Berita Purworejo

Mahasiswa UGM Lakukan Pemberdayaan Masyarakat di Desa Kaligono

Universitas Gadjah Mada (UGM) setiap tahun melaksanakan program Kuliah Kerja Nyata-Pengembangan Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) sebanyak empat periode. UGM melalui KKN-PPM Periode IV JT-127 yang berlangsung 50 hari sejak 22 Desember 2022 hingga 10 Februari 2023 ini melakukan pemberdayaan masyarakat dengan konsep community based tourism sebagai pendukung Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) di Desa Kaligono, Kecamatan Kaligesing, Kabupaten Purworejo. Program tersebut dijalankan oleh sebanyak 12 mahasiswa dari tiga klaster yaitu klaster agro (peternakan dan kehutanan), klaster saintek (teknik, MIPA, dan sekolah vokasi), dan klaster soshum (hukum, sosial politik, dan ekonomi bisnis).

Setiap mahasiswa dalam program KKN-PPM ini mempunyai program unggulan setiap klaster, misalnya pada klaster agro dengan adanya program peningkatan produktivitas ternak terutama kambing dengan pengenalan dan pelatihan pembuatan permen ternak (mineral blok), pembuatan vertikultur, penghijauan lingkungan yang bekerjasama dengan BPDASHL Serayu Opak Progo, dan digitalisasi jenis tanaman.

Klaster saintek dengan adanya program pemanfaatan limbah kulit durian untuk pembuatan pupuk organik, pembuatan sabun organik, pembuatan desain website Desa Wisata Kaligono dan alat Signal Repeater sederhana.

Klaster soshum memiliki program peningkatan potensi pengembangan objek pariwisata menggunakan sarana digitalisasi (email, google maps, instagram, canva, e-commerce), peningkatan kapabilitas UMKM melalui sistem pembayaran digital menggunakan QRIS, sosialisasi legalitas bagi para pelaku UMKM, dan konsultasi bisnis terhadap pengelola dua objek wisata terbesar di Desa Kaligono, Curug Siklothok dan Taman Sidandang. Selain itu juga dilakuakan peningkatan branding Desa Kaligono sebagai desa wisata melalui prototype desain souvenir yang dibuat.

Program-program tersebut dilaksanakan dengan melibatkan peran serta masyarakat secara menyeluruh. Antusiasme masyarakat mendukung terlaksananya program kerja dari mahasiswa sehingga terjadi hubungan timbal balik yang baik.

Kepala Desa Kaligono, Suroto menyatakan bahwa Desa Kaligono sangat membutuhkan peran mahasiswa dalam mendorong pariwisata di desanya. Desa Wisata Kaligono berdiri sejak 2011 sampai sekarang dan perlu untuk dikenalkan kepada wisatawan lokal dan internasional. “KKN-PPM UGM Periode IV di Desa Kaligono telah memberikan dampak terhadap peningkatan pengetahuan masyarakat sehingga masyarakat menjadi tergerak dan lebih teredukasi untuk mengembangkan potensi Desa Kaligono,” jelasnya.

 

Artikel lengkapnya bisa di untuk di sini

https://drive.google.com/file/d/1KU5RXxqu9-jLDv1AxdO_S33hTrkW5w7h/view?usp=share_link

Berita Terpopuler

Petunjuk Teknis PPDB Kabupaten Purworejo Tahun Ajaran 2024/2025
Berita Purworejo

Petunjuk Teknis PPDB Kabupaten Purworejo Tahun Ajaran 2024/2025

Selasa, 28 Mei 2024

Pemerintah Kabupaten Purworejo melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) telah menyusun Pe....


Berlangsung Meriah, Kontes Kambing Kaligesing Lombakan 5  Kategori
Berita Purworejo

Berlangsung Meriah, Kontes Kambing Kaligesing Lombakan 5 Kategori

Selasa, 04 Juni 2024

Kontes Kambing Kaligesing tingkat Kabupaten Purworejo 2024 digelar di Desa Wisata Pandanrejo (Dewa P....


Hebat, Pramuka Siaga Purworejo Bawa Pulang 3 Medali Emas dalam Lomba Tingkat Provinsi Jateng
Berita Purworejo

Hebat, Pramuka Siaga Purworejo Bawa Pulang 3 Medali Emas dalam Lomba Tingkat Provinsi Jateng

Senin, 27 Mei 2024

Pramuka Siaga Kwartir Cabang (Kwarcab) Purworejo berhasil menorehkan hasil maksimal dalam lomba ting....