News

Pakaian Adat Warnai Penyerahan SK CPNS

Kegiatan Penyerahan Surat Keputusan pengangkatan sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) kepada 410 orang, tampak berbeda dari sebelum-sebelumnya. Selain para CPNS dan karyawan karyawati BKD mengenakan pakaian adat, juga disediakan tempat untuk berfoto selfi. Masing-masing CPNS bertugas pada dinas instansi di lingkungan Pemerintah Kabupaten Purworejo.

SK CPNS tersebut secara simbolis diserahkan Bupati Agus Bastian SE MM, yang diwakili Sekda Kabupaten Purworejo Drs Said Romadhon, yang dipusatkan di Pendopo Kabupaten Purworejo. Penyerahan SK CPNS disaksikan pula oleh sejumlah Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

Dalam sambutannya Sekda mengatakan, dengan diterimanya SK sebagai CPNS maka saat ini merupakan titik awal eksistensi sebagai aparatur negara. Oleh karenanya, jadikan momentum ini untuk memulai membangun kapasitas diri. Bekerjalah dengan semangat, kerja cerdas, melayani dengan sepenuh hati, dan tetap menjaga kinerja, dedikasi dan loyalitas yang baik, agar dapat bersama-sama membangun tata kelola pemerintahan yang bersih, efektif, demokratis, dan terpercaya. “Patuhi dan ikuti segala peraturan yang ada, baik berkenaan dengan aspek kepegawaian maupun pelaksanaan tugas, tumbuhkan kedisiplinan dan etos kerja yang tinggi. Sehingga kehadiran Saudara akan semakin memberikan warna yang positif di satuan kerja dimana Saudara berada,” harapnya.

Dikatakan, Aparatur Sipil Negara (ASN) dalam melaksanakan tugas-tugas birokrasi diharapkan mampu memberikan pelayanan publik dan pelayanan administratif. Disamping pelaksanaan tugas tersebut, ASN dituntut untuk mampu menjalankan tugas pemerintahan dalam rangka penyelenggaraan fungsi umum pemerintah yang meliputi pendayagunaan kelembagaan, kepegawaian, dan ketatalaksanaan. Oleh karenanya, untuk dapat menyelenggarakan tugas pemerintahan, pembangunan dan pelayanan publik, ASN harus memiliki profesionalisme yang memadai.

Dewasa ini lanjut Sekda, terdapat beberapa harapan perubahan ke arah yang lebih baik terkait sistem kepegawaian di  negeri ini, diantaranya adalah diberlakukanya Sistem Merit dalam menejemen ASN. Selain itu, pengangkatan, penempatan dan promosi jabatan dilaksanakan secara terbuka dan kompetitif sejalan dengan tatakelola pemerintahan yang baik. “Dalam upaya menciptakan Smart ASN yang searah dengan dinamisasi pemerintahan di era digital, maka penguasaaan teknologi juga menjadi salah satu prioritas. Sehingga saat ini sudah ada Sistem Informasi ASN yang tersusun secara sistematis, menyeluruh dan terintegrasi dengan berbasis teknologi secara nasional,” tutur Sekda.

Kepala BKD drg Nancy Megawati MM melaporkan, jumlah yang menerima SK CPNS sebanyak 410 orang. CPNS ini merupakan formasi tahun 2018 dilingkungan Pemerintah Kabupaten Purworejo. Sejumlah 410 orang terdiri dari 211 orang formasi pendidikan, 140 orang foramsi tenaga kesehatan, dan 59 orang formasi tenaga teknis lainnya. “Kegiatan ini juga diisi dengan pengarahan dari Pak Sekda tentang ASN, dan dari Kepala bidang BKD terkait kepegawaian. Harapannya pengarahan ini sebagai bekal para CPNS dalam melaksanakan tugas dan bertanggungjawab yang menjadi kewajibannya sebagai ASN,” ujarnya.

Sementara itu terkait penggunaan pakaian adat, Kabid Perencanaan dan pengembangan karier Fitri Edi Nugroho SE MM mengatakan, kegiatan penyerahan SK CPNS ini sekaligus menggambarkan kesatuan dan persatuan dalam kerangka nusantara. Karena para CPNS ini berasal dari berbagai daerah dan juga etnis. Ada yang dari Bali, Kalimantan, Sunda Jawa Barat, dll. Dengan mengenakan pakaian adat, sebagai upaya untuk mencintai budaya yang berbhineka tunggal ika.   

Berita Terpopuler

Wabup Respon Bantuan Mesin Rem PT Chemco
News

Wabup Respon Bantuan Mesin Rem PT Chemco

Kamis, 19 September 2019

pemerintahan


Bupati Hadiri HUT SMP Negeri 8 Purworejo yang ke 44
News

Bupati Hadiri HUT SMP Negeri 8 Purworejo yang ke 44

Selasa, 01 2019

Bupati Purworejo Agus Bastian SE MM hadir dalam peringatan HUT SMP Negeri 8 Purworejo yang ke 44, Se....


Festival Budaya Lokal, Kemasan Baru Merti Desa Kemanukan
News

Festival Budaya Lokal, Kemasan Baru Merti Desa Kemanukan

Rabu, 09 2019

Festival Budaya Lokal, Kemasan Baru Merti Desa Kemanukan