Berita Purworejo

Sambut Ramadhan dan Idul Fitri, Bupati Minta Dipersiapkan dengan Baik

Dalam rangka menyambut datangnya bulan suci Ramadhan 1445 Hijriah, Pemkab Purworejo bersama unsur Forkopimda dan instansi terkait menggelar Rapat Koordinasi Kesiapan Pemerintah Daerah Dalam Rangka Menghadapi Bulan Suci Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri 1445 H, Rabu (13/3/2024) di Ruang arahiwang Setda Kabupaten Purworejo.

 

Rakor dibuka oleh Bupati Purworejo Hj Yuli Hastuti SH, serta dihadiri Pj Sekda Kabupaten Purworejo Drs R Ahmad Kurniawan Kadir MPA, para Asisten Sekda dan Staf Ahli Bupati, Pimpinan Perangkat Daerah, Pimpinan BUMN / BUMD, dan unsur terkait lainnya.

 

Dalam sambutannya Bupati menyampaikan, Bulan Ramadhan dan Idul Fitri identik dengan umat Islam, namun pelaksanaannya selalu melibatkan berbagai komponen masyarakat lainnya. Oleh karena itu, perlu dilakukan berbagai langkah persiapan agar momentum tersebut bisa dilaksanakan dengan baik. "Salah satunya menyangkut ketersediaan bahan pokok penting (bapokting), termasuk dengan melakukan operasi pasar agar harganya selalu terkendali," ungkapnya.

 


Dikatakan bahwa wilayah Kabupaten Purworejo merupakan jalur yang strategis bagi para pemudik, karena berada di persimpangan jalur selatan yang menghubungkan beberapa kota besar, sehingga menjadi jalur mudik dan arus balik yang cukup vital. Oleh karena itu, infrastruktur transportasi termasuk rambu-rambu lalu lintas dan ketersediaan BBM, perlu menjadi perhatian bersama. "Selain itu juga perlu didirikan posko-posko terpadu keamanan pada titik-titik strategis yang dilalui pemudik, terutama di pusat-pusat keramaian seperti pasar dan obyek wisata," katanya.

 

Ditambahkan Bupati, dalam tradisi yang melibatkan jutaan orang ini, kita harus berupaya sekuat tenaga untuk mengurangi terjadinya angka kecelakaan. Manakala ada musibah meskipun tidak kita kehendaki, tindakan medis juga diupayakan bisa dilakukan dengan cepat. Oleh karena itu, rumah sakit dan puskesmas agar senantiasa siaga dalam memberikan pelayanan kesehatan.

 

"Saya berharap kepada semua pemangku kepentingan untuk dapat mengoptimalkan kesiapannya dalam rangka pelaksanaan ibadah Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriyah, sehingga seluruh warga masyarakat dapat merasakan keamanan, kelancaran dan kenyamanan," harapnya.

 

Sementara Pj Sekda menambahkan, kesiapan penyelenggaraan meliputi lima bidang diantaranya ekonomi, keamanan dan ketertiban, perhubungan dan infrastruktur, kesehatan, serta pariwisata. "Maksud dan tujuan dari kegiatan ini antara lain memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, upaya mewujudkan keamanan ketertiban kelancaran kenyamanan dan ketenangan selama bulan Ramadhan, menjaga kelancaran lalu lintas, serta mensiapsiagakan tanggap darurat bencana mengingat terjadinya perubahan iklim," tandasnya.

 

Sumber: Prokopim

Berita Terpopuler

Petunjuk Teknis PPDB Kabupaten Purworejo Tahun Ajaran 2024/2025
Berita Purworejo

Petunjuk Teknis PPDB Kabupaten Purworejo Tahun Ajaran 2024/2025

Selasa, 28 Mei 2024

Pemerintah Kabupaten Purworejo melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) telah menyusun Pe....


Berlangsung Meriah, Kontes Kambing Kaligesing Lombakan 5  Kategori
Berita Purworejo

Berlangsung Meriah, Kontes Kambing Kaligesing Lombakan 5 Kategori

Selasa, 04 Juni 2024

Kontes Kambing Kaligesing tingkat Kabupaten Purworejo 2024 digelar di Desa Wisata Pandanrejo (Dewa P....


Hebat, Pramuka Siaga Purworejo Bawa Pulang 3 Medali Emas dalam Lomba Tingkat Provinsi Jateng
Berita Purworejo

Hebat, Pramuka Siaga Purworejo Bawa Pulang 3 Medali Emas dalam Lomba Tingkat Provinsi Jateng

Senin, 27 Mei 2024

Pramuka Siaga Kwartir Cabang (Kwarcab) Purworejo berhasil menorehkan hasil maksimal dalam lomba ting....