News

Demi Tegaknya Demokrasi, PPK Diminta Pegang Teguh Netralitas

Netralitas seluruh penyelenggara Pemilu merupakan salah satu kata kunci yang harus ditegakkan. Netralitas penyelenggara pemilu harus senantiasa dijaga dan dipegang teguh, karena merupakan modal yang sangat penting dan berharga dalam mengawal tegaknya demokrasi.

Hal itu dikatakan Bupati Purworejo Agus Bastian SE MM saat menghadiri Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Sekretariat Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Purworejo Tahun 2020, di Gedung Wanita Ahmad Yani, Kamis (5/3/2020).

Turut hadir Wakil Ketua DPRD Kelik Susilo Ardani, Forkopimda, Anggota Bawaslu, Komisioner KPU dan pimpinan OPD terkait. Pelantikan dan pengambilan sumpah Sekretariat PPK dipimpin Ketua KPU Purworejo Drs Dulrohim.

Kepada seluruh jajaran PPK yang telah dilantik dan diambil sumpahnya Bupati berharap, dapat bekerja secara profesional, mempunyai integritas, jujur, adil, dan senantiasa menjaga netralitas. Hal ini penting dalam rangka suksesnya Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Purworejo Tahun 2020.

“PPK memiliki peran yang sangat penting dan strategis dalam setiap pelaksanaan pesta demokrasi, termasuk Pilkada. Posisi PPK sangat menentukan, mengingat PPK merupakan kepanjangan KPU,” katanya.

Bupati juga meminta kepada seluruh jajaran Sekretariat PPK untuk berkoordinasi dengan baik secara vertikal maupun horizontal, agar tahapan-tahapan yang telah direncanakan dalam penyelenggaraan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Purworejo Tahun 2020 dapat terlaksana dengan baik.

Satu hal yang paling penting adalah bahwa setiap tindakan seluruh penyelenggara Pemilu termasuk jajaran Sekretariat dan anggota PPK harus senantiasa berpedoman pada aturan hukum yang berlaku, agar langkah dan tindakan kita dapat dipertanggung jawabkan.

“Berbagai kekurangan yang pernah terjadi pada pelaksanaan pemilu-pemilu sebelumnya hendaknya menjadi catatan yang harus diperbaiki,” imbuhnya.

Ketua KPU Purworejo Drs Dulrohim menjelaskan,

Mohon dalam melaksanakan tugas untuk mempedomani paraturan atau perundang-undangan yang ada. PPK dalam penyelenggaraan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Purworejo Tahun 2020 dibantu oleh seorang Sekretaris dan dua staf sekretariat.

Dikatakannya, dalam pemilu tahun 2019 yang lalu KPU Kabupaten Purworejo mendapatkan penghargaan sebagai terbaik pertama dalam indikator kinerja pelaksanaan pada semester I. Dalam pertanggung jawaban keuangan mendapat juara ketiga dan terbaik pertama untuk rekapitulasi penghitungan suara ditingkat Jateng.

“Kami berharap kepada jajaran PPK yang dibaru dilantik agar dapat mempertahankan bahkan meningkatkan kinerja yang sudah baik itu. Semoga Pemilu Bupati dan Wakil Bupati Purworejo Tahun 2020 dapat berjalan dengan aman, lancar, sukses tanpa ekses,” tuturnya.

Berita Terpopuler

Positif Tembus 100 Orang, Gugus Tugas Beri Warning
News

Positif Tembus 100 Orang, Gugus Tugas Beri Warning

Rabu, 22 Juli 2020

Positif Tembus 100 Orang, Gugus Tugas Beri Warning


Kasus Positif Bertambah, Pasar Suronegaran Akan Disterilisasi
News

Kasus Positif Bertambah, Pasar Suronegaran Akan Disterilisasi

Kamis, 16 Juli 2020

Juru Bicara Protokol Covid-19 Kabupaten Purworejo dr Tolkha Amaruddin Sp THT KL mengungkapkan, jumla....


Positif Covid-19 Tambah 15 Orang, Masyarakat Wajib Jalankan Protokol Kesehatan
News

Positif Covid-19 Tambah 15 Orang, Masyarakat Wajib Jalankan Protokol Kesehatan

Jumat, 24 Juli 2020

Positif Covid-19 Tambah 15 Orang, Masyarakat Wajib Jalankan Protokol Kesehatan