Berita Purworejo

Tingkatkan Kualitas Layanan, Dinpusip Purworejo Input Data Perpustakaan Berbasis Web

Wakil Bupati Purworejo Hj Yuli Hastuti SH secara resmi menutup Sosialisasi Pengisian Data Perpustakaan Berbasis Web Tahun 2023, Rabu (25/10/2023). Penutupan ditandai dengan penyerahan sertifikat kepada perwakilan peserta oleh Wabup didampingi Sekretaris Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dinpusip) Purwasih Handayani SH MM.
Wabup mengatakan jika Pemkab Purworejo melalui Dinpusip terus berkomitmen untuk menjaga dan meningkatkan kualitas perpustakaan di tingkat daerah. 
"Kegiatan ini memiliki tujuan yang sangat penting, yaitu untuk memastikan bahwa data perpustakaan di Kabupaten Purworejo tersedia secara terperinci dan akurat, serta dapat diakses dengan mudah melalui platform berbasis web," katanya.
Wabup berharap kedepan pengelola perpustakaan akan terbantu dalam mengumpulkan dan menyajikan data dengan lebih baik. Selain itu, data yang terkumpul akan dapat memberikan informasi yang sangat berharga bagi Provinsi dan Perpusnas dalam pemantauan dan evaluasi perpustakaan di Kabupaten Purworejo.
"Akhirnya saya berharap agar peserta kegiatan dapat berkontribusi dalam meningkatkan kualitas, menjaga dan mengembangkan perpustakaan di Kabupaten Purworejo," imbuhnya.
Sementara itu, Kepala Bidang Perpustakaan Dinpusip Aspiyatun SIP menjelaskan, nantinya data ini akan digunakan Perpustakaan Provinsi maupun Perpusnas RI guna mengamati dan memantau secara berkala perkembangan perpustakaan di seluruh wilayah.
"Perpustakaan Provinsi maupun Perpusnas RI meminta data perpustakaan di daerah secara terperinci dan berkala agar dapat dipantau perkembangannya," terang Aspiyatun.
Kedepan, lanjutnya, melalui platform berbasis web yang diperkenalkan hari ini, proses pengisian data perpustakaan akan menjadi lebih efisien dan terotomatisasi. Peserta sosialisasi adalah pengelola perpustakaan sejumlah  perangkat daerah, SD, SMP/MTs, perguruan tinggi dan perpustakaan khusus di Kabupaten Purworejo yang berjumlah 250 peserta, yang dibagi dalam dua hari mulai 24 hingga 25 Oktober 2023.
"Nantinya, data ini akan menjadi dasar untuk merancang kebijakan, mengalokasikan sumber daya, dan memberikan dukungan teknis guna meningkatkan kualitas layanan perpustakaan di Kabupaten Purworejo," imbuh Aspiyatun.

Berita Terpopuler

Petunjuk Teknis PPDB Kabupaten Purworejo Tahun Ajaran 2024/2025
Berita Purworejo

Petunjuk Teknis PPDB Kabupaten Purworejo Tahun Ajaran 2024/2025

Selasa, 28 Mei 2024

Pemerintah Kabupaten Purworejo melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) telah menyusun Pe....


Berlangsung Meriah, Kontes Kambing Kaligesing Lombakan 5  Kategori
Berita Purworejo

Berlangsung Meriah, Kontes Kambing Kaligesing Lombakan 5 Kategori

Selasa, 04 Juni 2024

Kontes Kambing Kaligesing tingkat Kabupaten Purworejo 2024 digelar di Desa Wisata Pandanrejo (Dewa P....


Hebat, Pramuka Siaga Purworejo Bawa Pulang 3 Medali Emas dalam Lomba Tingkat Provinsi Jateng
Berita Purworejo

Hebat, Pramuka Siaga Purworejo Bawa Pulang 3 Medali Emas dalam Lomba Tingkat Provinsi Jateng

Senin, 27 Mei 2024

Pramuka Siaga Kwartir Cabang (Kwarcab) Purworejo berhasil menorehkan hasil maksimal dalam lomba ting....