Berita Purworejo

Lulus Uji Kalaikan, Bus Angkutan Lebaran 2019 Dipasang Stiker

Purworejo Agus Bastian SE MM memasang stiker angkutan lebaran tahun 2019 pada bus disejumlah Perusahaan Otobus (PO) di Purworejo, Kamis (23/5). Puluhan bus di pool Bus Perum Damri Kecamatan Bayan dan garasi PO Bus Sumber Alam di Kutoarjo, telah dinyatakan laik jalan setelah melalui sejumlah uji kelaikan kendaraan.

Turut mendampingi Wakil Bupati Yuli Hastuti SH, Kapolres AKPB Indra Kurniawan Simangunsong, Kepala Staf Kodim Mayor Inf Sulistyono, Kepala Dinhub Agus Budi Supriyanto, Kepala Satpol PP dan Damkar Budi Wibowo dan Kepala Bagian Humas dan Protokol Setda Bambang Gatot Seno Aji.

Peninjauan ini dilakukan untuk mengecek langsung kesiapan semua armada PO Bus yang ada di Kabupaten Purworejo. Dalam tinjauan tersebut Bupati menilai jika seluruh bus yang disiapkan telah laik untuk angkutan lebaran tahun 2019.

“Harapan kami seluruh PO Bus dapat memberikan pelayan terbaik untuk masyarakat. Saya berharap semua kendaraan betul-betul laik jalan dan dapat membawa para pemudik ketujuan dengan selamat,” kata Bupati.

Bupati juga mengingatkan agar awak bus selalu dalam keadaan sehat ketika membawa kendaraan, sehingga tidak ada satu hal yang bisa menyebabkan kecelakaan dijalan.

Selain itu, awak bus juga diminta untuk selalu mempersiapkan dan memenuhi semua peralatan yang diperlukan selama menempuh perjalanan mengantar penumpang.

“Pastikan ban, rem selalu dicek, surat-surat juga harus dilengkapi. Jangan sampai pengemudi menggunakan obat-obatan terlarang, termasuk meminum obat anti ngantuk juga bisa berbahaya,” tandasnya.

Para pengemudi bus juga diminta untuk selalu memperhatikan kenyamanan dan kenyamanan penumpang. Selalu berhati-hati dalam mengemudi dan tidak mengendarai kendaraan secara ugal-ugalan.

“Perhatikan penumpang yang dibawa, harus berhati-hati tidak perlu ngebut. Berikan perjalanan yang menyenangkan dan membahagikan bagi para pemudik yang ingin segera bersilaturahmi dengan saudaranya didaerah,” imbuhnya.

Pada angkutan mudik lebaran tahun 2019, Pool Damri Cabang Purworejo telah menyiapkan sekitar 50 unit kendaraan. Sebanyak 46 trayek melayani trayek ke Jakarta, dan 4 trayek ke arah Bandara Adisucipto Yogyakarta.

“Semua dalam kondisi laik jalan dan diharapkan dapat membawa pemudik dengan lancar dan nyaman. Jika ada lonjakan penumpang, kami akan meminta bantuan dari Damri cabang lain,” terang Panca Heru Setiawan selaku Area Manager Perum Damri Regional II Semarang.

Sementara itu, Direktur Utama PT Sumber Alam Ekspres Kutoarjo, Anthony Steven Hambali menjelaskan untuk menyambut angkutan lebaran tahun 2019 pihaknya telah menyiapkan 144 Unit kendaraan.

“PO Sumber Alam menyediakan armada AKAP sebanyak 97 unit, AKDP sebanyak 10 unit, AJDP sebanyak 25 unit dan bus pariwisata sebanyak 12 unit,” paparnya.

Dikatakan Steven, hingga saat ini pihaknya telah menerima pemesanan tiket sebanyak 5000 penumpang untuk arus mudik dan arus balik. Selama ini pihaknya selalu melaksanakan pengujian kelaikan kendaraan. Para pengemudi dan awak bus juga melakukan cek kesehatan secara berkala.

Berita Terpopuler

IKK LPPD  Kabupaten Purworejo 2023
Berita Purworejo

IKK LPPD Kabupaten Purworejo 2023

Kamis, 28 Maret 2024

IKK LPPD Kabupaten Purworejo 2023


Bukber dengan Karyawan PDAM, Bupati Berpesan  Agar Tidak Kehilangan Fungsi Sosial
Berita Purworejo

Bukber dengan Karyawan PDAM, Bupati Berpesan Agar Tidak Kehilangan Fungsi Sosial

Rabu, 27 Maret 2024

Bupati Purworejo Hj Yuli Hastuti SH menghadiri acara buka puasa bersama seluruh karyawan Perumda Air....


Bupati Lantik 59 Pejabat Struktural
Berita Purworejo

Bupati Lantik 59 Pejabat Struktural

Jumat, 08 Maret 2024

Bupati Purworejo Hj Yuli Hastuti SH melantik dan mengambil sumpah/janji jabatan pimpinan tinggi prat....