Seputar Pemerintahan

Bangun Kerjasama, 12 Delegasi Australia Kunjungi Purworejo

Bupati Purworejo Agus Bastian SE MM menerima kunjungan dua belas delegasi Australia yang dipimpin oleh Direktur ACPET (Assosiation Council for Private Education/Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Australia) Mr Matthew Traynor, Rabu (10/10). Bertempat di Pendopo Rumah Dinas Bupati, para delagasi juga diterima oleh Wakil Bupati beserta jajaran Forkopimda, sejumlah pejabat dan anggota MKKS SMK.

Direktur ACPET Mr Matthew Traynor menjelaskan kedatangan mereka merupakan undangan dari Pemkab Purworejo hasil dari pertemuan sebelumnya pada bulan Agustus lalu di Yogyakarta. Matthew menjelaskan bahwa Purworejo merupakan salah satu dari beberapa kota yang mereka kunjungi di Indonesia.

Kunjungan itu bertujuan membangun kerjasama bidang pendidikan dan pelatihan pengembangan SDM (Sumber Daya Manusia). Apalagi melihat perkembangan bidang pendidikan, mereka siap untuk bekerjasama dengan Purworejo dalam rangkangan pengembangan bidang SDM.

Khususnya pengembangan dibidang pariwisata, pelatihan ekport import. Selian itu juga dalam bidang peningkatan SDM, dalam rangka mempersiapkan kehadiran bandara didekat Purworejo.

Pihaknya juga mengundang Delegasi Purworejo untuk datang ke Australia. Pada kesempatan itu, para delegasi juga berkomitmen untuk ikut mempromosikan produk Purworejo di Australia.

“Ini merupakan perkenalan pertama delegasi Australian datang ke Purworejo. Kerjasama dalam pemberian bea siswa, pertukaran pelajar, bahkan pertukaran guru juga siap untuk difasilitasi oleh Accpet,” ujar Matthew melalui juru bicaranya.

Lebih lanjut Matthew menambahkan, dengan adanya pembangunan infratruktur pembangunan bandara dapat menjadi jangkar pembangunan yang akan mengakses pariwisata dan eksport import. Namun menurutnya, semua itu membutuhkan SDM yang siap.

Pihaknya juga akan melibatkan pemerintah Australia, melihat hubungan yang cukup dekat dengan pemerintah Australia. Dengan pelibatan pemerintah Australia, diharapkan akan ada dukungan yang dapat dikaitkan dengan program-program yang nantinya bisa dikerjasamakan.

Bupati berharap dengan kehadiran delegasi Australia nantinya dapat membantu bagaimana membangun Kabupaten Purworejo agar dapat kompetitif. Salah satunya dengan meningkatkan pembangunan pengembangan sumber daya manusia di Purworejo. Menurut Bupati, Purworejo membutuhkan pengembangan pelabuhan laut dalam dan pengembangan pariwisata.

Pada kesempatan itu, para delegasi disuguhi pertunjukan tarian Ndolalak khas Purworejo. Para delegasi juga meninjau stand yang menyajikan hasil UMKM khas Purworejo, mulai dari kopi, minuman herbal hingga batik.

Berita Terpopuler

Camat Kaligesing Pelopori Pertemuan Kades di Obyek Wisata
Seputar Pemerintahan

Camat Kaligesing Pelopori Pertemuan Kades di Obyek Wisata

Kamis, 03 2019

Camat Kaligesing Hariyono SSos MM mempelopori pertemuan rutin kepala desa secara bulanan dilakukan d....


Bupati Lantik 20 Kepala Sekolah Menengah Pertama
Seputar Pemerintahan

Bupati Lantik 20 Kepala Sekolah Menengah Pertama

Rabu, 02 2019

Sebanyak 20 Kepala Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri di Lingkungan Dinas Pendidikan Pemuda dan O....


Bupati Purworejo Jamin, SOTK  Clean and Clear
Seputar Pemerintahan

Bupati Purworejo Jamin, SOTK Clean and Clear

Kamis, 19 September 2019

Bupati Purworejo Agus Bastian SE MM menegaskan, untuk bisa menduduki jabatan tertentu seorang ASN ti....