Berita Purworejo

Tingkatkan Pemasaran Produk, Forum UMKM Purworejo Ikuti Business Matching

Dinas Koperasi UKM dan Perdagangan (KUKMP) Kabupaten Purworejo terus berupaya mendorong para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) untuk meningkatkan pemasaran produknya. Salah satunya dengan memfasilitasi pelaku UMKM dengan business matching dan pelatihan penjualan produk melalui marketplace di Pendopo Kabupaten Purworejo pada Senin, 4/3/2024.

 

Kepala Bidang Sarana Prasarana Pengembangan Perdagangan (SP3) Dinas KUKMP Ari Wibowo ST menjelaskan, acara business matching atau temu bisnis ini diikuti oleh perwakilan forum UMKM dari 16 Kecamatan. Tujuannya untuk mempertemukan para pelaku UMKM dengan mitra bisnis agar bisa menjalin kerjasama dan memasarkan produk UMKM secara lebih luas.

 

"Disini kita menghadirkan mitra dari perhotelan, dari retail seperti indomaart dan alfamart, kemudian dari PT Dagangan Karya Indonesia yaitu perusahaan yang bergerak di bidang peralatan rumah tangga dan sembako," kata Ari Wibowo di sela-sela acara.

 

Disamping itu para pelaku UMKM juga diajarkan pemasaraan produk melalui marketplace dengan menghadirkan pemateri langsung dari Shopee. Pemasaran produk UMKM melalui online sangat dibutuhkan, sehingga pelatihan ini diharapkan dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya.

 

Ari Wibowo juga menjelaskan, produk UMKM Kabupaten Purworejo sangat beragam mulai dari produk olahan makanan, kerajinan, pakaian dan lain sebagainya. Namun masih perlu peningkatan kualitas agar dapat bersaing dan diminati banyak masyarakat.

 

"Kami berusaha untuk memasarkan produk-produk UMKM kita, walaupun dari segi kualitas masih butuh perbaikan-perbaikan. Tadi dari Indomart juga sudah menawarkan pelatihan untuk bisa mengupgrade kualitas produk UMKM" katanya.

 

Harapannya, dengan adanya kegiatan ini nantinya akan terjalin kerjasama antara pelaku UMKM dan mitra bisnis yang saling menguntungkan, sehingga produk UMKM Purworejo bisa dipasarkan lebih luas.

 

Sementara Ketua Forum UMKM Purworejo Dr Hesti Respatiningsih SE MPar menambahakan, acara ini sangat bermanfaat untuk pengembangan pemasaran produk UMKM Kabupaten Purworejo. Menurutnya, acara temu bisnis ini selain jadi ajang silaturrahmi juga sebagai sarana pengembangan usaha.

 

"UMKM kita sudah menjalin kerjasama dengan beberapa mitra, seperti alfamart, indomart dan perhotelan melalui koperasi kita," kata Hesti Respatiningsih yang juga selaku Ketua Koperasi Gapura.

Berita Terpopuler

PPDB SD dan SMP Negeri di Kabupaten Purworejo Dilakukan Secara Online
Berita Purworejo

PPDB SD dan SMP Negeri di Kabupaten Purworejo Dilakukan Secara Online

Rabu, 15 Mei 2024

Pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Kabupaten Purworejo tahun ajaran 2024/2025 untuk je....


Peluncuran Tahapan Pilbup 2024, Bupati Purworejo Ajak Masyarakat Ikut Tentukan Figur dan Arah Kepemimpinan Daerah
Berita Purworejo

Peluncuran Tahapan Pilbup 2024, Bupati Purworejo Ajak Masyarakat Ikut Tentukan Figur dan Arah Kepemimpinan Daerah

Sabtu, 11 Mei 2024

Bupati Kabupaten Purworejo Hj Yuli Hastuti SH menghadiri Peluncuran Tahapan Pemilihan Bupati Dan Wak....


Petunjuk Teknis PPDB Kabupaten Purworejo Tahun Ajaran 2024/2025
Berita Purworejo

Petunjuk Teknis PPDB Kabupaten Purworejo Tahun Ajaran 2024/2025

Selasa, 28 Mei 2024

Pemerintah Kabupaten Purworejo melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) telah menyusun Pe....