Layanan Publik

Dinarpus Kabupaten Purworejo Akan Sediakan Layanan Wisata Arsip

Adanya perkembangan teknologi informasi saat ini diikuti pula oleh Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Purworejo dalam mengembangkan pelayanan informasi bagi masyarakat yakni dengan mengadakan kegiatan Wisata Arsip. Mendukung pelaksanaan hal ini, Dinarpus melakukan sosialisasi pelayanan kearsipan kepada seluruh arsiparis dari OPD di Kabupaten Purworejo pada Senin (28/05) di Ruang Audio Visual Perpustakaan Daerah Kabupaten Purworejo yang dibuka oleh Kepala Bidang Kearsipan, Haryanto, S.Sos.

Menurut Haryanto, Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Purworejo telah dinilai baik di tingkat provinsi. Salah satu cara untuk meningkatkan pelayanan pada masyarakat dalam memanfaatkan arsip maka Dinarpus membuat sebuah program pengembangan layanan melalui wisata arsip tersebut. Namun guna mendukung terkumpulnya arsip yang dibutuhkan, diperlukan kerjasama dengan arsiparis dari semua OPD di Kabupaten Purworejo untuk menyerahkan arsip-arsip yang tersimpan di OPD masing-masing. Dinarpus juga melakukan jemput bola ke OPD sebagai upaya dalam pengumpulan arsip.

Menurut Kasi Layanan dan Pemanfaatan Arsip, Takbirom Muhsin, S.Sos sekaligus pencanang kegiatan wisata arsip mengungkapkan, beberapa dasar yang digunakan dalam kegiatan ini yakni menjadikan Kabupaten Purworejo sebagai daerah tujuan wisata berbasis budaya dan kearifan lokal, serta Kabupaten Purworejo yang memiliki tata kelola yang baik dan berorientasi pada pelayanan publik. Dalam jangka pendek, kegiatan kearsipan melalui wisata arsip bertujuan agar masyarakat sadar akan adanya arsip sehingga dapat mendorong kecintaan masyarakat terhadap Purworejo, sedangkan dalam jangka menengah diharapkan adanya perubahan pada masyarakat mengenai kesadaran dan pemahaman yang baik terhadap arsip-arsip tersebut.

Sebagai bentuk pelayanan informasi publik, Dinarpus Kabupaten Purworejo juga memiliki tugas sebagai sumber informasi dan penelitian bagi masyarakat, baik secara umum maupun untuk kepentingan pendidikan. Untuk itu, tindak lanjut dari kegiatan sosialisasi yang berupa penyerahan arsip-arsip dari masing-masing OPD di Kabupaten Purworejo diharapkan dapat menjadi kegiatan yang berkelanjutan.

 

 

Berita Terpopuler

Tingkatkan Pelayanan, Kejari Bangun Gedung Layanan Pembayaran Denda Tilang dan Pengembalian BB
Layanan Publik

Tingkatkan Pelayanan, Kejari Bangun Gedung Layanan Pembayaran Denda Tilang dan Pengembalian BB

Jumat, 02 Agustus 2019

Bupati Agus Bastian SE MM bersama Kajari Alex Rahman SH MH disaksikan anggota Forkopimda dan tamu ke....