News

216 Personel Pramuka Dilatih Amankan Lalin

Sebanyak 216 personil Pramuka Kwarcab Purworejo mengikuti pelatihan pengamanan lalu lintas untuk membantu kepolisian dalam Pengamanan Arus Mudik (PAM) Lebaran. Kegiatan itu diawali dengan upacara pembukaan yang dipimpin Wakil Ketua Binamuda Kwarcab Purworejo Soekoso DM SPd dihalaman Polres Purworejo. Hadir pula Kasat Binmas Polres Purworejo AKP Prayogo Setya Budi, Humas Kwarcab Dwija Mudiarto SSos MM, dan sejumlah pengurus Kwarcab.

Dalam sambutannya Soekoso DM SPd mengatakan, Kwarcab Purworejo berpartisipasi untuk menurunkan anggota Pramuka dalam Pengamanan Arus Mudik Lebaran. Sebagai bentuk kepedulian untuk ikut membantu kepolisian dalam pengamnan arus mudik dan kelancaran lalu lintas. Pelatihan ini nantinya akan diberi wawasan tentang tata cara mengatur lalu lintas di jalan raya, bahkan anggota Pramuka juga dilatih tertib berlalulintas agar pramuka bisa menjadi contoh yang baik bagi masyarakat dalam berlalu lintas dan menjadi pelopor keselamatan berlalu lintas.

Dikatakan, anggota Pramuka dalam melaksanakan tugasnya supaya dapat maksimal sehingga keberadaan Pramuka bisa dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. Tentu sesuai arahan Kepolisian yang ada di posko Lebaran. Pembagian tugas Pramuka akan ditempatkan di Posko-Posko Lebaran bergabung dengan Polres, instansi atau organisasi yang lain. Perlu diperhatikan keamanan sendiri dalam bertugas, mengingat arus lalu lintas akan terjadi peningkatan jumlah kendaraan. Terutama pada 7 hari menjelang dan 7 hari paska Lebaran, maka pelatihan ini menjadi bekal bagi anggota Pramuka untuk melaksanakan tugas dilapangan.

Sementara itu  Ketua penyelenggara Dwija Mudiarto SSos MM mengatakan, Gerakan Pramuka merupakan suatu wadah dalam menyalurkan kemampuannya baik itu di bidang sosial serta kemasyarakatan. Salah satu kegiatan yang dilakukan adalah secara langsung terjun lapangan  bagi kaum muda dalam guna mengabdikan diri dan mewujudkan kepeduliannya terhadap lingkungan dan masyarakat. Oleh karena itu dilaksanakan kegiatan karya bakti Lebaran yang terlebih dahulu dialksankan pelatihan. Tujuannya untuk ikut serta membantu masyrakat mengamankan arus mudik lebaran. juga untuk mmebina generasi muda supaya tampil percaya diri, tanggungjawab, dan ihklas bakti.

“Jumlah peserta sebanyak 216 orang dari 36 gugus depan yang masing-masing mengirimkan 6 orang Pramuka. Anggota Pramuka yang mengikuti pelatihan, nantinya akan bertugas pada 1 s/d 10 Juni 2019 dengan lokasi penugasan di 7 pos Lebaran. Pelatihan dilakukan Polres Purworejo dengan materi lalu lintas,” jelas Dwija Mudiarto yang juga sebagai Kabid Kominfo.

Berita Terpopuler

Tabur Bunga di TMP Tentara Pelajar Wareng, Gubernur Ajak Hormati Pahlawan Siapapun Dia
News

Tabur Bunga di TMP Tentara Pelajar Wareng, Gubernur Ajak Hormati Pahlawan Siapapun Dia

Senin, 11 November 2019

Peringatan Hari Pahlawan ke-74 Tingkat Provinsi Jawa Tengah dipusatkan di Desa Wareng Kecamatan Butu....


Peringati Maulid Nabi, Warga Ketepeng Watuduwur Bruno Sedekahkan Ratusan Ambeng
News

Peringati Maulid Nabi, Warga Ketepeng Watuduwur Bruno Sedekahkan Ratusan Ambeng

Kamis, 07 November 2019

Peringatan Maulid Nabi Muhammad Sholallahu â€Â&Acir....


Saba Desa, Bupati Makan Nasi Takir Bersama Warga Pamriyan
News

Saba Desa, Bupati Makan Nasi Takir Bersama Warga Pamriyan

Jumat, 22 November 2019

Saba Desa di Desa Pamriyan Kecamatan Pituruh Purworejo, Rabu (20/11/2019), Bupati Purworejo Agus Bas....