News

KPU Purworejo Pasang Jadwal Kampanye 24 Maret – 13 April

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Purworejo mensosialisasikan tentang pelaksanaan kampanye  di media massa maupun kampanye dalam bentuk rapat umum, yang dimulai pada 24 Maret sampai dengan 13 April mendatang. Jadwal kampanye selain dipasang, juga disosialisasikan kepada pihak terkait antara lain Partai Politik peserta Pemilu, Stake holder, dan sejumlah Media cetak, eletronik, maupun online yang ada di Purworejo.

            Hal itu dikatakan KPU Purworejo Divisi Sosialisasi dan Sumber Daya Manusia, Akmaliyah SpdI, yang didampingi Divisi Hukum dan Pengawasan KPU Purworejo Purnomosidi SPt, pada kegiatan Media Gathering di aula KPU, Kamis sore (21/3).

Lebih lanjut Akmaliyah menjelaskan, KPU Purworejo telah melakukan Rakor terkait penyusunan jadwal kampanye dan rapat umum. Dalam rakor bersama pihak-pihak terkait itu disepakati bahwa jadwal kampanye bagi Parpol mengikuti jadwal Capres dan Cawapres yang diusung. Adapun jadwal tersebut yakni pada tanggal 24 dan 25 Maret Paslon Capres Cawapres nomor urut 02. Selanjutnya tanggal 26 dan 27 untuk Paslon nomor urut 01. Maka masing-masing 2 hari, bergantian dan sterusnya sampai tanggal 13 April mendatang.

Sesuai tahapan jadwal kampanye di media massa sama dengan metode kampanye rapat umum, yakni mulai 24 Maret sampai dengan 13 April 2019. Secara teknis, pemasangan iklan kampanye di media massa mengacu pada 3 dasar hukum. Pertama UU Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu. Kedua, Peraturan KPU Nomor 23 Tahun 2018 tentang kampanye Pemilu, sebagaimana telah beberapa kali diubah dan terakhir dengan Peraturan KPU Nomor 33 Tahun 2018 tentang perubahan kedua atas Peraturan KPU Nomor 23 Tahun 2018.

“Sedangkan yang ketiga Keputusan KPU RI  Nomor 581/PL.02.4-Kpt/06/KPU/III/2019 tentang Perubahan atas Keputusan KPU Nomor 291/PL.02.4-Kpt/06/KPU/I/2019. Dasar hukum itu telah mengatur secara jelas teknik kampanye di media, srhingga agar bisa ditaati dan dilaksanakan,” kata Akmaliyah.

Ditambahkan Purnomosidi, ada beberapa hal yang perlu diketahui, baik oleh pemasang iklan kampanye maupun media. Salah satunya yakni bahwa pemasang iklan kampanye yakni peserta Pemilu, bukan individual Caleg. Yakni peserta pemilu adalah Parpol. Sehingga pemasangan atas nama Parpol. Tetapi bisa saja di dalamnya memuat Caleg dari Parpol bersangkutan.

Berita Terpopuler

Wabup Respon Bantuan Mesin Rem PT Chemco
News

Wabup Respon Bantuan Mesin Rem PT Chemco

Kamis, 19 September 2019

pemerintahan


Bupati Hadiri HUT SMP Negeri 8 Purworejo yang ke 44
News

Bupati Hadiri HUT SMP Negeri 8 Purworejo yang ke 44

Selasa, 01 2019

Bupati Purworejo Agus Bastian SE MM hadir dalam peringatan HUT SMP Negeri 8 Purworejo yang ke 44, Se....


Festival Budaya Lokal, Kemasan Baru Merti Desa Kemanukan
News

Festival Budaya Lokal, Kemasan Baru Merti Desa Kemanukan

Rabu, 09 2019

Festival Budaya Lokal, Kemasan Baru Merti Desa Kemanukan