Seputar Aneka Ragam

Samping Gunakan Dana Desa Untuk Memperbaiki Jalan Rusak

"Masyarkat mulai merasakan manfaat dari Undang-undang Desa yang mengamanatkan bantuan dana desa dari APBN. Sehingga desa sekarang memiliki anggaran untuk memperbaiki jalan rusak," kata Sekretaris Desa (Sekdes) Samping, Maryono.

Maryono menjelaskan, dari sekitar 7 kilometer jalan desa yang ada di Desa Samping hampir semuanya kondisinya rusak parah. Oleh karena itu, adanya dana desa untuk infrastruktur sangat membantu mengurangi jalan rusak di Desa Samping.

"Rehabiltiasi jalan desa ini memasuki tahap penyelesaian dengan betonisasi sepanjang 700 meter. Lokasinya di jalan utama desa. Jalan ini menjadi prioritas karena menjadi akses jalur ekonomi dan jalur menuju desa tetangga," jelasnya.

Maryono menambahkan, untuk tiap tahunnya Dana Desa akan dialokasikan untuk peningkatan jalan desa. Selain itu, untuk perbaikan saluran irigasi.

"Kalau setiap tahun 1 kilometer maka kita butuh waktu sekitar 6 tahun untuk betonisasi jalan desa. Mudah-mudahan program tersebut berlanjut terus," katanya.

Desa Samping merupakan desa yang terluas di wilayah Kecamatan Kemiri. Luas desa tersebut mencapai 675,395 Ha dengan mayoritas penduduknya bermata pencaharian sebagai petani. Utamanya adalah pertanian padi.

Selain itu, kebanyakan petani setempat sebagai juga sebagai petani bibit tanaman. Sehingga Desa Samping di kenal sebagai desa penghasil bibit albasia.

Untuk pemesan bibit albasia ini sampai di luar kota, seperti Wonosobo, Magelang, Kebumen, Sragen dan kota lainnya di Jateng. Bahkan ada yang dikirim sampai ke pulau Sumatra.

"Kalau pas musim bibit disini ramai. Hilir mudik angkutan bibit keluar masuk. Baik itu mengunakan truck atau sepeda motor," tambahnya.

Sejumlah warga di Desa Samping juga mengembangkan ternak kambing. Namun masih dikembangkan secara rumahan hanya untuk memenuhi kebutuhan yang mendadak dan pupuk organik.

Untuk home industri yang dikembangkan adalah industri krupuk ketela. Untuk bahan baku dipenuhi oleh petani setempat dan petani dari desa lain. Sedangkan pemasarannya masih untuk wilayah Kecamatan Kemiri.

Jumlah penduduk Desa Samping sebanyak 2.941 jiwa yang terbagai dalam 864 KK. Mereka tersebar di 18 RT, 6 RW dan 6 pedukuhan. Desa Samping berbatasan dengan Desa Wonosari disebelah barat, Desa Rejowinagun disebelah timur, Desa Kroyo Lor disebelah utara dan Desa Warurejo disebelah selatan.

 

Berita Terpopuler

Peringati Tahun Baru Islam, Kecamatan Butuh Gelar Pengajian dan Beri Santunan Kepada Anak Yatim
Seputar Aneka Ragam

Peringati Tahun Baru Islam, Kecamatan Butuh Gelar Pengajian dan Beri Santunan Kepada Anak Yatim

Rabu, 11 September 2019

Bupati Purworejo Agus Bastian SE MM menghadiri Pengajian akbar dan pemberian santunan anak yatim dal....


Bupati Purworejo Beserta Ulama dan Pengasuh Ponpes Ziarah ke Makam Habib Husein Luar Batang
Seputar Aneka Ragam

Bupati Purworejo Beserta Ulama dan Pengasuh Ponpes Ziarah ke Makam Habib Husein Luar Batang

Sabtu, 28 September 2019

Bupati Purworejo Agus Bastian SE MM didampingi Gus Hakim dan Gus Mahfud beserta rombongan ulama dan ....


Ulama dan Pengasuh Ponpes Purworejo Studi Banding ke Ponpes Assiddiqiyah Jakarta
Seputar Aneka Ragam

Ulama dan Pengasuh Ponpes Purworejo Studi Banding ke Ponpes Assiddiqiyah Jakarta

Rabu, 25 September 2019

Sebanyak 160 ulama dan pengasuh pondok pesantren (ponpes) mengikuti kunjungan kerja penguatan kapasi....