News

Wabup Resmikan Aula Pertemuan Keserasian Sosial Karangrejo

  Wakil Bupati Hj Yuli Hastuti SH meresmikan aula pertemuan Wisata Sinalang Kampung Koboi Desa Karangrejo Kecamatan Kutoarjo. Aula pertemuan yang merupakan program keserasian sosial itu, sebagai upaya mengarah pada kondisi sosial yang menjamin terciptanya hubungan dan interaksi sosial antar warga masyarakat yang dinamis, selaras untuk hidup berdampingan secara damai berdasarkan kesetaraan, kebersamaan dan persaudaraan.

Peresmian dengan penandatangan prasasti dan pengguntingan pita itu juga dihadiri perwakilan Dinas Sosial Provinsi Jawa Tengah Kartini SSos MSi, Kepala DPPKP Wasit Diono SSos, Kabid Rehabilitasi Sosial Dinsosdukbpppa Kabupaten Purworejo Lilos Hapsarasto SSos besersa Kasi Dra Dede Yeni Iswantini, Sekcam Kutoarjo Galuh Bakti Pertiwi SSTp, Forkopimcam, Kepala Desa Karangrejo Buntoro AMd, dan dinas instansi terkait.

            Dalam sambutannya Yuli Hastuti mengatakan, Pemerintah membantu pembangunan fasiltas Aula pertemuan, juga Gashebo dan Tugu ini yang merupakan program Keserasian sosial, sangat bermanfaat. Salah satunya untuk menjaga persatuan dan kesatuan. “Oleh karena itu, agar kita pahami bersama, bahwa program Keserasian Sosial yang diwujudkan dalam pembangunan Aula pertemuan ini, juga untuk menjaga keharmonisan antar desa yang terletak di perbatasan tiga desa yakni Desa Karangrejo dan Kaligesing Kecamatan kutoarjo serta Pucangagung Bayan. Sehingga Aula pertemuan, bisa digunakan ketiga desa tersebut,” harapnya.

            Dikatakan, kegiatan Keserasian Sosial di Desa Karangrejo diharapkan akan dapat mewujudkan ketahanan sosial di masyarakat dalam mengantisipasi potensi-potensi kerawanan sosial yang terjadi melalui peran Forum Keserasian Sosial. Forum Keserasian Sosial adalah potensi sumber daya desa yang merupakan pelopor-pelopor perdamaian yang memiliki tugas dan tanggung jawab membangun perdamaian dan kebersamaan di tingkat desa.

            Kasi PSKBS Dinsos Prov Jateng Kartini mengatakan, program keserasian sosial di Purworejo cukup membantu mengatasi isu kerawanan konflik. Seperti pelaksanaan pilihan kepala desa serentak 2019, ada beberapa kerawanan paska Pilkades. “Alhamdulillah dengan program keserasian sosial sangat membantu mencegah konflik. Harapannya program ini terus berlanjut di 2020. Sehingga  kabupaten kota di Jawa Tengah bisa mewujudkan kebrsamaan dan gotobg royong.

“Dinsos Provinsi Jawa Tengah terus berupaya, supaya alokasi dana program keserasian sosial bisa lebih meningkat. Tentu juga harus didukung dari kabupaten kota dalam ketertiban administrasinya terutama yang sudah menerima bantuan program keserasian sosial,” ujar Kartini.

Sementara itu Ketua Forum keserasian sosial Amir Muhsin melaporkan, pembangunan  aula Pertemuan  dengan ukuran panjang 9 meter dan lebar 8 meter ini, dibangun di lokasi wisata kampung cowboy Sinalang Fam Camp Desa Karangrejo. Kegiatan Keserasian Sosial tersebut mendapat bantuan sebesar Rp.150 juta dari Kementerian Sosial RI yang diberikan langsung melalui rekening Forum Keserasian Sosial Desa Karangrejo. Dengan perincian anggaran yakni Rp.100 juta untuk Pembangunan aula dan gazebi, Rp.5 juta untuk pembangunan tugu keserasian social, Rp.35 juta untuk pelaksanaan 2 kali pertemuan tematik dan Rp.10 juta untuk biaya operasional.

Secara terpisah Buntoro mengisahkan tentang sekilas wisata Sinalang yang memiliki  histori sebagai  medan gerilya Pangeran Diponegoro, yang pernah menjadi tempat persembunyian, karena di Sinalang ditumbuhi alang-alang yang lebat. Sehingga dimanfaatkan untuk bersembunyi dalam menyusun kekuatan melawan penjajah belanda. Bahkan ada Selo Sajadah yakni Batu Berbentuk Sajadah, konon tempat laskar pangeran Dipponegoro bertafakur, olah roso dan bermunajat kepada Alloh SWT.

“Maka kami jadikan sebagai wisata Sinalang yang pembangunannya mulai akhir 2017 dengan telah menghabiskan biaya Rp. 100 juta. Luas wisata Sinalang mencapai 5 hektar, dengan mengutamakan Go Green (penghijauan) yang ditanamai pohon jati dan pohon keras lainnya,” ujar Buntoro. 

Dikatakan, wisata Sinalang disediakan fasilitas rumah pohon, gardu pandang, gasebo, dan sport selfi.  Selain itu, bisa untuk berolah raga berkuda, panahan dan Pencak Silat sekaligus menikmati udara yang masih sejuk karena masih asri dan jauh dari polusi udara. Wisata Sinalang merupakan satu-satunya wisata yang ada di wilayah Kecamatan Kutoarjo. Untuk sampai lokasi sedikit menanjak namun semua jalan sudah rabat dan paving. “Adanya pembangunan aula pertemuan sangat berguna, selain meminimalisir konlfik juga untuk mendukung wisata Sinalang,” jelas Buntoro.

Berita Terpopuler

Pemkab Sosialiasikan KMA 494 Terkait Pembatalan Keberangkatan Haji
News

Pemkab Sosialiasikan KMA 494 Terkait Pembatalan Keberangkatan Haji

Jumat, 19 Juni 2020

Pemkab Purworejo melalui Bagian Kesra Setda Purworejo mengadakan sosialisasi Keputusan Menteri Agama....


Perbaiki Sejumlah Fasilitas, Puncak Khayangan Sigendol Siap Menerima Wisatawan
News

Perbaiki Sejumlah Fasilitas, Puncak Khayangan Sigendol Siap Menerima Wisatawan

Rabu, 17 Juni 2020

Bupati Purworejo H Agus Bastian SE MM meresmikan pintu gerbang Obyek Wisata Puncak Khayangan Sigendo....


Positif Tambah Satu, Warga Dihimbau Jalankan Protokol Kesehatan
News

Positif Tambah Satu, Warga Dihimbau Jalankan Protokol Kesehatan

Jumat, 26 Juni 2020

Positif Tambah Satu, Warga Dihimbau Jalankan Protokol Kesehatan