Seputar Aneka Ragam

Purworejo dan Kulonprogo Teken MoU

 

MoU ditandatangani Bupati Purworejo Drs H Mahsun Zain MAg dan Bupati Kulonprogo dr H Hasto Wardoyo SpOG (K), di balai desa Somongari Kecamatan Kaligesing, pekan lalu. Penandatangangan dilaksanakan bersamaan kegiatan Bupati Tilik Desa, yang dirangkai peringatan kelahiran WR Soepratman, peresmian desa wisata, pekan panutan PBB dan jalan santai.

Bupati Purworejo dalam sambutannya mengatakan bahwa antara Purworejo dan Kulon Progo selama ini sudah terjadi sinergitas yang baik dalam banyak bidang, diantaranya dalam bidang seni budaya dan wisata.Hal ini menunjukkan sinergitas antara Purworejo dan Kulon Progo sudah sangan harmonis.“Untuk permasalahan yang sudah terjadi dimasa lalu hendaknya dapat kita pendam bersama, kita bangun kembali komunikasi,” harapnya.

Ditambahkan bahwa dengan keberadaan bandara di Kulon Progo yang dekat sekali dengan Purworejo, tentunya Kabupaten Purworejo akan memperoleh  manfaat dengan keberadaan bandara ini.“Masyarakat Purworejo selalu berdoa mendukung cepatnya dan terwujudnya bandara di Kulon Progo,” katanya.

Sementara Bupati Kulonprogo menjelaskan bahwa berkat dukungan Bupati Purworejo dan seluruh jajarannya, persoalan perselisihan yang terjadi di Pasir Mendit dan Pasir Kadilangu sudah selesai.“Mudah-mudahan antara masyarakat Purworejo dan Kulon Progo dapat guyub rukun, kalo perlu saling besanan,” harapnya.

Ia menambahkan bahwa ia menyambut baik kerjasama dibidang infrastruktur. Apalagi terkait program untuk menghubungkan antara daerah Jatimulyo dan Donorejo, yang nantinya akan melewati daerah Kulonprogo sepanjang 250 m. “Dinas PU Kulonprogo yang akan bertanggung jawab dalam pembangunan jalan yang 250 m, agar Jatimulyo dan Donorejo dapat tersambung,” terangnya.

Selain itu ia juga menjelaskan bahwa Kulonprogo juga ingin memulai bedah Menoreh, yang akan dimulai dari perbatasan Temon dengan Kokang, kemudian naik lewat Kalirejo. Tetapi antara Hargomulyo sampai Kalirejo akan melewati daerah Purworejo yaitu daerah sekitar Durensari. Jalan ini nantinya akan selebar 25 m kali 10 km, sedangkan jalan yang melewati daerah Purworejo sekitar 500 meter.

“Nantinya jalan ini akan dibangun oleh pihak ketiga atau swasta jadi tidak perlu APBD.Untuk itu Pemerintah Kulon Progo juga mohon bantuan, untuk bagaimana menyelesaikan jalan ini,” katanya.

Terkait dengan pembebasan lahan untuk pembangunan bandara di Kulon Progo. Sampai dengan saat ini dari 2.600 sertifikat yang harus dibebaskan, yang belum setuju tinggal 307 KK. Dari 307 itupun tinggal 200 yang kepemilikannya hak milik, sedangkan sisanya merupakan tanah Pakualaman.

Sedangkan Kabag Pemerintahan Setda Kendrasmo SSos Msi menjelaskan bahwa penandatanganan nota kesepahaman ini merupakan langkah percepatan peningkatan kerjasama antara pemerintah Kabupaten Purworejo dengan pemerintahKulon Progo. MoU ini akan menjadi payung hukum dan kekuatan bagi dua  kabupaten, untuk melakukan kerjasama dan percepatan penyelesaian persoalan-persoalan di daerah perbatasan.“Kita harus merusaha bagaimana mengubah mind set konflik menjadi mind set kerjasama,” ujarnya.

Berita Terpopuler

Peringati Tahun Baru Islam, Kecamatan Butuh Gelar Pengajian dan Beri Santunan Kepada Anak Yatim
Seputar Aneka Ragam

Peringati Tahun Baru Islam, Kecamatan Butuh Gelar Pengajian dan Beri Santunan Kepada Anak Yatim

Rabu, 11 September 2019

Bupati Purworejo Agus Bastian SE MM menghadiri Pengajian akbar dan pemberian santunan anak yatim dal....


Bupati Purworejo Beserta Ulama dan Pengasuh Ponpes Ziarah ke Makam Habib Husein Luar Batang
Seputar Aneka Ragam

Bupati Purworejo Beserta Ulama dan Pengasuh Ponpes Ziarah ke Makam Habib Husein Luar Batang

Sabtu, 28 September 2019

Bupati Purworejo Agus Bastian SE MM didampingi Gus Hakim dan Gus Mahfud beserta rombongan ulama dan ....


Ulama dan Pengasuh Ponpes Purworejo Studi Banding ke Ponpes Assiddiqiyah Jakarta
Seputar Aneka Ragam

Ulama dan Pengasuh Ponpes Purworejo Studi Banding ke Ponpes Assiddiqiyah Jakarta

Rabu, 25 September 2019

Sebanyak 160 ulama dan pengasuh pondok pesantren (ponpes) mengikuti kunjungan kerja penguatan kapasi....