News

Wabup Minta Para Perawat Terus Evaluasi

Wakil Bupati Yuli Hastuti SH meminta  para perawat yang tersebar di semua Rumah Sakit di Kabupaten Purworejo, agar  tidak pernah berhenti melakukan evaluasi. Apalagi yang saat ini para perawat memperingati Hari Ulang Tahun yang ke 45 Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) Kabupaten Purworejo. Tentu dengan bertambahnya usia dan terus evaluasi, organisasi ini bisa terus eksis, maju dan berkembang.

Hal itu disampaikannya pada kegiatan jalan sehat dan donor darah dalam rangka HUT ke 45 PPNI Kabupaten Purworejo, di halaman Pendopo Kabupaten Purworejo Minggu (31/3).  Yuli Hastuti melepas jalan sehat yang ditandai dengan pengibasan bendera star, serta mengunjungi pelaksanaan donor darah di gasebo alun-laun Purworejo.

Lebih lanjut Yuli Hastuti mengatakan, penyelenggaraan upaya kesehatan oleh bangsa Indonesia  untuk mencapai peningkatan derajat hidup sehat bagi setiap penduduk, merupakan hakekat pembangunan kesehatan yang termuat di dalam Sistem Kesehatan Nasional (SKN). Tujuannya antara lain agar dapat mewujudkan derajat kesehatan masyarakat yang optimal, sebagai salah satu unsur kesejahteraan umum dari tujuan nasional. Agar tujuan tersebut dapat tercapai secara optimal, diperlukan partisipasi aktif dari seluruh anggota masyarakat bersama petugas kesehatan termasuk diantaranya adalah perawat.

Menurutnya, perawat memangku peran penting dalam mengawal keluarga dan masyarakat untuk meningkatkan kesadaran, kemauan, dan kemampuan hidup sehat, agar terwujud kondisi  masyarakat Purworejo yang memiliki derajat kesehatan yang optimal. Oleh karenanya, Peringatan HUT PPNI Kabupaten Purworejo Tahun 2019, diharapkan mampu mendorong PPNI untuk memberikan kontribusi terhadap peningkatan derajat kesehatan Khususnya di Wilayah Purworejo.

“Untuk itu saya menyampaikan selamat ulang tahun ke 45 kepada PPNI. Semoga dengan bertambahnya usia, PPNI akan semakin eksis sebagai wadahnya para perawat. Bukan hanya mampu memperjuangkan kepentingan anggotanya, juga terus mendorong para perawat untuk berupaya memberikan pelayanan kesehatan terbaik kepada masyarakat,” harap Yuli Hastuti.

Ketua penyelenggara Teguh Wibowo SKep Ners MM melaporkan, kegiatan jalan sehat diikuti 1200 peserta terdiri perawat se Kabupaten Purworejo dan Masyarakat Umum. Teriring hapatan dengan kegiatan seperti Ini PPNI semakin dikenal dan di kenang olah masyarakat. Sedangkan pada HUT ke 45 PPNI, temanya  Keluarga dan Masyarakat Sehat Bersama Perawat Disamping jalan sehat dan bhkati sosial berupa donor darah, juga dilaksabkan berbagai kegiatan lainnya yang mendukung peningkatan sumberdauya manusai khususnya bagi perawat.

Sementara itu secara terpisah Ketua DPD PPNI Kabupaten Purworejo Heru Agung Prastowo SKep Ners MM mengatakan, PPNI  telah  melalui  perjalanan  yang panjang  sebagai organisasi profesi perawat  Indonesia.  Bukanlah hal yang mudah menjaga kelangsungan  sebuah organisasi untuk senantiasa menjadi rumah bagi profesinya. Telah berbagai era dan rezim pemerintahan   silih   berganti   dan   PPNI   tetap   berdiri   sebagai   mercusuar   bagi   pergerakan keperawatan  di Indonesia.  Sejak dibentuk  tahun  1974, PPNI telah terus  berkembang  bersama Bangsa ini dan berperan serta dalam pembangunan kesehatan masyarakat Indonesia.

Dikatakan Heru, merujuk  pada  tema  HUT  sebelumnya  gerakan  perawat  Indonesia   dalam  upaya  mendukung praktik keperawatan mandiri, tema HUT tahun 2019 ini yakni “Keluarga dan Masyarakat Sehat Bersama  Perawat".  Kesehatan  tidak hanya berada di hilir, dalam lingkup  keluarga  akan tetapi kesehatan juga  berada di hulu yang membentuk  masyarakat  yang mengerti  tentang kesehatan mau menjadi  manusia  yang sehat  dan menjaga  kesehatan.  Dalam  hal  ini perawat  memangku peran penting  dalam mengawal keluarga dan masyarakat  pada umumnya  untuk  meningkatkan kesadaran, kemauan, dan kemampuan hidup sehat bagi setiap orang agar terwujud kondisi masyarakat Indonesia yang memiliki derajat kesehatan optimal.

 

 

Dengan tema tersebut lanjut Heru, PPNI berharap dapat membantu membuka wawasan dan opini masyarakat serta  sekaligus  mendongkrak  pengakuan  masyarakat  terhadap  profesi  perawat  ke  arah  yang positif. Tentunya ini dapat diwujudkan dengan upaya peningkatan pelayanan kesehatan oleh perawat langsung ke masyarakat  melalui diantaranya  Praktik Keperawatan  Mandiri, program  Perawat  Desa,  dan program serupa lainnya dalam rangka menunjang optimalisasi peran perawat mensukseskan pembangunan kesehatan nasiona

“Melalui tema "Keluarga dan Masyarakat Sehat Bersarna Perawat” kali ini, untuk dijadikan  seruan semangat kita sebagai masyarakat perawat akan sarnpai kepada seluruh stakeholder kesehatan lainnya secara bersama-sama memenuhi kebutuhan serta meningkatkan kualitas kesehatan keluarga dan masyarakat indonesia ke jenjang  yang lebih baik dalarn mendukung program dan upaya pemerintah dalarn pembangunan kesehatan nasional demi tercapainya Indonesia Sehat,” harap Heru.

Sedangkan Sekretaris DPD PPNI Kab. Purworejo Turasno Skep Ners menyebutkan para pemenang hadiah undian jalan sehat antara lain hadiah utama berupa sepeda motor yang beruntung Siti Mutmainah dari Puskesmas Bagelen. Untuk hadiah utama berupa kulkas yang mendapatkan Riyan Warihwirawan  dari RSUD dr. Tjitrowardojo Purworejo, dan Mesin Cuci yang memperoleh Muchammad Anwar dari RS Palang Biru Kutoarjo.

Berita Terpopuler

Wabup Respon Bantuan Mesin Rem PT Chemco
News

Wabup Respon Bantuan Mesin Rem PT Chemco

Kamis, 19 September 2019

pemerintahan


Bupati Hadiri HUT SMP Negeri 8 Purworejo yang ke 44
News

Bupati Hadiri HUT SMP Negeri 8 Purworejo yang ke 44

Selasa, 01 2019

Bupati Purworejo Agus Bastian SE MM hadir dalam peringatan HUT SMP Negeri 8 Purworejo yang ke 44, Se....


Festival Budaya Lokal, Kemasan Baru Merti Desa Kemanukan
News

Festival Budaya Lokal, Kemasan Baru Merti Desa Kemanukan

Rabu, 09 2019

Festival Budaya Lokal, Kemasan Baru Merti Desa Kemanukan