Berita Purworejo

Pasar Tani Digelar, Masyarakat Rela Antri Demi Mendapat Beras SPHP

Purworejo – Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Purworejo menggelar Pasar Tani di halaman kantor setempat pada hari Selasa (27/02/2024). Acara tersebut merupakan salah satu rangkaian acara Peringatan Hari Jadi ke- 193 Kabupaten Purworejo.

 

Ratusan masyarakat yang didominasi oleh ibu-ibu, rela mengantri untuk mendapatkan kupon beras Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan (SPHP) yang disediakan dalam Pasar Tani. Satu kupon bisa digunakan untuk maksimal pembelian 2 sak atau 10kg beras SPHP dengan harga 54.000/5kg.

 

"Beras SPHP yang kami sediakan pada hari ini ada 4 Ton dan masyarakat hanya bisa membeli beras SPHP tersebut dengan menggunakan kupon yang telah kami sediakan. Kami menyediakan 400 kupon dan itu semua habis hanya dalam waktu 30 menit," kata Kabid DKPP Kabupaten Purworejo Tri Astuti Andayani STP MM disela-sela kegiatan Pasar Tani.

 

"Untuk harga bahan pokok yang kami subsidi ada beras SPHP 54.000/5kg, telur bebek 20.000/10 butir, telur ayam 28.000/kg, minyak Goreng 14.000/L, gula pasir 16.000/kg," kata Tri Astuti melanjutkan.

 

Lebih lanjut Tri Astuti menjelaskan, Pasar Tani ini merupakan program untuk mengenalkan produk-produk pertanian dari masing-masing kecamatan supaya dapat meningkatkan pemasaranya mereka. Selain subsidi sembako, dalam Pasar Tani tersedia komoditas hasil pertanian dari 16 kecamatan.

 

Masyarakat terlihat antusias dalam Pasar Tani ini, terbukti sudah ada antrian masyarakat meski acara belum resmi dibuka. Acara pembukaan Pasar Tani dilakukan oleh Bupati Purworejo Hj Yuli Hastuti SH pada pukul 07.30 WIB.

 

Salah satu pembeli dari Kelurahan Mranti, Maesaroh mengapresiasi gelaran Pasar Tani ini. Ia berharap acara semacam ini terus dilakukan sehingga masyarakat dapat membeli komoditas bahan pokok dengan harga yang terjangkau. "Disini saya beli beras 10kg dengan harga 108 ribu, karena beras ini lebih murah dari pasaran dan kualitasnya lumayan bagus", ujar Maesaroh.

Berita Terpopuler

Petunjuk Teknis PPDB Kabupaten Purworejo Tahun Ajaran 2024/2025
Berita Purworejo

Petunjuk Teknis PPDB Kabupaten Purworejo Tahun Ajaran 2024/2025

Selasa, 28 Mei 2024

Pemerintah Kabupaten Purworejo melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) telah menyusun Pe....


Berlangsung Meriah, Kontes Kambing Kaligesing Lombakan 5  Kategori
Berita Purworejo

Berlangsung Meriah, Kontes Kambing Kaligesing Lombakan 5 Kategori

Selasa, 04 Juni 2024

Kontes Kambing Kaligesing tingkat Kabupaten Purworejo 2024 digelar di Desa Wisata Pandanrejo (Dewa P....


Hebat, Pramuka Siaga Purworejo Bawa Pulang 3 Medali Emas dalam Lomba Tingkat Provinsi Jateng
Berita Purworejo

Hebat, Pramuka Siaga Purworejo Bawa Pulang 3 Medali Emas dalam Lomba Tingkat Provinsi Jateng

Senin, 27 Mei 2024

Pramuka Siaga Kwartir Cabang (Kwarcab) Purworejo berhasil menorehkan hasil maksimal dalam lomba ting....