Berita Purworejo

Art Center Purworejo Diresmikan Bertepatan Ultah Bupati

Bertepatan dengan momen ulang tahunnya yang ke 64, Bupati Purworejo RH Agus Bastian SE MM meresmikan Art Center Purworejo yang terletak di kompleks pendopo kabupaten, Jum’at (04/08/2023). Peresmian ditandai dengan pengguntingan pita dan penandatanganan prasasti. Namun sebelumnya, Bupati mendapat kejutan berupa tumpeng ulang tahun dari jajaran Pemkab, yang kemudian dipotong dan diserahkan kepada Wakil Bupati Hj Yuli Hastuti SH.

 

Pada kesempatan itu, Bupati juga menyerahkan sertifikat penghargaan kepada Dr dr Haryadi Suparto DoR MSc APU karena telah menghibahkan koleksi barang antik berupa alat-alat kesehatan dari orangtuanya, untuk menjadi salah satu koleksi di Art Center. Tampak hadir Kepala Dinporapar Jawa Tengah diwakili Analis Kebijakan Amirudin, Sekda Drs Said Romadhon, Wakil Ketua DPRD Kelik Susilo Ardani SE MIP MAP, Dandim 0708 Yohanes Heru Wibowo, Kapolres AKBP Victor Ziliwu SH SIK MH, Kepala OPD terkait, camat serta perwakilan kepala desa se-Kabupaten Purworejo.

 

Dalam sambutannya Bupati mengapresiasi dan mengucapkan selamat kepada Dinporapar Kabupaten Purworejo dan pihak-pihak terkait yang mendukung pembangunan Art Center. ”Pembangunan Art Center dalam prosesnya sempat diragukan, tetapi itu bisa ditepis dengan hasil yang sangat luar biasa,” pujinya.

 

Dikatakan bahwa dalam rangka mewujudkan Purworejo Berdaya Saing 2025, sektor pariwisata dan ekonomi kreatif menjadi salah satu sektor unggulan dan menjadi lokomotif perekonomian daerah.  Dalam koridor Proyek Strategis Nasional seperti Bandara YIA, Kawasan Otorita Borobudur dan Bendungan Bener, posisi Purworejo sebagai hub atau penghubung antar daerah bagi kawasan destinasi super prioritas.

”Hal itu menjadi keuntungan yang perlu dikembangkan sebagai modal dalam membangun Purworejo ke depan,” tandasnya.

 

Menurutnya, Pemerintah Kabupaten Purworejo secara serius melakukan penataan dan pengembangan kawasan pariwisata di banyak tempat, salah satunya yang berada di Kawasan Pariwisata Perkotaan.  Konsep heritage dan berkesinambungan menjadi salah satu kekuatan pariwisata perkotaan yang meliputi kawasan alun-alun, pendopo rumah dinas Bupati, Museum Tosan Aji, Heroes Park, Sport Center, Kawasan Arta Tirta, Geger Menjangan dan Mini Zoo yang dibangun tahun ini.

 

Dikatakan lebih lanjut, keberadaan Art Center diharapkan dapat melengkapi kawasan perkotaan dengan konsep mengangkat memori kolektif masyarakat untuk mengenang masa lalu. Dengan konsep itu, maka event-event yang akan digelar di Art Center diproyeksikan memiliki tema-tema yang mengangkat memori kolektif masyarakat.

"Art Center kita letakkan di pusat kota sebagai Kawasan Ekonomi Kreatif atau Purworejo Creative Space, yang kedepannya dapat menjadi ikon sekaligus magnet bagi pengembangan pariwisata perkotaan. Art Center ini termasuk yang terlengkap di Jawa Tengah," jelasnya.

 

Sementara Kepala Dinporapar Stefanus Aan Isa Nugroho mengatakan bahwa Art Center ini merupakan center point Kabupaten Purworejo. ”Art Center ini memiliki tiga fungsi yaitu fungsi edukasi, konservasi dan terakhir sebagai showroom bagi seluruh pelaku seni di Kabupaten Purworejo," katanya.

Berita Terpopuler

Petunjuk Teknis PPDB Kabupaten Purworejo Tahun Ajaran 2024/2025
Berita Purworejo

Petunjuk Teknis PPDB Kabupaten Purworejo Tahun Ajaran 2024/2025

Selasa, 28 Mei 2024

Pemerintah Kabupaten Purworejo melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) telah menyusun Pe....


Berlangsung Meriah, Kontes Kambing Kaligesing Lombakan 5  Kategori
Berita Purworejo

Berlangsung Meriah, Kontes Kambing Kaligesing Lombakan 5 Kategori

Selasa, 04 Juni 2024

Kontes Kambing Kaligesing tingkat Kabupaten Purworejo 2024 digelar di Desa Wisata Pandanrejo (Dewa P....


Hebat, Pramuka Siaga Purworejo Bawa Pulang 3 Medali Emas dalam Lomba Tingkat Provinsi Jateng
Berita Purworejo

Hebat, Pramuka Siaga Purworejo Bawa Pulang 3 Medali Emas dalam Lomba Tingkat Provinsi Jateng

Senin, 27 Mei 2024

Pramuka Siaga Kwartir Cabang (Kwarcab) Purworejo berhasil menorehkan hasil maksimal dalam lomba ting....