News

Purworejo Fair 2019 Jakarta, Perkenalkan Potensi Purworejo

Sejumlah tokoh Diaspora Purworejo yang tinggal di berbagai kota khususnya di Jakarta, bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Purworejo menyelenggarakan event besar pertama di Jakarta yaitu Purworejo Fair 2019.

Purworejo Fair 2019 yang digelar di lokasi Car Free Day (CFD) pada trotoar depan Gedung Kementerian PANRB Jakarta, Minggu (28/7). Di sediakan panggung kesenian untuk pagelaran sejumlah kesenian khas Purworejo dan tidak ketinggalan pagelaran musik.

Di kiri kanan panggung kesenian ditampilkan produk/komoditas khas Purworejo, kuliner khas Purworejo dan komoditas unggulan serta hal-hal yang memberikan experiencing Purworejo, terkait destinasi wisata yang divisualisasikan, atau nilai-nilai kesejarahan Purworejo.

Sekretaris Kementerian PANRB selaku Ketua Panitia Dwi Wahyu Atmaji  menjelaskan, Purworejo Fair 2019 dengan tajuk Experiencing Purworejo ini merupakan event yang diselenggarakan sebagai upaya Diaspora Purworejo di Jakarta untuk mengenalkan Purworejo kepada masyarakat luas di Jakarta.

“Diaporan Purworejo terutama yang ada di Jakarta, terpanggil untuk ikut berkontribusi untuk Purworejo yang lebih maju. Dengan berbagai potensi yang ada, kita ingin memperkenalkan Purworejo kepada dunia luar, supaya jadi wisatawan, menikmati Purworejo dan juga berinvestasi di Purworejo,” terangnya.

Atmaji menambahkan, kegiatan itu dimaksudkan untuk memperkenalkan keunikan dan potensi ekonomi, industrialisasi, budaya, panorama alam, kesenian, kuliner, dan sejarah Purworejo kepada masyarakat secara luas, terutama yang berdomisili di sekitar Jabodetabek.

Selain itu, kegiatan tersebut diharapkan dapat menginspirasi dan memotivasi masyarakat Purworejo di mana pun berada agar merasa bangga, sekaligus bersemangat untuk membangun daerahnya.

Menurutnya, pembangunan di Purworejo adalah tanggung jawab semua pihak tidak hanya pemerintah daerah dan masyarakat Purworejo, tetapi tanggung jawab semua.

“Kami berharap Purworejo dapat memanfaatkan keberadaan tiga proyek  besar dengan mengambil peluang yang ada untuk kesejahteraan masyarakat Purworejo,” pungkasnya.

Bupati Purworejo Agus Bastian SE MM mengungkapkan bahwa akan terus mengadakan acara sejenis pada masa-masa mendatang. Menurutnya, acara ini dapat dimanfaatkan untuk mempromosikan potensi yang dimiliki Purworejo.

“Acara ini adalah ajang promosi Kabupaten Purworejo, karena Purworejo sudah siap dikunjungi pada tahun kunjungan wisata tahun 2020. Acara ini akan kembali digelar pada hari ulang tahun Purworejo ke 189. Nanti akan kita adakan di Jakarta, atau kota-kota besar yang lain seperti Batam, Surabaya atau Bandung bahkan mungkin sampai Medan,” terangnya.

Bupati menambahkan bahwa Purworejo sudah mempersiapkan diri bersama pemerintah daerah untuk mendorong semua potensi yang ada di Kabupaten Purworejo. Baik bidang kesenian, destinasi wisata hingga kuliner.

“Sektor yang menjadi keunggulan Purworejo saat ini adalah pariwisata, seperti wisata alun-alun Purworejo, wisata pantai, wisata gunung dan masih banyak lagi,” imbuhnya.

Gelaran Purworejo Fair 2019 ditutup dengan tarian flashmob Dolalak menjadi puncak. Kemunculan sejumlah penari tanpa kostum Dolalak yang mengawali flashmob, sukses menarik perhatian pengunjung CFD.

Dengan diawali suara bedug dan kencreng musik ndolalak, sejumlah perempuan muda secara berurutan keluar dari kerumunan penonton dan tiba tiba menari tarian Dolalak di tengah arena kerumunan. Sejumlah perempuan muda tersebut merupakan siswa SMAN 1 Purworejo.

Tarian dolalak sembilan siswa tersebut membuat pengunjung CFD ikut menari. Bahkan Bupati Purworejo, Agus Bastian yang sejak pagi hadir pun bersama Ketua Panitia Purworejo Fair 2019, Dwi Wahyu Atmaji, dan sejumlah pejabat teras dan para tokoh Diaspora Purworejo turut serta larut menari.

Sebelum flashmob Dolalak yang disuguhkan, pertunjukkan lain seperti seni tari Jathilan Turangga Tresno Budoyo dari desa Popongan Kecamatan Banyuurip, silat Merpati Putih, dan konser Band pun juga memukau seluruh pengunjung CFD yang hadir.

Pengunjungpun juga bisa mencicipi dan berbelanja berbagai jenis kuliner yang disuguhkan para UKM asal Purworejo yang dijajakan di tepi jalan raya. Pengunjung juga bisa melihat info sejarah dan pembangunan wilayah Purworejo.

Berita Terpopuler

Tabur Bunga di TMP Tentara Pelajar Wareng, Gubernur Ajak Hormati Pahlawan Siapapun Dia
News

Tabur Bunga di TMP Tentara Pelajar Wareng, Gubernur Ajak Hormati Pahlawan Siapapun Dia

Senin, 11 November 2019

Peringatan Hari Pahlawan ke-74 Tingkat Provinsi Jawa Tengah dipusatkan di Desa Wareng Kecamatan Butu....


Upacara Hari Pahlawan Tingkat Jateng Dipusatkan Di Purworejo
News

Upacara Hari Pahlawan Tingkat Jateng Dipusatkan Di Purworejo

Rabu, 06 November 2019

Hari Pahlawan tingkat Jateng dipusatkan di Purworejo


Peringati Maulid Nabi, Warga Ketepeng Watuduwur Bruno Sedekahkan Ratusan Ambeng
News

Peringati Maulid Nabi, Warga Ketepeng Watuduwur Bruno Sedekahkan Ratusan Ambeng

Kamis, 07 November 2019

Peringatan Maulid Nabi Muhammad Sholallahu â€Â&Acir....