News

Bupati Resmikan Toko Kita, Milik BKAD-UPK DAPM Kecamatan Kaligesing

Toko Kita milik BKAD-UPK DAPM Kecamatan Kaligesing Kabupaten Purworejo resmi beroperasi usai  diresmikan oleh Bupati Purworejo Agus Bastian SE MM, Rabu (9/10). Toko Kita menyediakan berbagai kebutuhan pokok dan juga sebagai pusat oleh-oleh khas Kecamatan Kaligesing, yang dijual secara grosir dan eceran. 
Pada kesempatan itu juga dilakukan penyerahan bantuan sosial alokasi surplus UPK tahun 2018. Hadir Kepala Dinpermasdes, PUPR, Satpol PP, dan Kabag Humas dan Protokol Setda.
Bupati mengapresisai apa yg dilakukan BKAD-UPK DAPM Kecamatan Kaligesing yang telah membangun Toko Kita. Dirinya berharap toko ini dapat sebagai katalisator semua produk yang ada di Kaligesing.
Bupati menyayangkan program PNPM harus terhenti. Menurutnya program tersebut sangat bagus, yang bermanfaat untuk masyarakat guna mengembangkan usaha dan membangun infrastruktur di desa. Dia berharap, modal eks PNPM dapat dilanjutkan oleh BKAD-UPK DAPM.
“Mudah-mudahan modal yang ada bisa terus dikembangkan dan bisa bermanfaat untuk semua warga. Bantuan sosial yang diberikan diambil dari keuntungan yang didapat, ini luar biasa dan layak mendapat apresiasi,” katanya.
Dengan hadirnya Toko Kita juga bisa dijadikan etalase bagi produk lokal Kaligesing. Sehingga produk yang dihasilkan masyarakat ada tempat untuk memasarkannya dalam bentuk grosir dan eceran. Kedepan bupati berharap, BKAD-UPK DAPM akan mampu mengembangkan diri dan memberi nilai lebih bagi masyarakat.
“Ini adalah satu-satunya toko di Purworejo yang saya resmikan. Semoga bermanfaat bagi masyarakat Kaligesing.  
Pada kesempatan itu, bupati berpesan kepada camat Kaligesing beserta jajarannya untuk bekerja dengan lebih optimal. Bupati menginginkan Kecamatan Kaligesing mampu mensejajarkan diri sebagai salah satu kecamatan tujuan wisata. 
Camat Kaligesing Haryono SSos MM ingin mendorong agar wilayah Kecamatan Kaligesing menjadi semakin maju dan sejahtera. Peresmian  Toko Kita merupakan langkah awal yang diharapkan terus berkembang. 
“Toko Kita menampung produk UMKM di Kaligesing, seperti kopi, rempah-rempah dan produk lain yang luar biasa. Kami ingin produk UMKM dapat terangkat dan agar Kaligesing terkenal dengan produk-produk UMKMnya,” kata Haryono.
Sementara itu, Sudarman selaku ketua BKAD-UPK DAPM Kecamatan Kaligesing menjelaskan bahwa dibangunnya Toko Kita atas hasil musyawarah antar desa. Disepakati  bahwa BKAD-UPK DAPM Kecamatan Kaligesing akan mengembangkan usaha berupa toko sembako. 
Harapannya toko ini sebagai pusat grosir bagi warung-warung di desa yang berada dibawah kelompok yang kami bina. Kedepan ketersedian sembako di Kaligesing akan lebih mudah, juga sebagai pusat jajanan Kaligesing. 
“Ini merupakan toko pertama yang dibangun menggunakan anggaran DAPM. Mudah-mudahan program pemberdayaan yang menjadi cita-cita luhur PNPM bisa terwujud,” kata Sudarman. 
Dengan bantuan sosial yang diberikan diharapkan bisa bermanfaat bagi penerima. Dikatakan, dalam waktu empat tahun terakhir, sudah 428 bibit kambing yang diberikan di Kaligesing. Dari jumlah tersebut, sudah hampir 200 ekor yang berkembang. 
“Harapannya setiap tahun akan bertambah dan populasi kambing akan semakin banyak di Kaligesing,” imbuh Sudarman.
Ditambahkannya, dalam kondisi alam yang cukup ekstrem dan situasi darurat seperti bencana alam, pihaknya sudah bisa memberikan bantuan berupa sembako. Diharapkan bantuan yang diberikan bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat kaligesing.

 

Berita Terpopuler

Tak Benar, Berita GTT Bergaji Rp 200 Ribu
News

Tak Benar, Berita GTT Bergaji Rp 200 Ribu

Kamis, 11 Juni 2020

Honor GTT Terendah Rp 600 ribu


Purworejo Bersiap Memasuki Aktifitas New Habit
News

Purworejo Bersiap Memasuki Aktifitas New Habit

Rabu, 10 Juni 2020

Pemkab Purworejo segera akan mengakhiri masa tanggap darurat Covid-19 pada 12 Juni 2020.


Positif Tambah Satu, Sembuh tambah Satu dan Dirawat Nihil
News

Positif Tambah Satu, Sembuh tambah Satu dan Dirawat Nihil

Kamis, 11 Juni 2020

Sehari pasca pernyataan pengakhiran masa tanggap darurat Covid-19, muncul kembali 1 kasus positif Co....