugur membela negara berasala dari berbagai etnis suku dan agama.

Sehingga bangsa Indonesia harus mampu bersatu dan melawan radikalisme yang menjadi musuh besar di era sekarang.

Upacara ini juga dihadiri oleh Forkopimda, Pimpinan OPD, Pejuang Veteran dan sejumlah tamu undangan. Upacara diikuti peserta dari berbagai unsur mulai TNI, Polri, PNS, Ormas hingga pelajar.

Kemudian pada sore harinya, digelar upacara penurunan bendera dalam rangka Peringatan HUT ke 74 Republik Indonesia Tingkat Kabupaten Purworejo dipusatkan di Alun-alun Purworejo.

Upacara dengan Inspektur Upacara Kapolres Purworejo AKBP Indra Kurniawan Mangunsong SH SIK MM, dipadati warga yang menyaksikan memenuhi pinggiran Alun-alun Purworejo.

Pengibaran dan penurunan bendera dilakukan Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Kabupaten Purworejo, yang merupakan gabungan pasukan dari Kodim 0708 Purworejo serta pelajar SMA/SMK/MAN terpilih di Purworejo.

Pasukan yang berjumlah 70 orang tersebut dapat menjalankan tugasnya dengan sukses. Paskibraka terdiri dari Pasukan 17, pasukan 8, pasukan 45. Pasukan 17 dan 8 dari paskibraka, pasukan 45 dari kodim 0708 Purworejo.

Pengibar bendera pusaka yakni Wahyu Ghozy AA (SMAN 6), M Sahril (SMAN 7 dan Anastasya Audilhaksita (SMAN 7). Sedangkan  penurun bendera pusaka yakni Rizki Erwin Salisa (SMAN 1), Riki Sanjaya (SMAN 1) dan Rafael Adryan Bagas Pratama (SMAN 7).

Berita Terpopuler

Purworejo Nyatakan Tanggap Darurat Covid-19
News

Purworejo Nyatakan Tanggap Darurat Covid-19

Jumat, 27 Maret 2020

Kabupaten Purworejo dinyatakan Tanggap Darurat Covid-19 terhitung mulai tanggal 28 Maret 2020 pukul ....


Purworejo Belum Ada Suspek Corona
News

Purworejo Belum Ada Suspek Corona

Kamis, 12 Maret 2020

Purworejo Belum Ada Suspek Corona


Putus Penyebaran Covid-19, Pemkab Tutup Area Alun-alun Purworejo
News

Putus Penyebaran Covid-19, Pemkab Tutup Area Alun-alun Purworejo

Minggu, 22 Maret 2020

Dinas Pariwisata dan Budaya (Dinparbud) Kabupaten Purworejo sementara menutup seluruh area Alun-alun....