Seputar Ekonomi

Badan Anggaran DPRD Kabupaten Purworejo Laporkan Kinerja Bupati Tahun 2017

DPRD Kabupaten Purworejo menyampaikan rekomendasi Badan Anggaran atas Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Kinerja Bupati Purworejo Tahun 2017 pada Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Purworejo di Gedung DPRD Kabupaten Purworejo, Rabu (25/04). Rekomendasi disampaikan oleh  dua anggota Badan Anggaran, Prabowo dari Fraksi PDIP dan Ngadianto dari Fraksi PKS. Rapat dipimpin oleh Ketua DPRD Luhur Pambudi dan dihadiri oleh Bupati Agus Bastian, SE, MM, Wakil Ketua DPRD dan Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) se Kabupaten Purworejo.

Kinerja Bupati Tahun 2017 yang mendapat apresiasi dari Badan Anggaran adalah turunnya SiLPA (Sisa Lebih Pembiayaan Anggaran) meski besarannya masih di atas 5 % karena idealnya SiLPA di bawah 5 %.  Selain itu, kinerja pendapatan daerah pada tahun 2017 senilai 59,5 M dan melampaui target juga mendapatkan apresiasi.

Selain apresiasi, Badan Anggaran juga memberikan banyak kritikan atas LKPJ Bupati Tahun 2017, salah satunya adalah belum disajikan atau dilaporkannya data pencapaian pertumbuhan ekonomi makro tahun 2017 dalam laporan. Inflasi yang meningkat pada angka 4,29 % juga menjadi sorotan. Badan Anggaran pun merekomendasikan agar Bupati melaksanakan kebijakan yang menstimulasi pertumbuhan ekonomi daerah, meningkatkan konsumsi dengan menjaga daya beli masyarakat, dan menciptakan kebijakan yang ramah investor serta pemberdayaan UMKM. Ada pula rekomendasi Badan Anggaran terhadap permasalahan kemiskinan yaitu diperlukannya data-data kemiskinan per desa atau per kecamatan agar mudah diinvestigasi dan mempermudah dalam mengintervensi program penanggulangan angka kemiskinan serta dapat ditemukan cara yang efektif sehingga pencapaian dalam menanggulangi kemiskinan lebih progresif.

Setelah selesai dibacakan, rekomendasi dari Badan Anggran terhadap LKPJ Tahun 2017 diputuskan oleh DPRD dan diserahkan kepada Bupati. Penyerahan berita acara dilakukan langsung oleh Ketua DPRD Luhur Pambudi kepada Bupati Purworejo, Agus Bastian.

 

Berita Terpopuler

Gali Potensi Desa Sebagai Upaya Meningkatkan Perekonomian
Seputar Ekonomi

Gali Potensi Desa Sebagai Upaya Meningkatkan Perekonomian

Rabu, 18 Desember 2019

Bupati Purworejo melalui Wabup Yuli Hastuti SH mengharapkan masyarakat desa terus menggali potensi d....


Pemkab Pantau Keamanan Nataru
Seputar Ekonomi

Pemkab Pantau Keamanan Nataru

Jumat, 27 Desember 2019

Pemkab Pantau Keamanan Nataru


Nguri-Uri Budaya dengan Gendhing Setu Legi
Seputar Ekonomi

Nguri-Uri Budaya dengan Gendhing Setu Legi

Senin, 13 Januari 2020

Nguri-Uri Budaya dengan Gendhing Setu Legi