News

Pentingnya Empat Hal Pendidikan Karakter

Sesuai arahan Presiden Joko Widodo, pendidikan karakter pada jenjang pendidikan dasar mendapatkan porsi yang lebih besar dibandingkan pendidikan yang mengajarkan pengetahuan. Untuk sekolah dasar sebesar 70 persen, sedangkan untuk sekolah menengah pertama sebesar 60 persen. Oleh karena itu, gerakan Penguatan Pendidikan Karakter sebagai fondasi dan ruh utama pendidikan, mendorong agar pendidikan nasional kembali memperhatikan empat hal yakni olah hati (etik dan spiritual) olah rasa (estetik), dan juga olah raga (kinestetik), bukan hanya olah pikir (literasi).

Hal itu dikatakan Bupati yang diwakili Asisten Pemerintahan Sumharjono SSos MM  pada kegiatan Rapat koordinasi penguatan pendidikan karakter, di Ruang Arahiwang Setda hari ini Kamis (16/5). Hadir pula Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Sukmo Widi Harwanto SH MM, dan sejumlah dinas instansi terkait.

 Lebih lanjut Sumharjono mengtakan, keempat dimensi pendidikan tersebut hendaknya dapat dilakukan secara utuh-menyeluruh dan serentak. Integrasi proses pembelajaran  intrakurikuler,  kokurikuler, dan  ekstrakurikuler di sekolah dapat dilaksanakan dengan berbasis pada pengembangan budaya sekolah maupun melalui kolaborasi dengan komunitas-komunitas di luar lingkungan pendidikan.

“Terdapat lima nilai karakter utama yang bersumber dari Pancasila, yang menjadi prioritas pengembangan gerakan PPK; yaitu religius, nasionalisme, integritas, kemandirian dan kegotongroyongan. Masing-masing nilai tidak berdiri dan berkembang sendiri-sendiri, melainkan saling berinteraksi satu sama lain, berkembang secara dinamis dan membentuk keutuhan pribadi,” papar Sumharjono.

Dikatakan, PPK mendorong  sinergi tiga pusat pendidikan, yakni sekolah, keluarga (orang tua), serta komunitas (masyarakat) agar dapat membentuk suatu ekosistem pendidikan. Karena selama ini ketiganya seakan berjalan sendiri-sendiri, padahal jika bersinergi dapat menghasilkan sesuatu yang luar biasa. Diharapkan manajemen berbasis sekolah semakin menguat, di mana sekolah berperan menjadi sentral, dan lingkungan sekitar dapat dioptimalkan untuk menjadi sumber-sumber belajar.

Peran guru juga sangat penting kata Sumharjono, dalam pendidikan sehingga harus menjadi sosok yang mencerahkan, yang membuka alam dan pikir serta jiwa, memupuk nilai-nilai kasih sayang, nilai-nilai keteladanan, nilai-nilai perilaku, nilai-nilai moralitas, nilai-nilai kebhinnekaan. Inilah sejatinya pendidikan karakter yang menjadi inti dari pendidikan yang sesungguhnya. Kunci kesuksesan pendidikan karakter salah satunya terletak pada peran tenaga pendidik atau guru. Sebagaimana ajaran Ki Hajar Dewantara, “ing ngarso sung tuladho, ing madyo mbangun karso, tut wuri handayani”, maka seorang guru idealnya memiliki kedekatan dengan anak didiknya. Guru hendaknya dapat melekat dengan anak didiknya sehingga dapat mengetahui perkembangan anak didiknya. Tidak hanya dimensi intelektualitas saja, namun juga kepribadian setiap anak didiknya,” harap Sumharjono.

Sementara itu Ketua penyelenggara Drs Faturahman MM menjelaskan, kegiatan penguatan pendidikan karakter diikuti 190 orang terdiri Kepala Sekolah SMP N / Swasta se Kab. Purworejo, Kepala MTsN/Swasta, Ketua IGTKI, Ketua Himpaudi, Koordinator PPK, Ketua dan Sekretaris IGTKI Kecamatan, dan Ketua dan Sekretaris Himpaudi Kecamatan. Kegiatan ini bertujuan membekali tenaga pendidik dan tenaga kependidikan supaya mampu membentuk bangsa yang tangguh, berakhlak mulia, beramal, bertoleransi, bekerja sama atau gotong royong, jiwa patriot, suka menolong, berkembang dan dinamis, berorientasi pada iptek dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa. Harapannya melalui kegiatan ini, terbentuknya tenaga pendidik dan tenaga kependidikan di Kabupaten Purworejo sejumlah 188 orang yang lebih menguasai tentang pembelajaran pendidikan karakter .

Berita Terpopuler

Wabup Respon Bantuan Mesin Rem PT Chemco
News

Wabup Respon Bantuan Mesin Rem PT Chemco

Kamis, 19 September 2019

pemerintahan


Bupati Hadiri HUT SMP Negeri 8 Purworejo yang ke 44
News

Bupati Hadiri HUT SMP Negeri 8 Purworejo yang ke 44

Selasa, 01 2019

Bupati Purworejo Agus Bastian SE MM hadir dalam peringatan HUT SMP Negeri 8 Purworejo yang ke 44, Se....


Festival Budaya Lokal, Kemasan Baru Merti Desa Kemanukan
News

Festival Budaya Lokal, Kemasan Baru Merti Desa Kemanukan

Rabu, 09 2019

Festival Budaya Lokal, Kemasan Baru Merti Desa Kemanukan