Berita Purworejo

Hadiri Wisuda Ibisa, Plt Bupati Purworejo Tekankan Peran Penting Bidan

Kesehatan ibu dan anak menjadi salah satu prioritas utama dalam pembangunan kesehatan di Indonesia. Sehingga peran bidan sangat strategis, sebagai ujung tombak pelayanan kesehatan ibu dan anak, kesehatan reproduksi perempuan, dan Keluarga Berencana. 

Penekanan itu disampaikan oleh Plt Bupati Purworejo Hj Yuli Hastuti SH saat menghadiri acara Wisuda Diploma III Kebidanan Angkatan XIII Tahun 2023 Ibisa Purworejo di auditorium kampus setempat, Sabtu (25/11/2023). Tampak hadir Kepala LL Dikti Wilayah VI Jawa Tengah Bhimo Widyo Andoko SH MH, Rektor Ibisa Nurma Ika Zuliyanti SST MKes, Forkopimcam Banyuurip dan segenap tamu undangan.

Lebih lanjut Plt Bupati mengatakan, kita sangat membutuhkan bidan yang kompeten, profesional, tanggap serta dapat mengatasi berbagai masalah kesehatan ibu dan anak. Bidan berperan sebagai sahabat perempuan, pemberi layanan dan asuhan kebidanan promotif dan preventif. "Apalagi optimalisasi seribu hari pertama kelahiran anak, sangat penting untuk pencegahan stunting," ucapnya. 

Ia menambahkan bahwa untuk memenuhi kebutuhan di bidang kesehatan, pemerintah terus melakukan upaya-upaya pembangunan kesehatan secara merata. Dan komponen utama untuk menggerakkan pembangunan kesehatan adalah Sumber Daya Manusia (SDM) kesehatan. 

"Saya sampaikan apresiasi dan penghargaan kepada civitas akademika Ibisa Purworejo, dan juga ucapan terima kasih kepada seluruh dosen dan tenaga kependidikan yang telah mendedikasikan diri dalam melaksanakan tugas mulia ini," ungkapnya. 

Rektor Ibisa Nurma Ika Zuliyanti SST MKes melaporkan sebanyak 25 lulusan yang diwisuda telah menyelesaikan proses pendidikan dengan tuntas. Ia mengatakan para lulusan telah mengikuti Ujian Kompetensi dan dinyatakan kompeten 100 persen.

Pada wisuda angkatan XIII ini, tercatat Indeks Prestasi Komulatif (IPK) tertinggi 3,87, IPK terendah 3,16, dan IPK rata-rata 3,52. Sebanyak 13 mahasiswa meraih predikat kelulusan Dengan Pujian dan 12 mahasiswa lulus dengan predikat Sangat Memuaskan.

" Dari 25 peserta wisuda hari ini terdapat 6 mahasiswi yang menempuh pendidikan melalui beasiswa KIP. 12 Diantaranya sudah bekerja sebagai bidan,” katanya. 

Sedang Kepala LL Dikti Wilayah VI Jawa Tengah Bhimo Widyo Andoko SH MH, dalam sambutan virtual menyampaikan Ibisa telah menunjukkan komitmen dan konsistensinya dalam menjalankan pendidikan tinggi yang berkualitas. "Semoga terus berkembang pesat menuju perguruan tinggi yang unggul, " harapnya. 

Pada kesempatan ini Plt Bupati Purworejo didampingi Rektor Ibisa Nurma Ika Zuliyanti SST MKes memberikan penghargaan secara langsung kepada wisudawan terbaik. Di antaranya Ratih Indrayati Sasmita AMd Keb (IPK 3,87), Finda Eka Friantina, Amd Keb (IPK 3,85), Miftahu Rofingatul Karomah, AMd Keb (IPK 3,84), Sulistyowati, AMd Keb (IPK 3,84), Syafia Khusna, AMd Keb (IPK3,84).

Berita Terpopuler

Petunjuk Teknis PPDB Kabupaten Purworejo Tahun Ajaran 2024/2025
Berita Purworejo

Petunjuk Teknis PPDB Kabupaten Purworejo Tahun Ajaran 2024/2025

Selasa, 28 Mei 2024

Pemerintah Kabupaten Purworejo melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) telah menyusun Pe....


Berlangsung Meriah, Kontes Kambing Kaligesing Lombakan 5  Kategori
Berita Purworejo

Berlangsung Meriah, Kontes Kambing Kaligesing Lombakan 5 Kategori

Selasa, 04 Juni 2024

Kontes Kambing Kaligesing tingkat Kabupaten Purworejo 2024 digelar di Desa Wisata Pandanrejo (Dewa P....


Hebat, Pramuka Siaga Purworejo Bawa Pulang 3 Medali Emas dalam Lomba Tingkat Provinsi Jateng
Berita Purworejo

Hebat, Pramuka Siaga Purworejo Bawa Pulang 3 Medali Emas dalam Lomba Tingkat Provinsi Jateng

Senin, 27 Mei 2024

Pramuka Siaga Kwartir Cabang (Kwarcab) Purworejo berhasil menorehkan hasil maksimal dalam lomba ting....