Seputar Ekonomi

Upaya Penyegaran, Kepala Dindikpora dan Dindukcapil Bertukar Posisi

Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dindikpora) bertukar posisi dengan Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dindukcapil) Kabupaten Purworejo. Dr Akhmad Kasinu MPd yang sebelumnya menjabat Kepala Dindikpora menjadi Kepala Dindukcapil. Sebaliknya, Sukmo Widi Harwanto SH MH yang semula menjabat Kepala Dindukcapil, kini menjadi Kepala Dindikpora.

Keduanya resmi bertukar posisi setelah menjalani Upacara Pengambilan Sumpah/Janji Jabatan dan Pelantikan Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama  di Ruang Bagelen Kantor Bupati Purworejo, Jumat (12/10). Upacara dipimpin oleh Bupati Purworejo Agus Bastian SE MM yang juga dihadiri Sekda Purworejo Drs Said Romadhon, para Asisten Sekda dan Kabag, serta seluruh Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

Bupati Agus Bastian dalam sambutannya menyebutkan, Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara dan Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2017 tentang Manajemen Pegawai Negeri Sipil, mengamanatkan bahwa Pengisian JPT harus memenuhi beberapa syarat. Yaitu satu klasifikasi Jabatan, memenuhi standar kompetensi Jabatan, serta telah menduduki Jabatan paling singkat 2 tahun dan paling lama 5 tahun.

Menurutnya, dua JPT Pratama yang dilantik merupakan pucuk pimpinan dua Perangkat Daerah yang memiliki fungsi dan peran sangat strategis. Karena itu,  untuk mengisi kedua Perangkat Daerah tersebut diperlukan berbagai pertimbangan yang matang,

"Jadi kita merotasi atau memindah pegawai bukan karena ada kepentingan tertentu. Ini betul-betul merupakan penyegaran dan demi kepentingan organisasi yang lebih luas," ujar Bupati.

Dijelaskan bahwa Kepala Dindukcapil yang sudah menjabat lebih dari lima tahun sudah saatnya untuk dilakukan penyegaran. Di sisi lain, mengingat Dindukcapil merupakan lembaga yang sangat erat kaitannya dengan pelayanan publik, maka diperlukan figur pengganti yang sudah memiliki pengalaman di bidang tersebut. 

Demikian pula Dindikpora, merupakan Perangkat Daerah yang sangat penting dan strategis dalam membangun sumberdaya manusia yang berkualitas. Sehingga mampu melahirkan generasi yang tangguh, tanggap dan tanggon dalam menghadapi tantangan zaman. Menurutnya, figur pimpinan yang cepat dan tepat dalam mengambil keputusan sangat dibutuhkan di Dindikpora.

Lebih lanjut Bupati mengungkapkan bahwa pelaksanaan promosi dan mutasi jabatan merupakan hal yang biasa dalam penyelenggaraan pemerintahan. Hal itu sebagai bagian dari kehidupan organisasi dalam rangka pemantapan dan peningkatan kapasitas kelembagaan, serta merupakan bagian dari pola pembinaan karier pegawai.

“Saya berpesan  kepada Saudara-saudara sekalian untuk segera menyesuaikan diri pada satuan kerja dan unit kerja masing-masing sehingga pelaksanaan program dan kegiatan dapat berjalan sesuai dengan tujuan, sasaran dan waktu yang telah ditentukan. Dengan kerja keras, kerja cerdas dan kerja ikhlas, saya percaya Saudara-saudara akan mampu melaksanakan tugas dan tanggungjawab dengan baik,” pungkasnya.

Sementara itu, Akhmad Kasinu saat ditemui usai pelantikan mengaku siap untuk melanjutkan kepemimpinan di Dindukcapil. Terkait program atau tugas berat apa yang menjadi pekerjaan rumah (PR) di Dindikpora, Kasinu menyebut bahwa saat ini masih banyak tenaga wiyata bakti (WB) di Purworejo yang perlu dituntaskan.

“WB di Purworejo masih di atas dua ribuan orang, sekitar 1900 WB mengabdi di SD. PR bersama kita, guru PNS harus ditangani dengan bijak karena tanpa WB proses pembelajaran juga terganggu,” jelas Kasinu.

Kesiapan untuk memimpin di OPD baru juga diungkapan oleh Sukmo Widi Harwanto. Pihaknya akan segera melakukan penyesuaian serta menjalankan program-program yang ada.

“Yang masih menjadi PR di Dindukcapil saat ini adalah penuntasan perekaman KTP elektronik. Itu mendesak dituntaskan untuk mendukung penyelenggaraan Pemilu,” ungkap Sukmo.

 

Berita Terpopuler

Kades Dituntut Akuntabel dan Transparan Kelola Dana Desa
Seputar Ekonomi

Kades Dituntut Akuntabel dan Transparan Kelola Dana Desa

Rabu, 20 November 2019

Perwakilan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) mengada....


Pemkab Purworejo Dukung Aksi Peduli Kesehatan Balita
Seputar Ekonomi

Pemkab Purworejo Dukung Aksi Peduli Kesehatan Balita

Selasa, 12 November 2019

Puluhan anak balita mendapatkan layanan kesehatan dalam kegiatan Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) ya....


Kabupaten Purworejo Berkomitmen Terus Pertahankan WTP
Seputar Ekonomi

Kabupaten Purworejo Berkomitmen Terus Pertahankan WTP

Selasa, 19 November 2019

Atas pencapaian Pemerintah Kabupaten Purworejo meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas Lapo....