Berita Purworejo

Adakan Workshop, Dinpusip Purworejo bakal Gelar Lomba Pidato Berbahasa Jawa untuk Kepala Perangkat Daerah

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Purworejo menyelenggarakan Workshop Pidato Berbahasa Jawa bagi Kepala Perangkat Daerah dan Kabag Setda di Ruang Arahiwang Setda Kabupaten Purworejo, Senin (7/8/2023).

Workshop ini dibuka langsung oleh Bupati Purworejo RH Agus Bastian SE. Hadir Dosen Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa Universitas Muhammadiyah Purworejo Eko Santoso M Hum dan juga Kaprodi PBSJ Herlina Setyowati M Pd sebagai narasumber

Dra Eni Sudiyati MM selaku Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Purworejo menyebutkan kegiatan workshop bertujuan untuk memperkuat literasi bahasa daerah sekaligus melestarikan budaya daerah. Selain itu, juga untuk meningkatkan kualitas SDM dengan mengimplementasikan ilmu pengetahuan yang diperoleh dari perpustakaan guna mewujudkan transformasi perpustakaan berbasis inklusi sosial. 
Kegiatan ini diikuti oleh 48 peserta yang terdiri dari 24 Kepala OPD, 8 Kabag, dan 16 Camat di Lingkup Kabupaten Purworejo. Hasil dari pelatihan ini, akan dibuktikan bersama dalam Lomba Pidato Berbahasa Jawa dalam rangka Peringatan HUT Ke 78 Kemerdekaan republik Indonesia. “Workshop ini ada tindak lanjutnya yaitu akan dilaksanakan pidato dengan bahasa jawa, untuk pelaksanaanya pada hari Selasa tanggal 15 Agustus 2023” tandasnya. 

Dalam sambutannya Bupati Purworejo mengatakan eksistensi bahasa Jawa sebagai bahasa ibu dan warisan luhur nenek moyang, dari waktu ke waktu semakin banyak ditinggalkan komunitasnya sendiri. Semakin banyak orang Jawa yang tidak bisa berbahasa Jawa, terutama bahasa Jawa yang masuk strata kromo atau kromo inggil.
Lebih lanjut, Bupati Purworejo berharap melalui pelatihan ini para Kepala Perangkat Daerah maupun pejabat dan pegawai di jajaran Pemerintah Kabupaten Purworejo dapat ikut nguri-uri bahasa Jawa. “Mari bersama-sama kita ikut berkontribusi dalam upaya ’nguri-uri’ bahasa Jawa “ajaknya.

Sementara itu, narasumber Eko Santoso M Hum menyampaikan materi keterampilan berbicara Bahasa Jawa. Disebutkan dasar pokok sesorah (pidato berbahasa Jawa) meliputi olah swara lan wicara, olah raga lan busana, olah basa lan sastra, menguasai tatakrama/ sikap perilaku mental njawani yang berbudi, memahami bahasa yang baik dan benar (patrap pocapan Jawa), nguwaosi materi sesorah, nguwaosi mental. Selanjutnya, Eko menuturkan untuk dapat menguasai keseluruhan dengan baik harus dapat meluangkan waktu untuk gladhen; dengan niat, tekad, ragad, dan nekat.
Kegiatan workhshop juga mengajak peserta untuk secara langsung melakukan praktek pidato dengan menggunakan Bahasa Jawa. Peserta yang mewakili yaitu Kepala Dinkominfostasandi Purworejo, Yudhie Agung Prihatno SSTP M Si dan Kepala Bagian Umum Setda Purworejo Woro Satiyo Aji SE.

Berita Terpopuler

Petunjuk Teknis PPDB Kabupaten Purworejo Tahun Ajaran 2024/2025
Berita Purworejo

Petunjuk Teknis PPDB Kabupaten Purworejo Tahun Ajaran 2024/2025

Selasa, 28 Mei 2024

Pemerintah Kabupaten Purworejo melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) telah menyusun Pe....


Berlangsung Meriah, Kontes Kambing Kaligesing Lombakan 5  Kategori
Berita Purworejo

Berlangsung Meriah, Kontes Kambing Kaligesing Lombakan 5 Kategori

Selasa, 04 Juni 2024

Kontes Kambing Kaligesing tingkat Kabupaten Purworejo 2024 digelar di Desa Wisata Pandanrejo (Dewa P....


Hebat, Pramuka Siaga Purworejo Bawa Pulang 3 Medali Emas dalam Lomba Tingkat Provinsi Jateng
Berita Purworejo

Hebat, Pramuka Siaga Purworejo Bawa Pulang 3 Medali Emas dalam Lomba Tingkat Provinsi Jateng

Senin, 27 Mei 2024

Pramuka Siaga Kwartir Cabang (Kwarcab) Purworejo berhasil menorehkan hasil maksimal dalam lomba ting....