News

Ketua PKK Tingkatkan Greget Turun Desa

Wakil Ketua TP PKK Kabupaten Purworejo Ny Dra Erna Setyowati Said Romadhon mengatakan, perlu diketahui bahwa sebagai payung hukum Gerakan PKK adalah Peraturan Presiden RI No 99/2017 tentang gerakan PKK dan wawasan kebangsaan. Tentu ini artinya PKK mendapatkan perhatian yang lebih. “Maka kami mengharap dalam memberdayakan Gerakan PKK bisa lebih meningkat gregetnya. Terutama Ketua TP PKK kecamatan, yang dulu jarang kedesa, sekarang frekwensinya ditingkatkan,” harap Ny Erna Said pada kegiatan Rapat konsultasi (Rakon) TP PKK se Kabupaten Purworejo di Pendopo Rabu (16/1).

Dijelaskan, pada PP 99/2017 sudah dicantumkan secara jelas mengenai visi misi PKK, pendanaan yang terkait anggaran untuk menopang kegiatan PKK. Dengan adanya PP tersebut diharapkan penganggaran kegiatan PKK dapat diperhatikan lebih baik lagi. Sehingga PKK sebagai mitra pemerintah, akan bisa terus berjuang untuk kesejahteraan keluarga yang akhirnya untuk kesejahteraan masyarakat.    

Rakon tersebut dibuka Wakil Bupati Yuli Hastuti SH, yang didampingi  Hj Fatimah Verena Prihastyari SE selaku Istri Bupati, Wakil Ketua TP PKK kabupaten Ny Dra Erna Setyowati Said Romadhon. serta dinas instansi terkait .Menyusul hadir Ketua DPRD Kabupaten Purworejo Luhur Pambudi ST MM.

Wabup Yuli Hastuti dalam sambutannya mengatakan, Tim Penggerak PKK selaku pengelola Gerakan PKK dan pendamping masyarakat harus selalu meningkatkan kapasitas kelembagaan melalui kualitas program kegiatan, kualitas SDM, sarana dan prasarana serta peningkatan pembinaan berjenjang. Sehingga PKK dapat menjadikan anggotanya sebagai elemen yang selalu hadir ditengah masyarakat, serta berupaya mendorong peran aktif kader-kadernya untuk membantu pemerintah daerah dalam memberdayakan masyarakat dan memajukan daerah.

Menurutnya, program PKK juga harus dapat mengakomodasi aspirasi tim penggerak kecamatan serta desa/kelurahan. Hal ini juga penting, karena para pengurus dan kader di tingkat bawah, lebih memahami kondisi dan potensi yang ada. Oleh karena itu, raker ini hendakanya dilaksanakan dalam suasana demokratis, menghargai partisipasi, dan dapat mengakomodasi semua pandangan yang berkembang.

“Saya titip pesan, agar kader PKK menjaga situasi kondusif dalam pelaksanaan Pemilu. Termasuk juga dalam Pilkades yang akan digelar serentak pada 31 Januari mendatang, agar kader PKK yang mayoritas Ibu-Ibu, dapat menyejukkan. Sehingga Pilkades dapat berlangsung lancar dan aman. Terutama pada saat yang rawan ini, kader PKK harus mampu memfilter diri untuk tetap waspada dan hati-hati,” harap Yuli Hastuti.

Sementara itu Fatimah Verena Prihastyari menyampaikan, prestasi yang diraih PKK selama ini sangat membanggakan, tentunya kita perlu terus memupuk kekompakan agar PKK lebih meningkat lagi dalam merealisasikan 10 program pokok PKK. Untuk itu pentingnya kader PKK lebih aktif lagi dan semangat untuk memajukan PKK demi kesejahteraan keluarga. “Memang pengurus PKK kerjanya tanpa pamrih karena tidak digaji, tapi jadikanlah ini sebagai ladang berbuat baik untuk masyarakat,” tuturnya.

Ketua DPRD Luhur pambudi mengatakan, pengurus PKK memiliki peran penting di masyarakat. Ada tiga hal penting yakni sebagai pendamping suami, dapat menangkap peluang, dan wawasan kebangsaan. Pengurus PKK yang memiliki tanggung jawab yang baik sebagai pendamping suami dan keluarga, pasti dalam manajemen ke masyarakat juga akan lebih baik. Termasuk mampu menangkap peluang dengan adanya 4 mega proyek, seperti adanya bandara internsional, otorita borobudur, waduk bener, dan jalan tol jogja cilacap.

“Semuanya akan melewati Kabupaten Purworejo yang tentunya pasti akan mampir ke Purworejo. Bahkan jutaan orang yang akan lewat Purworejo, bisa menikmati makanan khas kita. Dengan membeli dawet, minuman, makanan khas lokal, dll. Peluang inilah yang dapat dijadikan peningkatan perekonomian. Sehingga PKK bisa andil dalam peluang tersebut,” kata Luhur.  

 

Berita Terpopuler

Sekda Purworejo Tinjau Lokasi Bencana
News

Sekda Purworejo Tinjau Lokasi Bencana

Selasa, 27 2020

Sekda Purworejo Tinjau Lokasi Bencana


Bank Jateng Bangun Gedung KCP Baledono Yang Baru
News

Bank Jateng Bangun Gedung KCP Baledono Yang Baru

Kamis, 29 2020

Penjabat Sementara (Pjs) Bupati Purworejo Ir Yuni Astuti MA secara simbolis melakukan peletakkan bat....


Dibutuhkan 52 Formasi, Pendaftar Pegawai BKK Purworejo Capai 939 Orang
News

Dibutuhkan 52 Formasi, Pendaftar Pegawai BKK Purworejo Capai 939 Orang

Jumat, 13 November 2020

Dibutuhkan 52 Formasi, Pendaftar Pegawai BKK Purworejo Capai 939 Orang