Berita Purworejo

TP PKK Turun Ke Desa Binaan

Dalam rangka pembinaan, Tim PKK Kabupaten Purworejo turun langsung ke sejumlah desa binaan. Desa pertama yang dikunjungi  empat desa, salah satunya Desa Tungtungpahit  Kecamatan Kutoarjo. Pembinaan yang dipusatkan di Balai Desa Tungtungpahit itu juga dihadirkan Kelurahan Katerban sebagai kelurahan binaan. 
Tim PKK Kabupaten Ir Elly Pram Prasetyo MM, Maini Widarto dan sejumlah pengurus. diterima Camat Kutoarjo Bambang Setyo Budoto SSos, Ketua TP PKK Kecamatan Sulastri, Kepala desa Tungtungpahit Ary Rezeki Widayanti, dan TP PKK Kelurahan Katerban pada Selasa (7/6).  
Dalam sambutannya Elly Pram mengatakan,  kegiatan pembinaan administrasi 10 program pokok PKK sebagai upaya untuk penertiban adminstrasi. Sehingga adminstrasi dapat dipertangungjawabkan dari pelaksanaan kegiatan PKK desa hingga dasa wisma. Tentunya kader PKK sebagai pengurus hendaknya memiliki kerelawanan gerakan PKK menjadi dasar bakti PKK untuk ikut berperan dalam pembangunan, pentingnya komunikasi dan konsisten, serta harus mampu menjadi teladan.
Disamping itu, kegiatan 10 program pokok PKK yang dijabarkan pada kelompok kerja I hingga Pokja IV dapat dilaksanakan dengan melibatkan semua anggota PKK. Seperti penyuluhan kesadaran hukum, pendidikan wajar 9 tahun, mencegah pernikahan usia dini, juga pemanfaatan halaman, kesehatan lingkungan, yang kesemuanya untuk kesejahteraan keluarga. 
“Masing-masing Pokja supaya ada skala prioritas terutama yang unggulan. Terkait pencanangan bulan imunisasi anak usia 9 bulan tahun 2022, diharapkan kader PKK desa kelurahan agar aktif untuk memberikan pemahaman dan mengajak mensukseskan bulan imunisasi ,” tutur Elly Pram. 
Sementara Kades Ary Rezeki Widayanti menjelaskan kegiatan PKK di Desa Tungtungpahit didukung dana desa. Kegiatan meliputi Pokja I – IV dan dilaksanakan hingga PKK tingkat dasawisma. Termasuk dalam ketertiban administrasi dituangkan sesuai pelaksanaan kegiatan PKK. Harapannya dengan pembinaan ini akan dapat semakin memperbaiki kekurananglengkapan data-data dukung.   
Ketua PKK Kecamatan Sulastri mengatakan, TP PKK Kecamatan Kutoarjo melakukan sinkronisasi ditingkat desa kelurahan. Termasuk Desa Tungutgpahit dan Kelurahan katerban yang ditunjuk sebagai desa binaan. Tentu ini program desa binaan sangat membantu untuk mengangkat masyarakat lebih maju dan keluarga yang sejahtera.  
Sementara itu Maini Widarto mengatakan kegiatan pembinaan 10 program pokok PKK tujuannya untuk melihat secara langsung kegiatan dilapangan terutama pengadministtasian setiap kegiatan. Juga untuk mementukan terbaik yang akan mewakili PKK Kabupaten Purworejo ditingkat Provinsi Jawa Tengah. Pembinaan ini dilakukan di 16 kecamatan yang sasarannya masing-masing desa dan kelurahan binaan.

Berita Terpopuler

Calon Jamaah Haji 2024 Mulai Ikuti Manasik Haji
Berita Purworejo

Calon Jamaah Haji 2024 Mulai Ikuti Manasik Haji

Senin, 22 April 2024

Bupati Purworejo Hj Yuli Hastuti SH menghadiri sekaligus membuka Bimbingan Manasik Haji Kabupaten Pu....


Purworejo Nonton Bareng Semi Final Piala Asia U23
Berita Purworejo

Purworejo Nonton Bareng Semi Final Piala Asia U23

Sabtu, 27 April 2024

Bupati Purworejo Yuli Hastuti, SH menyerap aspirasi masyarakat yang ingin memberikan dukungan kepada....


67 Peserta Calon Paskibaraka Purworejo Jalani Tes Peraturan Baris Berbaris (PBB)
Berita Purworejo

67 Peserta Calon Paskibaraka Purworejo Jalani Tes Peraturan Baris Berbaris (PBB)

Selasa, 23 April 2024

Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Purworejo menggelar tes PBB (Peraturan Bari....