Berita Purworejo

Sosialisasi Penggunaan Kartu Kredit Pemerintah Daerah di Kabupaten Purworejo

Pemerintah Kabupaten Purworejo, melalui Badan Pengelolaan Keuangan, Pendapatan dan Aset Daerah (BPKPAD), menggelar Sosialisasi Penggunaan Kartu Kredit Pemerintah Daerah (KKPD) di Kabupaten Tahun Anggaran 2024 di Ruang Arahiwang Setda Purworejo pada Selasa, 9/1/2024.

 

Acara sosialisasi dibuka oleh Sekretaris BPKPAD Purworejo Bani Baskoro ST MEng. Acara tersebut juga dihadiri oleh Kabid Perbendaharaan Daerah Lasmini SE MAcc, Direktur Bank Jateng KC Purworejo Isnanto Subroto, dan narasumber Divisi Bisnis Kelembagaan dan Transaction Bank Jateng Pusat Wiwit Yuda Prasetya serta diikuti para Kuasa Pengguna Anggaran (KPA) dan Bendahara Pengeluaran Perangkat Daerah.

 

Kartu Kredit Pemerintah Daerah yang selanjutnya disingkat KKPD adalah Kartu Kredit yang dapat digunakan untuk melakukan pembayaran atas belanja yang dibebankan pada APBD, setelah kewajiban pembayaran pemegang kartu dipenuhi oleh bank penerbit Kartu Kredit sesuai dengan kewajibannya pada waktu yang disepakati dan satuan kerja perangkat daerah berkewajiban melakukan pelunasan kewajiban pembayaran pada waktu yang disepakati dengan pelunasan pembayaran secara sekaligus.

 

Dalam pelaksanaannya, Pemerintah Kabupaten Purworejo bekerjasama dengan Bank Jateng dalam penggunaan KKPD. Tujuannya untuk meminimalisir penggunaan uang tunai dalam transaksi keuangan negara dan meningkatkan keamanan dalam bertransaksi.

 

Dalam sambutannya, Bani Baskoro mengungkapkan, implementasi KKPD di Kabupaten Purworejo nantinya akan merubah pola kerja yang tadinya menggunakan tunai  menjadi non tunai. Dengan menggunakan KKPD ini, semua proses transaksi bisa tercatat dengan baik.

"Pada tahap awal ini implementasi KKPD sebanyak 40% dari anggaran, untuk perjalanan dinas dan belanja barang dan jasa," ungkapnya.

 

Dengan menggunakan KKPD ini, diharapkan pengelolaan keuangan daerah semakin baik dan dapat dipertanggung jawabkan, sehingga pada akhirnya Kabupaten Purworejo bisa mempertahankan predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) secara terus menerus.

 

Isnanto Subroto juga menjelaskan jika Bank Jateng sangat siap untuk menjalankan program KKPD yang sudah diamanatkan oleh Kemendagri. Hal ini juga terdapat dalam Permendagri No 79 Tahun 2022 dan Peraturan Bupati Purworejo No 84 Tahun 2023 tentang cara penggunaan dan penyelenggaraan KKPD dalam melaksanakan anggaran pendapatan dan belanja daerah.

 

Kemudian acara dilanjutkan dengan pemaparan dari narasumber Wiwit Yuda Prasetya mengenai tahapan dan persyaratan pembuatan KKPD di Bank Jateng. Para peserta juga terlibat diskusi aktif mengenai mekanisme KKPD di Kabupaten Purworejo.

Berita Terpopuler

PPDB SD dan SMP Negeri di Kabupaten Purworejo Dilakukan Secara Online
Berita Purworejo

PPDB SD dan SMP Negeri di Kabupaten Purworejo Dilakukan Secara Online

Rabu, 15 Mei 2024

Pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Kabupaten Purworejo tahun ajaran 2024/2025 untuk je....


Peluncuran Tahapan Pilbup 2024, Bupati Purworejo Ajak Masyarakat Ikut Tentukan Figur dan Arah Kepemimpinan Daerah
Berita Purworejo

Peluncuran Tahapan Pilbup 2024, Bupati Purworejo Ajak Masyarakat Ikut Tentukan Figur dan Arah Kepemimpinan Daerah

Sabtu, 11 Mei 2024

Bupati Kabupaten Purworejo Hj Yuli Hastuti SH menghadiri Peluncuran Tahapan Pemilihan Bupati Dan Wak....


Petunjuk Teknis PPDB Kabupaten Purworejo Tahun Ajaran 2024/2025
Berita Purworejo

Petunjuk Teknis PPDB Kabupaten Purworejo Tahun Ajaran 2024/2025

Selasa, 28 Mei 2024

Pemerintah Kabupaten Purworejo melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) telah menyusun Pe....