Berita Purworejo

SMK Bharasa Mewisuda 63 Siswa

Menandai telah usainya menempuh pendidikan sekolah ditingkat menengah kejuruan, SMK Bhakti Putra Bangsa (Bharasa) Purworejo melakukan prosesi wisuda bagi 63 siswa siswi farmasi dan keperawatan. Masing-masing wisudawan wisudawati mengenakan jubah hitam baju toga lengkap dengan atribut wisuda, termasuk didampingi orangtua siswa. Prosesi wisuda itu, dilaksanakan di Aula lantai 3 gedung Bharasa pada Sabtu (4/5).

Wakil Bupati Yuli Hastuti yang menyaksikan wisuda, menyampaikan selamat kepada keluarga besar SMK Bhakti Putra Bangsa Purworejo, yang berhasil melaksanakan wisuda siswa. Juga selamat kepada para siswa yang telah berhasil lulus, teriring harapan dapat mencapai cita-cita selanjutkan dan berguna serta bermanfaat terutama bagi diri sendiri, keluarga, masyarakat, dan Bangsa. yang saat ini sangat membutuhkan sumber daya manusia yang berkualitas.

Selain Wakil Bupati juga hadir pengawas SMK, PPNI, PAFI, PWI Purworejo, RS. Amanah Umat Purworejo, RSU Purworejo, Puskesmas Banyuurip, dan beberapa Kepala Sekolah SMP.

Lebih lanjut Yuli Hastuti mengatakan, SMK sebagai lembaga pendidikan kejuruan merupakan lembaga pendidikan yang memang bertujuan menghasilkan sumberdaya manusia sebagai motor penggerak ekonomi dan sosial di masyarakat. SMK diharapkan mampu menciptakan efek ganda yakni mendorong capaian pendidikan warga sekaligus juga berkontribusi langsung terhadap pertumbuhan ekonomi.

Demikian juga lanjut Yuli Hastuti, dengan keberadaan SMK Bhakti Putra Bangsa melalui jurusan farmasi dan keperawatan, yang tentunya akan sangat mendukung kebutuhan tenaga kerja. Terlebih industri kesehatan saat ini terus berkembang dan membutuhkan banyak sumber daya manusia siap pakai. Sehingga lulusan SMK farmasi dan keperawatan yang tentunya lebih siap terjun ke dunia industri medis ketimbang lulusan SMA, diharapkan mampu menjawab kebutuhan tersebut.

“Saya berpesan agar para wisudawan SMK Bhakti Putra Bangsa selalu berupaya meningkatkan kualitas diri sebagai sumber daya manusia yang unggul dan dapat diandalkan. Selain itu juga selalu melandasi tugasnya dengan nilai-nilai luhur, berkepribadian serta berakhlak mulia agar mampu mengabdikan diri dengan sepenuh hati bagi masyarakat luas,” tutur Yuli Hastuti.

Kepala Sekolah SMK Bharasa Purworejo Rahman Sudrajad SS MPd menjelaskan, wisuda ini merupakan lulusan angkatan ke 2 dan 100 persen lulus. Untuk lulusan ini mengalami peningkatan prestasi yang sangat memuaskan. Terutama pada nilai rata-rata lulusan terbaik yang mencapai angka 89 untuk nilai Ujian Akhir Sekolah Berstandar Nasional (USBN). Untuk mendukung majunya SMK Bharasa, maka rencananya akan terus melakukan pembenahan system belajar mengajar. Juga pembenahan sarana dan prasarana pendukung pendidikan, seperti  pemenuhan perlengkapan laboratorium Farmasi, keperawatan dan multi media, penambahan kelas industri dari bantuan Pemerintah melalui program Takola.

Menurutnya, masing-masing ada yang langsung kerja dan ada yang melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Bahkan ada 4 siswi yang sudah lolos seleksi mengikuti tes untuk penempatan kerja di Perusahaan Jepara. Juga ada satu siswi berprestasi yang lolos program beasiswa ke Jepang. “SMK Bharasa mendidik siswa/siswi menjadi tenaga professional siap kerja. Sesuai dengan tag line SMK Bharasa yakni cerdas, bermartabat dan siap kerja,” ujar Rahman.

Sementara itu Desy Arismawati SPd melaporkan, pelepasan (wisuda) siswa/siswi SMK Bharasa tahun pelajaran 2018/2019 diikuti 63 siswa/siswi yang terdiri dari 33 orang program studi farmasi dan 30 orang program studi keperawatan. Sedangkan lulusan terbaik program studi farmasi diraih Dhea Wahyu Yulia, dan untuk program studi keperawatan diraih Nilnal Asroriyah. “Selain wisuda juga dilaksanakan penandatanganan MoU antara SMK Bharasa dan PWI Kabupaten Purworejo terkait program studi baru broadcasting,” jelasnya.

           

 

 

 

 

 

Berita Terpopuler

IKK LPPD  Kabupaten Purworejo 2023
Berita Purworejo

IKK LPPD Kabupaten Purworejo 2023

Kamis, 28 Maret 2024

IKK LPPD Kabupaten Purworejo 2023


Bukber dengan Karyawan PDAM, Bupati Berpesan  Agar Tidak Kehilangan Fungsi Sosial
Berita Purworejo

Bukber dengan Karyawan PDAM, Bupati Berpesan Agar Tidak Kehilangan Fungsi Sosial

Rabu, 27 Maret 2024

Bupati Purworejo Hj Yuli Hastuti SH menghadiri acara buka puasa bersama seluruh karyawan Perumda Air....


Pemkab Purworejo Gelar Bazar Pangan Ramadhan di 15 Kecamatan
Berita Purworejo

Pemkab Purworejo Gelar Bazar Pangan Ramadhan di 15 Kecamatan

Selasa, 26 Maret 2024

Desa Pogungjurutengah Kecamatan Bayan menjadi desa pertama yang menjadi lokasi kegiatan Bazar Pangan....