News

Seribu Murid SD Pawai Ta'aruf

Sekitar seribu murid Sekolah SD se Kecamatan Kutoarjo melakukan pawai ta’aruf keliling kota Kutoarjo yang star dan finis di Pendopo Rumah Dinas Wakil Bupati. Pawai yang berhiaskan gagar mayang dan sepanduk bertuliskan anak beriman itu, juga mengajak anak untuk semakin mencintai amalan ibadah. Bahkan juga terdapat spanduk SDN 2 Semawungdaleman yang mengajak menyambut bulan suci Ramadan dengan bertuliskan Marhaban Ya Ramadhan. Dengan berpakaian serba putih, sejumlah anak SD itupun terlihat gembira.

            Kegiatan pawai yang merupakan rangkaian wisuda anak beriman dan bekepribadian tersebut dihadiri Wakil  Bupati Yuli Hastuti SH, didampingi Kepala Dinas Pendidikan Pemudan dan Olahraga Sukmo Widi Harwanto SH MM. Hadir pula Forkopimcam, koordinator PPK Kutoarjo, dan jajaran Kepala Sekolah serta guru.

            Wabup Yuli Hastuti SH mengatakan,  Kabupaten Purworejo dikenal sebagai daerah yang masyarakatnya sangat agamis dan religius, sehingga dalam kehidupan sehari-hari sangat kental dengan nuansa keagamaan. Ini bisa kita lihat, dengan banyaknya tempat-tempat ibadah yang dipenuhi jamaah serta kegiatan-kegiatan bernuansa keagamaan seperti pengajian, khotmil Qur’an dan sebagainya.

Pendidikan keagamaan bagi generasi muda seperti anak-anak SD ini, kata Yuli Hastuti juga mendapat perhatian yang sangat serius, bukan saja perhatian dari masyarakat sendiri tetapi juga dari pemerintah daerah. Antara lain dengan diluncurkannya program Anak Beriman dan Berkepribadian, yang salah satunya mewajibkan anak lulusan SD untuk bisa membaca Al Qur’an. “Hal ini juga sejalan dengan prioritas pembangunan yakni pembangunan bidang pendidikan, yang tidak saja berupa pembangunan fisik tetapi juga moral dan akhlakul karimah,” tuturnya.

Dikatakan, menghadapi masa depan yang banyak tantangan, maka agar rajin belajar dan beribadah. Tantangan di era globalisasi ini adanya teknologi informasi seperti internet, yang bisa berakibat buruk apabila tidak digunakan secara bijak. Karena itu, manfaatkanlah teknologi informasi yang ada itu untuk memperoleh berbagai informasi positif, yang bermanfaat untuk menambah wawasan dan pengetahuan kita.

“Dengan diwisudanya anak-anakku, saya bangga tentu berkat do`a, kerja keras dan usaha, serta dukungan dan bimbingan dari bapak/ibu pengampu. Untuk itu saya juga menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang tinggi kepada bapak/ibu pengampu, atas kesabaran dan ketelatenan dalam mendidik anak-anak sebagai generasi penerus bangsa,” harapnya.

Ketua penyelenggara Suyatno melaporkan, kegiatan wisuda anak beriman dan berkepribadian diikuti sebanyak 988 anak kelas VI SD yang beragama Islam. Masing-masing anak belajar membaca AlQur’an dari mulai kelas 1 sampai kelas 6.  Pembelajaran membaca AlQur-an merupakan kegiatan belajar ekstra disekolah yang dijadwalkan seminggu 2 kali pada sore hari. Sedangkan tujuannya, anak tamat SD/MI harus sudah membaca Al-Quran dengan baik dan lancar. Juga harapannya anak dapat berperilaku dan berbudaya yang Islami.

 

Berita Terpopuler

Camat dan Kades Diminta Sukseskan PTSL 2020
News

Camat dan Kades Diminta Sukseskan PTSL 2020

Jumat, 27 Desember 2019

pemerintahan


Bupati Lantik 180 Pejabat Pemkab Purworejo
News

Bupati Lantik 180 Pejabat Pemkab Purworejo

Jumat, 03 Januari 2020

Mengawali tahun baru 2020, Pemkab Purworejo terus membenahi stuktur Organisasi Perangkat Daerah di L....


Malam Tahun Baru, Bupati dan Wakil Bupati Purworejo Sapa Masyarakat Lebih Dekat
News

Malam Tahun Baru, Bupati dan Wakil Bupati Purworejo Sapa Masyarakat Lebih Dekat

Kamis, 02 Januari 2020

Perayaan malam tahun baru 2020, Bupati Purworejo Agus Bastian SE MM beserta Wakil Bupati Yuli Hastut....