News

Purworejo Terima Bantuan Puluhan Milyar Dari Gubernur

Gubernur Ganjar Pranowo menyerahkan bantuan kepada perseorangan maupun lembaga untuk tahun anggaran 2019 di Pendopo Kabupaten Purworejo, Sabtu (6/4). Ganjar berharap bantuan tersebut bisa jadi pengungkit pemberdayaan masyarakat setempat. 

Total bantuan yang diserahkan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo tahun anggaran 2019 kepada masyarakat Kabupaten Purworejo sebesar Rp 49 miliar. Yang diperuntukkan untuk sektor sosial, pendidikan, kesehatan, infrastruktur, pemberdayaan dan lainnya. Bantuan tersebut diberikan setelah ada usulan dari masyarakat. 

Untuk bantuan Pemprov Jateng pada tahun anggaran 2019, Kabupaten Purworejo menerima bantuan mencapai Rp 49 miliar. Di antaranya digunakan untuk pembangunan Jembatan Sejiwan Rp 5 miliar, pembangunan pasar khusus beras Kutoarjo senilai Rp 2,5 miliar sampai peningkatan Jalan Durensari Rp 1,5 miliar serta pembangunan sejumlah sekolah dan pondok pesantren. 

Sementara tahun sebelumnya, total bantuan mencapai Rp180.832.821.000. Peruntukannya pun hampir sama, untuk pembangunan infrastruktur, pendidikan, sosial sampai kesehatan. Untuk pendidikan misalnya, Pemprov Jateng telah mengucurkan pembangunan 45 sekolah senilai Rp124,5 miliar, RTLH 1369 unit senilai Rp13,69 miliar, 474 Kartu Jateng Sejahtera (KJS) senilai Rp1,4 miliar dan bantuan keuangan pada Pemkab Rp11,1 miliar.

Bupati Purworejo Agus Bastian SE MM dalam sambutannya berterimakasih kepada Pemerintah Provinsi Jawa Tengah, yang setiap tahun memberikan dana Bantuan Gubernur. Pemkab Purworejo juga berupaya menyukseskan kegiatan-kegiatan yang didanai Bantuan Gubernur, dengan menyediakan dana pendampingan/sharing.

Dikatakan Bupati, untuk tahun 2019 ini dari dana Bantuan Gubernur sebesar Rp 10.795.000.000,00, Pemkab menyediakan dana pendamping sebesar Rp 1.136.093.400,00. Sebagian besar dana tersebut akan dipergunakan untuk kegiatan rehab ruang kelas rusak, serta pembangunan infrastruktur transportasi.

Menurutnya, berbagai bantuan dari pemerintah pusat maupun pemerintah provinsi, memang masih sangat dibutuhkan. Terlebih menyongsong perkembangan aktual wilayah, antara lain terkait keberadaan NYIA dan KSPN Borobudur.

“Kedepan kami berharap adanya peningkatan dana Bantuan Gubernur yang diberikan kepada Kabupaten Purworejo, utamanya dalam upaya peningkatan kualitas sumberdaya manusia dan peningkatan infrastruktur,” harap Bupati.

Berita Terpopuler

Tabur Bunga di TMP Tentara Pelajar Wareng, Gubernur Ajak Hormati Pahlawan Siapapun Dia
News

Tabur Bunga di TMP Tentara Pelajar Wareng, Gubernur Ajak Hormati Pahlawan Siapapun Dia

Senin, 11 November 2019

Peringatan Hari Pahlawan ke-74 Tingkat Provinsi Jawa Tengah dipusatkan di Desa Wareng Kecamatan Butu....


Peringati Maulid Nabi, Warga Ketepeng Watuduwur Bruno Sedekahkan Ratusan Ambeng
News

Peringati Maulid Nabi, Warga Ketepeng Watuduwur Bruno Sedekahkan Ratusan Ambeng

Kamis, 07 November 2019

Peringatan Maulid Nabi Muhammad Sholallahu â€Â&Acir....


Saba Desa, Bupati Makan Nasi Takir Bersama Warga Pamriyan
News

Saba Desa, Bupati Makan Nasi Takir Bersama Warga Pamriyan

Jumat, 22 November 2019

Saba Desa di Desa Pamriyan Kecamatan Pituruh Purworejo, Rabu (20/11/2019), Bupati Purworejo Agus Bas....