Berita Purworejo

Masuk Seleksi Terakhir, Calon Paskibraka Jalani Tes Kepribadian Termasuk Rekam Jejak Medsos

Purworejo - Seleksi Calon Paskan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) tingkat Kabupaten Purworejo 2024 memasuki tahap akhir. Sebanyak 67 pelajar SMA/SMK sederajat mengikuti tahap akhir seleksi Paskibraka yakni seleksi kepribadian, yang dilaksanakan di Wisma PKPRI pada Jum'at (26/4/2024).

 

Proses seleksi kepribadian ini berupa psikotes, wawancara, penelusuran minat, bakat, dan rekam jejak di media sosial. Hal ini sesuai Surat Edaran Deputi Bidang Pendidikan dan Pelatihan Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Nomor 1 tahun 2024 tentang Pembentukan Pasukan Pengibar Bendera Pusaka Tingkat Kabupaten/Kota dan Provinsi tahun 2024.

 

Koordinator seleksi calon Paskibraka Kabupaten Purworejo Lilik Setiawan MM menjelaskan, tes wawancara dilakukan untuk mengetahui wawasan kebangsaan para calon Paskibraka, meskipun sebelumnya sudah dilakukan tes secara tertulis. Para calon Paskibraka juga diminta untuk menunjukkan bakat dan minatnya dengan dibuktikan melalui piagam atau mempraktikkan secara langsung dihadapan tim penilai.

 


"Untuk mengetahui bakat dan minatnya mereka bisa menyertakan piagam atau praktik langsung, ada yang bisa tari ndolalak, basket, bulu tangkis dan lain sebagainya", jelasnya.

 

Terkait penelusuran rekam jejak di media sosial, Lilik menambahkan, bertujuan untuk mengetahui aktivitas calon Paskibraka di media sosial. Jangan sampai calon Paskibraka terpapar radikalisme atau hal-hal yang bertentangan dengan ideologi Pancasila.

 

Sementara Neira Anjar Pujisusilo SKom MEng selaku tim penilai dari Dinas Kominfostasandi Kabupaten Purworejo menyebutkan, terdapat empat aspek penilaian dalam penelusuran rekam jejak di media sosial. Yakni akun media sosial terbuka / publik, tidak pernah mengunggah konten yang bertentangan dengan idoelogi Pancasila, tidak pernah berkomentar dengan konten yang bertentangan dengan ideologi Pancasila, dan memiliki lingkaran pertemanan yang wajar. "Media sosial yang ditelusuri meliputi Instagram, Twitter atau X, dan Facebook," ujarnya.

 

Sebagai informasi, seleksi kepribadian ini adalah tahapan akhir yang menentukan calon Paskibraka tingkat Kabupaten sekaligus nantinya dapat terpilih untuk mengikuti seleksi tingkat provinsi maupun nasional. Peserta yang lolos akan diambil sebanyak 30 orang, dimana 2 diantaranya akan dikirimkan untuk seleksi di tingkat provinsi.

 

Berita Terpopuler

PPDB SD dan SMP Negeri di Kabupaten Purworejo Dilakukan Secara Online
Berita Purworejo

PPDB SD dan SMP Negeri di Kabupaten Purworejo Dilakukan Secara Online

Rabu, 15 Mei 2024

Pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Kabupaten Purworejo tahun ajaran 2024/2025 untuk je....


Peluncuran Tahapan Pilbup 2024, Bupati Purworejo Ajak Masyarakat Ikut Tentukan Figur dan Arah Kepemimpinan Daerah
Berita Purworejo

Peluncuran Tahapan Pilbup 2024, Bupati Purworejo Ajak Masyarakat Ikut Tentukan Figur dan Arah Kepemimpinan Daerah

Sabtu, 11 Mei 2024

Bupati Kabupaten Purworejo Hj Yuli Hastuti SH menghadiri Peluncuran Tahapan Pemilihan Bupati Dan Wak....


Petunjuk Teknis PPDB Kabupaten Purworejo Tahun Ajaran 2024/2025
Berita Purworejo

Petunjuk Teknis PPDB Kabupaten Purworejo Tahun Ajaran 2024/2025

Selasa, 28 Mei 2024

Pemerintah Kabupaten Purworejo melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) telah menyusun Pe....