Seputar Aneka Ragam

Ulama dan Pengasuh Ponpes Purworejo Studi Banding ke Ponpes Assiddiqiyah Jakarta

Sebanyak 160 ulama dan pengasuh pondok pesantren (ponpes) mengikuti kunjungan kerja penguatan  kapasitas peran ulama dan pengasuh ponpes ke Jakarta. Rombongan dilepas oleh Bupati Purworejo yang diwakili Asisten Pembangunan dan Kesra Setda Drs Pram Prasetyo Ahmad MM di Pendopo Kabupaten Purworejo,pada Selasa (24/9).

Pada kunjungan kerja ini, rombongan ulama dan pengasuh ponpes akan berkunjung ke Ponpes Asshiddiqiyah Jakarta.

Dalam sambutannya, bupati mengatakan jika para ulama dalam kedudukannya sebagai pemimpin informal di tengah masyarakat memiliki peran yang penting dan strategis, khususnya untuk memperkokoh sendi-sendi etika, moral dan spiritual kehidupan berbangsa dan bernegara. 

Para ulama tidak saja berperan menjaga moral bangsa dan etika keberagaman, tetapi sekaligus berfungsi untuk mencerahkan, mencerdaskan, dan membimbing umat dengan ajaran dan nilai-nilai Islam. Peran ulama juga sangat strategis dalam membangun karakter bangsa.

"Dalam era reformasi dan demokrasi ini, terbuka ruang partisipasi yang luas kepada seluruh kemponen bangsa, termasuk para ulama, untuk memainkan peran dan fungsinya," kata bupati.

Menurutnya, revitalisasi peran dan fungsi ulama di tengah kehidupan umat dan bangsa sangatlah penting. Terutama dalam masyarakat yang sedang berubah dari masyarakat tradisional ke masyarakat modern yang cenderung berpikir rasional dan pragmatis, peran dan fungsi ulama harus lebih diperkuat.

Bupati menambahkan jika Ponpes Asshiddiqiyah Jakarta yang akan dikunjungi ini merupakan salah satu pondok pesantren terbesar di Indonesia, yang diasuh oleh ulama terkenal Dr KH Noer Muhammad Iskandar SQ. 

Sehingga dengan berkunjung ke pondok pesantren tersebut, diharapkan mampu memberikan wawasan dan pengetahuan mengenai berbagai hal terkait pondok pesantren.

Bupati berharap dengan kunjungan ini bisa terwujud penguatan kapasitas ulama dan pengasuh pondok pesantren.

Kasubag Kesra Marzuki menjelaskan, tujuan kegiatan ini bertujuan untuk bersilaturahim kepada kyai ke ponpes sekaligus studi banding melihat keaadaan ponpes diluar Purworejo. Dari kunjungan ini diharapkan, akan ada faedah yang bisa diambil dari ponpes yang dikunjungi. 

"Kita juga akan ziarah ke makam-makam wali, ada 4 tempat ziarah yang akan kita kunjungi. Rombongan akan diberangkatkan dengan menggunakan  4  buah bis. Insya Allah Kamis sore tiba kembali di Purworejo," terangnya.

Berita Terpopuler

Bupati Purworejo Beserta Ulama dan Pengasuh Ponpes Ziarah ke Makam Habib Husein Luar Batang
Seputar Aneka Ragam

Bupati Purworejo Beserta Ulama dan Pengasuh Ponpes Ziarah ke Makam Habib Husein Luar Batang

Sabtu, 28 September 2019

Bupati Purworejo Agus Bastian SE MM didampingi Gus Hakim dan Gus Mahfud beserta rombongan ulama dan ....


Peringati Tahun Baru Islam, Kecamatan Butuh Gelar Pengajian dan Beri Santunan Kepada Anak Yatim
Seputar Aneka Ragam

Peringati Tahun Baru Islam, Kecamatan Butuh Gelar Pengajian dan Beri Santunan Kepada Anak Yatim

Rabu, 11 September 2019

Bupati Purworejo Agus Bastian SE MM menghadiri Pengajian akbar dan pemberian santunan anak yatim dal....


Ulama dan Pengasuh Ponpes Belajar Pengelolaan Ponpes ke Asshiddiqiyah
Seputar Aneka Ragam

Ulama dan Pengasuh Ponpes Belajar Pengelolaan Ponpes ke Asshiddiqiyah

Rabu, 25 September 2019

Rombongan ulama dan pengasuh pondok pesantren (ponpes) tiba di Ponpes Asshiddiqiyah Jakarta, Rabu (2....