News

Berbagai Kegiatan Ramaikan May Day

Peringatan May Day atau Hari Buruh Internasional di Kabupaten Purworejo dalam sehari diisi berbagai kegiatan. Diantaranya jalan sehat mengitari alun-alun Purworejo, yang dilanjutkan dengan senam bersama, dan juga digelar sarasehan di Pendopo Kabupaten Purworejo pada Rabu pagi (1/5). Sarasehan diisi narasumber dari Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja (Dinperinaker) Purworejo, Polres Purworejo, BPJS Kesehatan Cabang Kebumen, dan BPJS Ketenagakerjaan Cabang Magelang di Pendopo Kabupaten.

Rangkaian kegiatan tersebut dibuka Plt Asisten administrasi dan Kesra Sumharjono SSos MM. Kegiatan diikuti para pimpinan perusahaan, pengurus Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI) Kabupaten Purworejo, Apindo, dinas/instansi terkait, dan badan usaha. Peserta jalan sehat dilepas oleh Asisten Administrasi dan Kesra Purworejo, Sumharjono SSos MM, mewakili Bupati Agus Bastian SE MM dengan lokasi start dan finish di depan Pendopo Kabupaten Purworejo.

Dalam sambutannya Sumharjono menyampaikan penghargaan apresiasi yang tinggi kepada para serikat pekerja/serikat buruh, yang telah mengisi peringatan Hari Buruh Internasional (May Day) dengan menggelar kegiatan jalan sehat dan  sarasehan, bukan dengan demonstrasi atau unjuk rasa. Mudah-mudahan melalui kegiatan seperti ini, akan mampu meningkatkan harmonisasi hubungan industrial diantara komponen lembaga kerjasama tripartit yang meliputi pekerja, pengusaha dan pemerintah.

Dikatakan, tema may day tahun ini “TOGETHER WE GROW”, yang secara harfiah berarti bersama kita tumbuh. Dalam konteks sebagai tema may day, tema ini diharapkan mengangkat kesadaran 3 pelaku hubungan industrial bahwa semua pihak harus tumbuh. Pekerja/buruh harus meningkatkan kompetensinya melalui pelatihan-pelatihan, dimana pengusaha harus memberikan kesempatan bagi pekerja untuk meningkatkan kemampuannya.

Menurut Sumharjono, Pemerintah telah menjadikan tanggal 1 Mei yang merupakan Hari Buruh Internasional (May Day) sebagai hari libur nasional. Salah satu tujuannya adalah agar May Day menjadi hari yang bisa dimanfaatkan oleh para buruh dengan suasana dan kegiatan yang menyenangkan seperti jalan sehat dan sarasehan pada hari ini, bukan dengan kegiatan demonstrasi yang cenderung menegangkan dan rentan konflik.

Memang kita menyadari bahwa demonstrasi lanjut Sumharjono, merupakan salah satu wujud kebebasan berekspresi dan mengeluarkan pendapat yang dijamin oleh Undang-Undang. Di satu sisi, dengan berdemonstrasi dan unjuk kekuatan (show of force), barangkali kita menganggap mampu memperkokoh eksistensi kaum buruh di hadapan masyakat luas. “Namun, di sisi lain kita harus mengakui bahwa yang namanya demontrasi di jalan raya, tentu sedikit banyak akan mengganggu arus lalu lintas dan merugikan pengguan jalan. Belum lagi, ketegangan yang ditimbulkan dari sebuah aksi demontrasi, karena berpotensi memicu terjadinya konflik horizontal,” paparnya.

Dengan berbagai pertimbangan itu kata Sumharjono, Pemerintah Daerah ingin memfasilitasi aspirasi kaum buruh yang ingin menjadikan May Day sebagai hari yang menyenangkan - “MAY DAY IS A FUN DAY“. Apalagi saat ini sudah menjadi tren di kalangan kaum buruh khususnya di daerah-daerah, yang menginginkan peringatan May Day diisi dengan kegiatan yang positif, bukan dengan turun ke jalan untuk berdemonstrasi,

Sementara itu Kepala Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja (Dinperinaker) Kabupaten Purworejo Gatot Suprapto SH mengatakan, kegiatan may day ini diikuti 500 pekerja dan pengurus serikat pekerja/serikat buruh dari 25 perusahaan di wilayah Kabupaten Purworejo. Tujuan saraesehan untuk memberikan kesempatan kepada buruh agar bisa menyampaikan aspirasinya menambah kontribusi bagi kemajuan dan pengembangan ketenagakerjaan menjadi lebih baik. Pada may day ini juga disediakan berbagai dorprise antara lain sepeda, kipas angin, kompor gas, dll. Dorprise merupakan bantuan dari Bupati, Polres, Bank jateng, PDAM, BPJS Ketenagakerjaan dan kesehatan, serta dari PDAU. 

 

 

 

Berita Terpopuler

Tabur Bunga di TMP Tentara Pelajar Wareng, Gubernur Ajak Hormati Pahlawan Siapapun Dia
News

Tabur Bunga di TMP Tentara Pelajar Wareng, Gubernur Ajak Hormati Pahlawan Siapapun Dia

Senin, 11 November 2019

Peringatan Hari Pahlawan ke-74 Tingkat Provinsi Jawa Tengah dipusatkan di Desa Wareng Kecamatan Butu....


Peringati Maulid Nabi, Warga Ketepeng Watuduwur Bruno Sedekahkan Ratusan Ambeng
News

Peringati Maulid Nabi, Warga Ketepeng Watuduwur Bruno Sedekahkan Ratusan Ambeng

Kamis, 07 November 2019

Peringatan Maulid Nabi Muhammad Sholallahu â€Â&Acir....


Saba Desa, Bupati Makan Nasi Takir Bersama Warga Pamriyan
News

Saba Desa, Bupati Makan Nasi Takir Bersama Warga Pamriyan

Jumat, 22 November 2019

Saba Desa di Desa Pamriyan Kecamatan Pituruh Purworejo, Rabu (20/11/2019), Bupati Purworejo Agus Bas....