Seputar Pemerintahan

Bupati Lantik 102 Pejabat Jajaran Pemkab Purworejo

Bupati Purworejo Agus Bastian SE MM melantik Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama, Administrator, Pengawas dan Pelaksana di lingkungan Pemkab Purworejo, Senin (4/6). Bertempat di Pendopo Kabupaten Purworejo, pelantikan ditandai dengan pengucapan sumpah janji dan penandatanganan berita acara pelantikan jabatan baru di hadapan Bupati Purworejo.

Pada pelantikan kali ini Bupati melakuan rotasi terhadap 6 jabatan Pimpinan Tinggi Pratama. Total ASN yang dilantik mencapai 102 orang. Belum adanya seleksi terhadap posisi tersebut, menyebabkan pergeseran ini masih menyisakan jabatan kosong dan harus dijabat pelaksana tugas. Hadir dalam pelantikan, Wakil Bupati Purworejo Yuli Hastuti SH beserta jajaran Forkopimda, Sekda Purworejo, Kepala OPD.

Keenam JPT yang dilantik yakni, Eni Sudiyati yang sebelumnya sebagai pelaksana Sekretaris Daerah menjadi Staf Ahli Bupati Bidang Pembangunan Ekonomi dan Keuangan Setda. Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) dr Kuswantoro digeser menjadi Kepala Dinas Sosial, Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan anak.

Yang lainnya adalah Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Drs Boedi Harjono Purworejo yang ditempatkan sebagai Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Setda, yang sebelumnya diduduki Gandi Budi Supriyanto SSos. Pejabat lama selanjutnya diposisikan sebagai Kepala Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah dan Perdagangan yang sebelumnya dijabat pelaksana tugas.

Adapun Kepala Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja Drs Sutrisno MSi dirotasi menjadi Kepala Pelaksana (Kalak) BPBD Purworejo. Dan terakhir, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dinpermasdes) Sumharjono SSos MM diposisikan sebagai Asisten I Bidang Pemerintahan Setda.

Sumharjono untuk sementara juga ditugaskan untuk menjadi pelaksana tugas Dinpermasdes. Sementara Ir Dri Sumarno, Staf Ahli Bupati Bidang Kemasyarakatan dan SDM ditunjuk sebagai pelaksana tugas Disperinaker. Sedangkan untuk Dinkes, telah ditunjuk sebagai pelaksana tugas adalah dr Sudarmi MM yang saat ini menjabat Sekretaris Dinkes.

 

Bupati dalam sambutannya mengatakan bahwa pelaksanaan promosi dan mutasi jabatan merupakan hal yang biasa dalam penyelenggaraan pemerintahan, sebagai bagian dari kehidupan organisasi dalam rangka pemantapan dan peningkatan kapasitas kelembagaan, serta merupakan bagian dari pola pembinaan karier pegawai.

Menurutnya, melakukan pelantikan di bulan suci Ramadan dinilainya cukup special. Sehingga diharapkan pejabat yang dilantik nantinya benar benar menjadikan momentum ini untuk bekerja optimal dalam menjalankan amanah dan berupaya terus menepati sumpah/janji jabatannya.

"Sebagai pimpinan pada satuan kerja dan unit kerja, Saudara-saudara memiliki tugas dan tanggung jawab terhadap pembinaan kepegawaian. Untuk itu saya minta agar Saudara-saudara dapat berperilaku lebih disiplin karena Saudara-saudara akan menjadi contoh dan teladan bagi para staf yang Saudara pimpin," pesannya.

Bupati meyakini jika pejabat yang dilantiknya akan bisa melakukan tugas dan tanggung jawab dengan baik. Untuk itu, mereka diminta segera menyesuaikan diri di satuan kerja dan unit kerja masing-masing sehingga program dan kegiatan dapat berjalan sesuai tujuan.

Dalam kesempatan itu, menyampaikan terima kasih kepada seluruh aparatur di jajaran Pemerintah Kabupaten Purworejo yang telah bekerja keras dalam pengelolaan keuangan daerah selaras dengan aturan yang berlaku, sehingga bisa terus mempertahankan opini WTP enam tahun terakhir ini secara berturut-turut.

“Mudah-mudahan prestasi ini bisa menjadi motivasi kita bersama untuk terus berkarya lebih baik lagi di masa-masa mendatang,” tuturnya.

Diakhir sambutan, Bupati berpesan kepada seluruh pejabat yang baru dilantik agar segera melaksanakan tugas pokok dan fungsi (tupoksi) dengan sebaik-baiknya, serta menjunjung tinggi disiplin dan profesionalisme.

“Dengan kerja keras, kerja cerdas dan kerja ikhlas, saya percaya Saudara-saudara akan mampu melaksanakan tugas dan tanggungjawab dengan baik,” pungkasnya. (humas)

 

 

Berita Terpopuler

Guna Revisi RTRW, Pemkab Purworejo dan Kulon Progo Sepakati Batas Wilayah
Seputar Pemerintahan

Guna Revisi RTRW, Pemkab Purworejo dan Kulon Progo Sepakati Batas Wilayah

Selasa, 25 Februari 2020

Pemkab Purworejo dan Pemkab Kulon Progo sepakati batas wilayah untuk penyusunan revisi Perda Rencana....


Jajaran Pemkab Purworejo Ikuti Sosialisasi Pemendagri 70 dan 90
Seputar Pemerintahan

Jajaran Pemkab Purworejo Ikuti Sosialisasi Pemendagri 70 dan 90

Senin, 16 Maret 2020

Jajaran Perangkat Daerah di Lingkungan Kabupaten Purworejo mengikuti sosialisasi implementasi Permen....


Bupati Pimpin Rapat Kesiapan Penanggulangan Bencana
Seputar Pemerintahan

Bupati Pimpin Rapat Kesiapan Penanggulangan Bencana

Senin, 09 Maret 2020

Guna meningkatkan sinergitas antar Perangkat Daerah dalam penanggulangan bencana, BPBD Purworejo men....