News

Bupati Buka Rakor Kesiapan pemilu

Bupati Agus Bastian SE MM memuka Rapat koordiansi (Rakor) persiapan Pemilu 2019, yang berlangsung di Pendopo hari ini Selasa (12/2). Turut mendampingi Sekda Drs Said Romadhon, dan sebagai narasumber Ketua KPU Drs Dulrohim dan Ketua Bawaslu Nur Kholiq SH SThI MKn, juga sebagai moderator Kendrasmoko SSos MSi selaku staf khusus Bupati.

Dalam sambutannya Bupati mengatakan, seperti kita ketahui bersama pada tanggal 17 April 2019 esok, Bangsa Indonesia akan menyelenggarakan agenda politik yang sangat penting yakni Pemilihan Umum Serentak 2019. Pemilu 2019 adalah pengalaman baru bagi Pemerintah dan Rakyat Indonesia, dimana pemilihan presiden dan wakilnya, anggota DPR RI, DPD, DPR Provinsi dan DPRD Kabupaten/ Kota dilakukan secara serentak.

Momentum tersebut kata Bupati, akan menjadi pesta demokrasi kesekian kalinya yang kita laksanakan di era pemilihan umum secara langsung, sehingga saya yakin dengan semakin meningkatnya kedewasaan politik masyarakat, maka kegiatan tesebut akan bisa terlaksana dengan baik, aman, lancar dan sukses.

“Meski demikian, kita tidak boleh lengah dan mengabaikan segala kemungkinan yang bisa saja terjadi dalam sebuah perhelatan yang melibatkan banyak orang dengan beragam kepentingan. Oleh karena itu, kita akan terus melakukan berbagai langkah antisipasi dengan koordinasi yang sinergis lintas sektoral, sehingga bisa meminimalisir persoalan yang kemungkinan akan muncul,” ujar Bupati.

Menurutnya, semua pihak perlu terus mendorong masyarakat untuk memberikan peran serta bagi tumbuhnya kesadaran politik dan demokrasi, sehingga perbedaan yang terjadi tidak menimbulkan gesekan-gesekan yang dapat menimbulkan perpecahan. Setiap perbedaan pola pandang maupun pilihan dalam berpolitik merupakan suatu hal yang wajar dan itu menandai bahwa iklim demokrasi sudah berjalan dengan baik.

Bupati menambahkan, Rakor yang mengambil tema “Wujudkan Pemilu Tahun 2019 Yang Berintegritas dan Bermartabat" ini antara lain bertujuan untuk membangun sinergitas antara pemerintah daerah dengan instansi terkait dalam menyiapkan event demokrasi lima tahunan. Diantaranya, kesiapan para penyelenggara pemilu, kesiapsiagaan aparat keamanan dalam mengatasi potensi kerawanan pemilu. Sehingga diharapkan terwujud sinergitas yang kuat dan berkesinambungan antar pemangku kepentingan Pemilu, dalam upaya menciptakan Pemilu demokratis dan damai.

Pelaksanaan Pemilu 2019 merupakan implementasi dari Pasal 3 Undang-Undang Nomor 7 tahun 2017 tentang Pemilihan Umum, yakni harus memenuhi prinsip mandiri, jujur, adil, berkepastian hukum, tertib, terbuka, proporsional, professional, akuntabel, efektif, dan efisien. “Dengan penyelenggaraan yang baik, Pemilu serentak tahun 2019 diharapkan dapat menghasilkan pemimpin nasional dan wakil rakyat yang mempunyai legitimasi yang kuat serta amanah dalam menjalankan tugasnya,” harap Bupati.

Sementara itu Ketua penyelenggara Sri Setyowati SH MM melaporkan, kegiatan Rakor diikuti seluruh Kepala OPD se Kabupaten Purworejo. Tujuannya untuk memberikan wawasan dan pengetahuan ASN terkait pemilu, juga tata cara pemilihan umum tahun 2019, dan meminimalisir permasalahan yang akan timbul di kemudian hari. “Untuk pembiayaan, kegiatan ini dianggarkan  dalam Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA) Bagian Pemerintahan Setda Kabupaten Purworejo Tahun Anggaran 2019 pada kegiatan Desk Pemilihan umum legislatif, presiden dan wakil presiden tahun 2019,” jelasnya.

Berita Terpopuler

Wabup Respon Bantuan Mesin Rem PT Chemco
News

Wabup Respon Bantuan Mesin Rem PT Chemco

Kamis, 19 September 2019

pemerintahan


Bupati Hadiri HUT SMP Negeri 8 Purworejo yang ke 44
News

Bupati Hadiri HUT SMP Negeri 8 Purworejo yang ke 44

Selasa, 01 2019

Bupati Purworejo Agus Bastian SE MM hadir dalam peringatan HUT SMP Negeri 8 Purworejo yang ke 44, Se....


Festival Budaya Lokal, Kemasan Baru Merti Desa Kemanukan
News

Festival Budaya Lokal, Kemasan Baru Merti Desa Kemanukan

Rabu, 09 2019

Festival Budaya Lokal, Kemasan Baru Merti Desa Kemanukan