Berita Purworejo

Wabup Berikan Penghargaan di HUT Pramuka

Wabup Berikan Penghargaan di HUT Pramuka

HUT Pramuka ke 57 diperingati dengan menggelar upacara yang dipimpin Wakil Bupati Yuli Hastuti SH selaku Inspektur Upacara di alun-alun Kutoarjo hari ini Selasa (14/8). Upacara berlangsung khidmat yang diikuti ratusan anggota pramuka dari tingkat penggalang hingga penegak dan pengurus Kwarcab serta Kwaran. Upacara dihadiri Kapolres AKBP Teguh Tri Prasetya SIK, Sekda Drs Said Romadhon, perwakilan unsur Forkopimda,  dan Kepala Dinas instansi.
Dalam upacara tersebut Yuli Hastuti menyerahkan penghargaan kepada sejumlah pengurus Pramuka yang telah mengabdikan dirinya untuk kegiatan dan kemajuan kepramukaan di Kabupaten Purworejo, berupa piagam, tropy, dan lencana. Juga penyerahan hadiah kepada juara lomba Kwartir Ranting. Untuk penghargaan Panca Warsa (PW) diberikan kepada 36 orang yang terdiri PW VI, PW VI hingga PW I.
Sedangkan kejuaraan Jambore Daerah SD MI tingkat Kwarda Jawa Tengah yang nmemperoleh Juara II Putra Peringkat I Penggalang , Juara II Putri Peringkat I Penggalang. Dan kegiatan gladi widya daerah adhi birawa sebagai juara umum putr di tingkat Provisnis Jawa Tengah. Untuk pemenang lomba Kwaran yang meraih juara umum Kwaran Purworejo, menyusul juara II dan III diraih Kwaran Pituruh dan Bener. 
Dalam sambutannya Yuli Hastuti mengucapkan selamat atas pencapaian prestasi Kwarcab Purworejo maupun Kwaran, dan sejumlah pengurus yang telah mengabdikan diri di Pramuka. “ Terimaksih kepada Pembina dan Pelatih, juga para Kepala Dinas Instansi yang membina kegiatan Saka Pramuka, saya dorong untuk meningkatkan perannya dalam aksi-aksi Pramuka di bidang masing-masing,” harapnya.
Menurutnya, dengan azas Pancasila, dengan Kode Kehormatan Satya dan Darma Pramuka, serta dengan sistim Among yang juga memadukan pola permainan  mengandung pendidikan, aksi-aksi Gerakan Pramuka telah menunjukkan sesuatu yang positif bagi pembentukan dan penguatan karakter bangsa. Berkait hal ini,  kiranya juga sudah tepat jika Menteri Pendidikan dan Kebudayaan beberapa tahun lalu telah menetapkan pendidikan kepramukaan menjadi materi ‘ekstrakurikuler wajib’ di seluruh satuan pendidikan formal.
“Lewat kegiatan kepramukaan, sesuai juga tema HUT Pramuka tahun ini yang berbunyi :“PRAMUKA PENGIKAT NKRI”, saya melihat bahwa praktek kegiatan dan hubungan antar sesama anggota Pramuka yang tidak membedakan seseorang berdasar suku, agama, ras maupun alirannya, sungguh merupakan modal kuat bagi tetap terwujudnya persatuan dan kesatuan bangsa dalam wadah NKRI,” tandas Yuli Hastuti.
Namun demikian lanjut Yuli Hastuti, adanya berbagai perubahan peradaban dunia sebagai dampak globalisasi dan kemajuan teknologi informasi, menuntut kiat-kiat baru dalam penyusunan program pendidikan kepramukaan, agar tetap menarik dan diminati kaum muda. Kecuali itu juga mengharuskan peningkatan kemampuan kaum muda untuk menjadi filter budaya, pengaruh mana yang cocok dengan kepribadian kita, dan pengaruh mana yang tak sesuai, bahkan harus dicegah atau ditolak karena dapat merusak masa depan bangsa. Tumbuhnya beberapa faham radikal akhir-akhir ini, juga maraknya penyalahgunaan narkoba merupakan contoh riil yang harus ditangkal.
Waka Binamuda Soekoso DM SPd mengatakan, HUT Pramuka ke 57 didukung berbagai kegiatan seperti renungan dan ulang janji, tasyakuran, ziarah di Taman Makam Pahlawan Projo Handoko Loyo, anjangsana, gerakan kebersihan lingkungan, pemasangan bendera merah putih dan bendera Pramuka, dll. “Setelah peringatan HUT Pramuka, akhir Agustus ini akan dilaksanakan Estafet Tunas Kelapa (ETK) yang rencana akan melewati Kwaran Bagelen, kaligesing, Purworejo, Loano, dan Gebang. Sedangkan untuk penyerahan ETK dari Kwarcab Purworejo ke Kwarcab Wonosobo tepatnya di Desa Redin Kecamatan Gebang,” jelas Soekoso. 

Berita Terpopuler

IKK LPPD  Kabupaten Purworejo 2023
Berita Purworejo

IKK LPPD Kabupaten Purworejo 2023

Kamis, 28 Maret 2024

IKK LPPD Kabupaten Purworejo 2023


Bukber dengan Karyawan PDAM, Bupati Berpesan  Agar Tidak Kehilangan Fungsi Sosial
Berita Purworejo

Bukber dengan Karyawan PDAM, Bupati Berpesan Agar Tidak Kehilangan Fungsi Sosial

Rabu, 27 Maret 2024

Bupati Purworejo Hj Yuli Hastuti SH menghadiri acara buka puasa bersama seluruh karyawan Perumda Air....


Pemkab Purworejo Gelar Bazar Pangan Ramadhan di 15 Kecamatan
Berita Purworejo

Pemkab Purworejo Gelar Bazar Pangan Ramadhan di 15 Kecamatan

Selasa, 26 Maret 2024

Desa Pogungjurutengah Kecamatan Bayan menjadi desa pertama yang menjadi lokasi kegiatan Bazar Pangan....