Seputar Sosial Budaya

Bupati Hadiri Merti Desa Gunung Condong

Bupati Purworejo Agus Bastian SE MM dan Wakil Bupati Yuli Hasuti SH hadiri acara merti desa atau sedekah bumi di Desa Gunung Condong Kecamatan Bruno Kabupaten Purworejo, Senin (13/8). Tak kurang 7500 ayam panggang dipajang mengunakan bambu dan disusun rapih sesuai dengan bentuk ambeng/ancak, yang juga dipadukan dengan sejumlah hasil bumi.

Merti desa sendiri merupakan acara tradisional  peninggalan dari nenek moyang yang dilaksanakan tiga tahun sekali secara turun temurun dan juga diadakan di desa–desa tetangga. Diantaranya Desa Wonosido Pituruh, Desa Pamriyan Pituruh, Desa Karanggedang dan Desa Kemranggen Bruno.

Bupati Purworejo Agus Bastian SE MM dalam sambutannya mengatakan, dirinya sangat senang dapat hadir di acara merti desa di Desa Gunung Condong tersebut. Dia mengapresiasi jumlah ingkung yang semakin lama semakin banyak jumlahnya.

“Tiga tahun lalu hanya sekitar 4000an ingkung, ini bisa sampai dua kali lipat. Kalau dihitung bisa mencapai 1 milyar lebih habisnya, bahkan lebih banyak dari anggaran desa, ini luar biasa,” katanya.

Bupati berharap, dengan merti desa ini seluruh warga Gunung Condong dapat memperoleh berkah yang lebih besar dan berlipat-lipat jumlahnya. Diharapkan dimasa yang akan datang akan lebih banyak ingkung yang akan disedekahkan.

Bupati memberikan masukan, agar acara merti desa dapat dikemas menjadi paket wisata. Dengan hal itu diharapkan, dapat lebih memperkenalkan Desa Gunung Condong ke seluruh dunia. Selain memliki budaya yang menarik, Desa Gunung Condong juga memiliki beberapa destinasi wisata yang menarik.

Pada kesempatan itu, bupati juga menyoroti hadirnya sejumlah mahasiswa Universitas Islam Indonesia (UII) yang notabene adalah Almamater Bupati, yang sedang melakukan KKN di Desa Gunung Conong. Dirinya berharap, dengan adanya mahasiswa tersebut dapat membantu warga masyarakat untuk mengembangkan destinasi wisata.

Dirinya memandang munculnya berbagai destinasi wisata baru di Purworejo, menunjukkan bahwa Romansa 2020 atau tahun kunjungan wisata Purworejo 2020 disambut dengan hati yang senang oleh seluruh warga purworejo termasuk warga Gunung Condong.

“Menyongsong Romansa 2020, mari kita berbedah untuk menyambut wisatawan yang hadir di Kabupaten Purworejo,” imbuhnya.

Berita Terpopuler

Kirab Budaya, Nguri-Nguri Seni dan Budaya
Seputar Sosial Budaya

Kirab Budaya, Nguri-Nguri Seni dan Budaya

Senin, 09 Maret 2020

Pemkab Purworejo menggelar parade budaya dalam rangkaian Peringatan Hari Jadi ke-189 Kabupaten Purwo....


Bupati Resmikan Masjid At-Taqwa Kaliwatubumi
Seputar Sosial Budaya

Bupati Resmikan Masjid At-Taqwa Kaliwatubumi

Senin, 16 Maret 2020

Bupati Purworejo Agus Bastian SE MM meresmikan Masjid At Taqwa Desa Kaliwatubumi Kecamatan Butuh, Mi....