Berita Purworejo

Juara Nasional Pramuka Purworejo, Dapat Bonus Ke Amerika

Anggota Pramuka Kwarcab Purworejo yang berhasil meraih juara nasional Lomba Tingkat Lima (LT V), mendapat bonus untuk mengikuti jambore internasional di  Virginia Amerika Serikat.  Anggota Pramuka itu terdiri dua siswi yakni Zerlina Prima Putri Adisti dan Anggita Yunia Nugraheni. Keduanya merupakan juara Nasional 2017 yang saat itu sebagai siswi dari Gudep SMP Negeri 2 Purworejo. Saat ini, keduanya merupakan siswi di SMA Negeri 1 Purworejo kelas Xl.

Sebelum menuju ke Negara Amerika, siswi tersebut melakukan pamitan ke Bupati Purworejo Agus Bastian SE MM, lalu Ketua Kwarcab Drs Pram Prasetyo Achmad MM, Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Sukmo Widi Harwanto SH MM. Dan terakhir berpamitan dengan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Ketua Kwarda Jateng Siti Atiqoh Ganjar Pranowo di  Rumah Dinas Gubernur di Puri Gedeh Semarang.

Dalam pamitan tersebut, juga didampingi Waka Bidang Humas Abdimas Kwarcab Purworejo Drs Muh Wuryanto MM, Waka bidang Aset dan Sarana prasarana Sumharjono SSos MM, Waka Binawasa Dra Titik Mintarsih MPd dan sejumlah pengurus Kwarcab Purworejo. Dijelaskan Muh Wuryanto, kedua siswi berpamitan terlebih dulu kapada Ketua Kwarcab dan ke Bupati Purworejo, kemudian baru ke Provinsi. Setelah pamit dengan Ketua Mabida kemudian langsung ke Jakarta.

Di Jakarta kata Wurynato, keduanya akan bergabung dengan perwakilan Indonesia lainnya yang akan berangkat ke Jambore Dunia di Amerika Serikat. Selain dua anggota Pramuka dari Kwarcab Purworejo, ada enam anggota lainnya yang akan berangkat ke Amerika Serikat mewakili Indonesia, yakni dua dari Sulawesi Tenggara, dan empat dari Aceh. “Rencananya Ketua Kwarda Jawa Tengah, Siti Atiqoh Ganjar Pranowo dan pengurus Kwarda Jawa Tengah akan mengujungi peserta dari Indonesia saat berlangsungnya Jambore Dunia di Amerika Serikat,” ujarnya.

Sementara itu Titik Mintarsih mengatakan, mereka akan berangkat menuju ke Amerika Serikat pada 20 Juli dan sebelum bertolak diberikan pembekalan oleh Kwarnas terlebih dulu. Mereka akan berada di negeri Paman Sam mengikuti kegiatan Jambore Dunia selama dua minggu. Di sana kegiatannya mengenalkan Budaya Indonesia, termasuk batik, makanan khas, dan seni budaya Indonesia. Perwakilan yang dari Kwarcab Purworejo di sana rencananya akan mementaskan tari Dolalak.

Ditambahkan Sri Budi Prasetyawati SPd MMPd,  kegiatan Jambore Dunia dikemas bukan dalam bentuk lomba, tetapi saling memperkenalkan budaya di negara asal masing-masing peserta. Dengan adanya dua wakil Indonesia dari Purworejo diharapkan budaya Indonesia termasuk budaya khas Purworejo bisa lebih dikenal luas di dunia internasional. Yang nantinya ada ketertarikan untuk mengunjungi Purworejo. Sedangkan kegiatan jambore dunia sekitar pekan yang berangkat 20 Juli dan pulang 6 Agustus.

 

Berita Terpopuler

Calon Jamaah Haji 2024 Mulai Ikuti Manasik Haji
Berita Purworejo

Calon Jamaah Haji 2024 Mulai Ikuti Manasik Haji

Senin, 22 April 2024

Bupati Purworejo Hj Yuli Hastuti SH menghadiri sekaligus membuka Bimbingan Manasik Haji Kabupaten Pu....


Purworejo Nonton Bareng Semi Final Piala Asia U23
Berita Purworejo

Purworejo Nonton Bareng Semi Final Piala Asia U23

Sabtu, 27 April 2024

Bupati Purworejo Yuli Hastuti, SH menyerap aspirasi masyarakat yang ingin memberikan dukungan kepada....


67 Peserta Calon Paskibaraka Purworejo Jalani Tes Peraturan Baris Berbaris (PBB)
Berita Purworejo

67 Peserta Calon Paskibaraka Purworejo Jalani Tes Peraturan Baris Berbaris (PBB)

Selasa, 23 April 2024

Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Purworejo menggelar tes PBB (Peraturan Bari....