Seputar Aneka Ragam

Ada Sinyalemen Purworejo Bisa Meraih Adipura


Hal tersebut mengemuka dalam rapat kordinasi (rakor) hasil evaluasi tahap II, program Adipura tahun 2012/2013, Senin (8/4), di ruang Arahiwang Setda. Rakor dipimpin Sekda Drs Tri Handoyo MM, diikuti pimpinan  SKPD terkait, BUMN/D, pimpinan rumah sakit pemerintah/swasta, paguyuban PKL, ormas.

Dipaparkan oleh Kepala Kantor Lingkungan Hidup Kabupaten Purworejo, Bambang Sugito SH, bahwa penilaian Adipura dilaksanakan 23 Maret lalu,  oleh tiga orang petugas. Selama satu hari, mereka meninjau di 14 titik pantau. Seperti pasar, perkantoran, perairan terbuka, kawasan jalan, sekolahan, TPA.

Dari hasil peninjauan tesebut, diperoleh sinyalemen bahwa Kabupaten Purworejo dalam program tersebut ada peningkatan. Bahkan peningkatannya cukup signifikan. Bahkan TPA yang pada penilaian tahap I skornya sangat rendah, dianggap sudah ada peningkatan.

Namun demikian ternyata masih ada beberapa catatan dari tim penilai. Pemilahan dan pengolahan sampah masih mendominasi kekurangan. Sedangkan yang lain diantaranya, TPA di Desa Jetis gundukan sampah masih terlihat jelas dari ruang perkantoran.

Mestinya, pemandangan itu dapat dihalangi dengan cara menanan pohon. Di beberapa pasar sebagai titik pantau, dijumpai pedagang belum menyediakan bak sampah secara terpilah. Mereka masih membuang sampah sembarangan. Selokan pasar tersumbat akibat sampah. Kemudian pedagang berjualan di luar pasar.

Disekolah-sekolah belum dilakukan pengolahan sampah. Sampah dari sumbernya mestinya sudah terpilah, sehingga sampai di TPA, tinggal mengolah. Masih dijumpai pembuangan sampah di bantaran sungai. Trotoar yang semestinya untuk pejalan kaki, sebagai lahan parkir para karyawan toko.

Tim penilai, lanjut Bambang Gito, memberi warning kepada Pemkab Purworejo untuk dilakukan verifikasi di bulan Mei mendatang. Saat verifikasi mendatang, tim akan meninjau ke titik pantau tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.

Untuk itu ia minta agar catatan tim penilai saat penilaian 23 Maret lalu, dilakukan perbaikan. “Masih ada waktu hingga akhir atau awal Mei untuk membenahi. Seperti penyemprotan di TPA agar rutin. Kemudian dipasang lampu penerangan, sehingga TPA juga bermanfaat bagi masyarakat sekitar,” ungkapnya.

Diharapkan saat verifikasi nanti, beberapa kelemahan sudah ada perbaikan. Sehingga pada puncaknya pada Hari Lingkungan Hidup bulan Juni mendatang, Pemkab Purworejo meraih Adipura.

Berita Terpopuler

Peringati Tahun Baru Islam, Kecamatan Butuh Gelar Pengajian dan Beri Santunan Kepada Anak Yatim
Seputar Aneka Ragam

Peringati Tahun Baru Islam, Kecamatan Butuh Gelar Pengajian dan Beri Santunan Kepada Anak Yatim

Rabu, 11 September 2019

Bupati Purworejo Agus Bastian SE MM menghadiri Pengajian akbar dan pemberian santunan anak yatim dal....


Bupati Purworejo Beserta Ulama dan Pengasuh Ponpes Ziarah ke Makam Habib Husein Luar Batang
Seputar Aneka Ragam

Bupati Purworejo Beserta Ulama dan Pengasuh Ponpes Ziarah ke Makam Habib Husein Luar Batang

Sabtu, 28 September 2019

Bupati Purworejo Agus Bastian SE MM didampingi Gus Hakim dan Gus Mahfud beserta rombongan ulama dan ....


Ulama dan Pengasuh Ponpes Purworejo Studi Banding ke Ponpes Assiddiqiyah Jakarta
Seputar Aneka Ragam

Ulama dan Pengasuh Ponpes Purworejo Studi Banding ke Ponpes Assiddiqiyah Jakarta

Rabu, 25 September 2019

Sebanyak 160 ulama dan pengasuh pondok pesantren (ponpes) mengikuti kunjungan kerja penguatan kapasi....