News

Bupati Minta PD Lebih Inovatif Susun Program dan Kegiatan

Bupati Purworejo Agus Bastian SE MM mengajak semua pihak untuk memacu pembangunan daerah di Kabupaten Purworejo dengan bekerja lebih cepat lagi di tahun 2020, karena tantangan kedepan yang dihadapi semakin berat. Untuk itu dirinya meminta semua PD (Perangkat Daerah) dalam penyusunan program dan kegiatan agar lebih inovatif dan mengarah pada perubahan untuk mengantisipasi tantangan itu.

Apalagi dengan hadirnya Bandara “NYIA” yang diperkirakan sudah mulai beroperasi tahun 2019 dan rencana pengembangan Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Borobudur, dapat menjadi faktor pendorong pengembangan wilayah atau menjadi magnet pertumbuhan ekonomi di kawasan sekitarnya.

“Kita harus mampu menangkap peluang pembangunan, bisnis dan lapangan kerja yang tersedia, dengan terus mendorong dan memfasilitasi masyarakat untuk berusaha meningkatkan kualitas kecakapan  untuk memenuhi kebutuhan tenaga kerja,” kata Bupati saat membuka Forum Konsultasi Publik dan Pembukaan Masa Musrenbang Kabupaten Purworejo Tahun 2019 di Ruang Arahiwang, Senin (28/01).

Dikatakan Bupati, sasaran makro pembangunan daerah Kabupaten Purworejo Tahun 2020 adalah meningkatnya pertumbuhan ekonomi Kabupaten Purworejo dari 5,14%  menjadi pada kisaran 6,33% - 6,64%. Selain itu, meningkatnya Indeks Pembangunan Manusia dari 71,31 menjadi pada kisaran 72,65 – 73,17.

Sasaran makro berikutnya yakni dapat menurunnya angka kemiskinan dari 11,67% menjadi pada kisaran 9,5% - 8%. Menurunnya pengangguran terbuka dari 3,64 menjadi 3,6, dan menurunnya kesenjangan antar wilayah yang diukur dengan indeks Williamson dari 0,368 menjadi 0,350.

“Kami yakin dengan kerja keras dan kesungguhan kerja kita serta kontribusi Saudara melalui berbagai aktifitas ekonomi, Insya Allah target tersebut akan dapat dicapai yang pada akhirnya meningkatkan kesejahteraan rakyat,” imbuh Bupati.

Lebih jauh dikatakan Bupati, salah satu prioritas pembangunan daerah Kabupaten Purworejo Tahun 2020 yang tentu saja telah diselaraskan dengan NAWACITA dan Prioritas Pembangunan Provinsi Jawa Tengah Tahun 2020 diantaranya penguatan ketahanan air, infrastruktur dasar dan interkoneksi antar wilayah guna mendukung investasi dan pengembangan wilayah.

Prioritas pembangunan selanjutnya adalah penguatan perekonomian daerah yang didukung dengan ketahanan pangan, pengembangan agribisnis berbasis produk unggulan daerah dan investasi. Peningkatan kualitas dan pemerataan pelayanan pendidikan, peran pemuda dan olahraga serta pelestarian nilai-nilai budaya daerah.

Selanjutnya, peningkatan kualitas pelayanan kesehatan, peningkatan kualitas lingkungan hidup, peningkatan kemandirian desa, pengurangan kemiskinan dan pengangguran, tata kelola pemerintahan yang baik dan kondusivitas daerah serta pengelolaan bencana, serta penguatan inovasi daerah dan teknologi tepat guna.

Sedangkan prioritas program/kegiatan yang akan dilaksanakan pada tahun 2020 diantaranya pembangunan sport center (DED pada APBD-P 2019), Penyusunan DED Islamic Centre, penataan Museum Tosan Aji (eks KPU kompleks pendopo Purworejo), Alkes dan operasional RSUD kelas C tahun 2020, Jalan Menuju Goa Seplawan, Rehab Gedung Kesenian Sarwo Edhie Wibowo, Pembangunan Gedung Dinas Pendidikan (sayap barat Setda Purworejo).

Prioritas program/kegiatan selanjutnya, Pasar Purworejo di Jalan Kyai Brengkel, Terminal type C sebelah timur lokasi rencana Pasar Purworejo, pemanfaatan tanah Plaza dan sekitarnya, penataan Alun-Alun Kutoarjo, pembangunan Perpustakaan di Kutoarjo, pembangunan Gedung Kelurahan, Penataan parkir sayap barat kompleks Setda dan sekitar eks Bawaslu, Hibah pemilukada untuk KPU, Bawaslu, Polres dan Kodim, serta pembangunan obyek wisata Pantai Jatimalang Tahap II.

“Pembukaan Musrenbang ini menjadi awal dari serangkaian proses perencanaan pembangunan daerah tahun 2020 selama dua bulan kedepan, Untuk itu masyarakat, stakeholders dan semua pihak, diharapkan dapat menyampaikan aspirasi dalam berbagai forum perencanaan yang akan diselenggarakan,” tambahnya.

Berita Terpopuler

Tabur Bunga di TMP Tentara Pelajar Wareng, Gubernur Ajak Hormati Pahlawan Siapapun Dia
News

Tabur Bunga di TMP Tentara Pelajar Wareng, Gubernur Ajak Hormati Pahlawan Siapapun Dia

Senin, 11 November 2019

Peringatan Hari Pahlawan ke-74 Tingkat Provinsi Jawa Tengah dipusatkan di Desa Wareng Kecamatan Butu....


Upacara Hari Pahlawan Tingkat Jateng Dipusatkan Di Purworejo
News

Upacara Hari Pahlawan Tingkat Jateng Dipusatkan Di Purworejo

Rabu, 06 November 2019

Hari Pahlawan tingkat Jateng dipusatkan di Purworejo


Peringati Maulid Nabi, Warga Ketepeng Watuduwur Bruno Sedekahkan Ratusan Ambeng
News

Peringati Maulid Nabi, Warga Ketepeng Watuduwur Bruno Sedekahkan Ratusan Ambeng

Kamis, 07 November 2019

Peringatan Maulid Nabi Muhammad Sholallahu â€Â&Acir....