Berita Purworejo

Dinsosdaldukkb Gandeng Bidan Sukseskan Program KB Pasca Persalinan

Bidang Keluarga Berencana (KB) Dinsosdaldukkb Purworejo menyelenggarakan Sosialisasi Pembiayaan Pelayanan KB dan Workshop Pemasangan KB Implant 1 Batang di Satria Bogowonto Purworejo, Senin (31/7/2023). Kegiatan ini diikuti bidan dari 53 fasilitas kesehatan baik dari rumah sakit, puskesmas, klinik pratama, dokter dan bidan yang melakukan praktek mandiri pelayanan KB.

Kepala Dinsosdaldukkb Ahmad Jaenudin SIP menjelaskan bahawa KB mempunyai peran penting dalam menurunkan resiko kematian ibu dan bayi melalui pencegahan kehamilan, penundaan usia kehamilan, dan merencanakan jarak kehamilan. Salah satu upaya yang dilakukan ialah dengan melakukan KB Pasca Persalinan (KBPP) yaitu pelayanan kontrasepsi yang di berikan setelah persalinan sampai dengan 42 hari/6 minggu setelah melahirkan.

Dijelaskan, capaian program KB di Kabupaten Purworejo masih rendah, sehingga diperlukan komitmen bersama apabila ada masyarakat yang dilayani persalinan di Faskes, diusahakan sudah KB Pasca Persalinan.

“KB Pasca Persalinan (KBPP) tahun kemarin kita rendah dan tahun ini agak bagus progresnya, semoga dengan kegiatan ini nanti capaian KBPPnya menjadi bagus” katanya.

Ahmad Jaenudin juga mengucapkan terimakasih kepada para bidan yang hadir, kareana program KB bisa terwujud berkat dukungan dari penyedia Fasilitas Kesehatan (Faskes), Dinas Kesehatan dan peran bidan-bidan praktek yang tersebar di desa.

“Kami sampaikan terimakasih atas kerjasamanya selama ini dan mari kita membangun komitmen, bersama-sama bekerjasama dalam rangka mensukseskan program KB yang nantinya akan bermuara pada terwujudnya generasi emas 2045 seperti yang kita bersama”katanya.

Sementara dr Hanuke Ari Rahmawati Budiarti MM selaku Kabid Keluarga Berencana Dinsosdaldukkb menjelaskan, terkait KB Pasca Persalinan memang masih ada kendala dalam hal teknis dan kompetensi tenaga medis yang melayani di fasilitas kesehatan. Tidak semua Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) bisa melakukan pelayanan KB, tetapi ada indikasi medis berupa rujukan ke fasilitas tingkat lanjut.

“Hari ini dilakukan kegiatan workshop pemasangan implan yang mana diharapkan petugas kesehatan tingkat pertama seperti Puskesmas bisa melayani KB sendiri. Sehingga Puskesmas mampu melayani KB dan tidak memerlukan rujukan ke rumah sakit”jelasnya.

Terkait dengan pembiayaan, dr. Anggraini Retno Wulandari dari BPJS KC Kebumen menjelaskan, pelayanan KB bagi peserta JKN di Faskes tingkat pertama dan lanjutan bisa terlayani. Sesuai dengan peraturuan Mentri Kesehatan Nomor 3 Tahun 2023 masuk dalam tarif layanan Non Kapitasi. Adapun  di rumah sakit pihaknya bisa menjamin pembiayaan pelayanan KB, tetapi harus sesuai dengan indikasi medis.

Workshop Pemasangan KB Implant 1 Batang disampaikan oleh Khasanati A Md Keb (Bidan Puskesmas Bayan) dan Siti Rochayah Amd Keb SKM (Bidan Puskesmas Pituruh). Kedua bidan tersebut sebelumnya telah mengikuti pelatihan di Solo, kemudian mereka membagikan ilmunya kepada bidan lainnya.

Berita Terpopuler

Petunjuk Teknis PPDB Kabupaten Purworejo Tahun Ajaran 2024/2025
Berita Purworejo

Petunjuk Teknis PPDB Kabupaten Purworejo Tahun Ajaran 2024/2025

Selasa, 28 Mei 2024

Pemerintah Kabupaten Purworejo melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) telah menyusun Pe....


Berlangsung Meriah, Kontes Kambing Kaligesing Lombakan 5  Kategori
Berita Purworejo

Berlangsung Meriah, Kontes Kambing Kaligesing Lombakan 5 Kategori

Selasa, 04 Juni 2024

Kontes Kambing Kaligesing tingkat Kabupaten Purworejo 2024 digelar di Desa Wisata Pandanrejo (Dewa P....


Hebat, Pramuka Siaga Purworejo Bawa Pulang 3 Medali Emas dalam Lomba Tingkat Provinsi Jateng
Berita Purworejo

Hebat, Pramuka Siaga Purworejo Bawa Pulang 3 Medali Emas dalam Lomba Tingkat Provinsi Jateng

Senin, 27 Mei 2024

Pramuka Siaga Kwartir Cabang (Kwarcab) Purworejo berhasil menorehkan hasil maksimal dalam lomba ting....