Berita Purworejo

Bupati Minta PD Tingkatkan Performa Kerja dan Perubahan Guna Ciptakan Birokrasi Yang kuat

Bupati Purworejo Hj Yuli Hastuti SH mengungkapkan bahwa berdasarkan hasil evaluasi Reformasi Birokrarasi (RB) yang telah dilaksanakan oleh Kementerian PANRB, Indeks RB Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purworejo Tahun 2023 adalah 67,84 dengan katagori “B”.

 

Atas capaian tersebut, Bupati Yuli Hastuti berterima kasih dan mengapresiasi kinerja seluruh Kepala Perangkat Daerah (PD) dan jajarannya. Namun demikian, dirinya tetap meminta PD untuk terus meningkatkan performa kerja dan melakukan perubahan-perubahan agar mampu menciptakan birokrasi yang kuat.

 

"Untuk mampu menciptakan birokrasi yang kuat, kita harus selalu meningkatkan performa kerja dan melakukan perubahan-perubahan. Dengan demikian, percepatan dalam tata kelola pemerintahan yang baik bisa tercapai sehingga tujuan pembangunan yang sudah direncanakan dapat terealisasi," katanya.

 

Bupati mengatakan hal itu saat membuka Rapat Koordinasi (Rakor) Peningkatan Implementasi dan Capaian RB, Selasa (20/2/2024). Rakor diselenggarakan oleh Inspektorat Kabupaten Purworejo yang digelar di The Allana Yogyakarta dan dihadiri seluruh kepala perangkat daerah Kabupaten Purworejo.

 

Pada kesempatan itu bupati juga menekankan adanya lima misi yang menjadi prioritas dalam mewujudkan Purworejo berdaya saing. Salah satunya adalah meningkatkan daya saing kualitas pelayanan publik dan penyelenggaraan pemerintahan yang baik.

 

"Pemkab Purworejo bertekad mewujudkan penyelenggaraan pemerintahan yang baik dengan menjalankan sistem pemerintahan yang efektif, adil, jujur, transparan dan akuntabel. Salah satunya dengan mengimplementasikan Reformasi Birokrarasi," imbuhnya.

 

Bupati berharap, dengan melaksanaan RB akan menciptakan hasil atau dampak yang dapat dirasakan secara nyata, cepat, dan tepat menyentuh isu atau permasalahan faktual. Dengan RB juga diharapkan tidak hanya mempercepat penyelesaian isu hulu, yaitu masalah-masalah tata kelola pemerintahan yang terjadi di internal birokrasi. Namun juga isu hilir yaitu masalah-masalah yang muncul di masyarakat dan terkait dengan agenda prioritas Pembangunan Nasional.

 

"Saya meminta kepada seluruh Kepala Perangkat Daerah dan jajarannya untuk berkomitmen penuh dalam meningkatkan implementasi dan capaian RB Pemkab Purworejo," pesannya.

 

Sementara itu, Plt Inspektur Kabupaten Purworejo Eny Mungawanah SS menerangkan bahwa pada Road Map RB 2020–2024 setelah penajaman, fokus penyelesaian isu hulu yang disebut dengan RB General, serta fokus penyelesaian isu hilir yang disebut dengan RB Tematik. Strategi RB diarahkan kepada dua hal, yakni mendorong Percepatan Digitalisasi Birokrasi serta melaksanakan RB Tematik. Hal ini untuk mendorong percepatan penyelesaian isu nasional, khususnya terkait dengan pengentasan kemiskinan, peningkatan investasi dan administrasi pemerintah.

 

Eni menambahkan, salah satu sasaran RB di tingkat mikro adalah meningkatnya kualitas pengawasan dengan kegiatan utama Pembangunan Zona Integritas, Penguatan Implementasi SPIP, Penguatan Pengelolaan Pengaduan Masyarakat, dan Penguatan Upaya Pencegahan Korupsi.

 

Dalam rangka Penguatan Implementasi SPIP dan Upaya Pencegahan Korupsi, Pemkab Purworejo telah memiliki kebijakan antikorupsi diantaranya Perbup Kebijakan Antikorupsi dan Perbup Pengendalian Kecurangan.

 

"Diharapkan kita semua dapat memahami dan menerapkan dengan baik RB General, RB Tematik, dan Pengendalian Kecurangan agar kinerja seluruh perangkat daerah di Kabupaten Purworejo semakin meningkat dan terhindar dari permasalahan korupsi," ujar Eny.

 

Dalam bimtek tersebut dihadirkan beberapa nara sumber. Yakni Hatni SE MM dari Deputi Reformasi Birokrasi Akuntabilitas Aparatur dan Pengawasan Kementerian PAN dan RB, IG Setya Rudi Wiyana dan Dedi Fafanto dari BPKP Perwakilan DIY serta Pj Sekda Purworejo Dr R Achmad Kurniawan Kadir MPA.

Berita Terpopuler

Petunjuk Teknis PPDB Kabupaten Purworejo Tahun Ajaran 2024/2025
Berita Purworejo

Petunjuk Teknis PPDB Kabupaten Purworejo Tahun Ajaran 2024/2025

Selasa, 28 Mei 2024

Pemerintah Kabupaten Purworejo melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) telah menyusun Pe....


Berlangsung Meriah, Kontes Kambing Kaligesing Lombakan 5  Kategori
Berita Purworejo

Berlangsung Meriah, Kontes Kambing Kaligesing Lombakan 5 Kategori

Selasa, 04 Juni 2024

Kontes Kambing Kaligesing tingkat Kabupaten Purworejo 2024 digelar di Desa Wisata Pandanrejo (Dewa P....


Hebat, Pramuka Siaga Purworejo Bawa Pulang 3 Medali Emas dalam Lomba Tingkat Provinsi Jateng
Berita Purworejo

Hebat, Pramuka Siaga Purworejo Bawa Pulang 3 Medali Emas dalam Lomba Tingkat Provinsi Jateng

Senin, 27 Mei 2024

Pramuka Siaga Kwartir Cabang (Kwarcab) Purworejo berhasil menorehkan hasil maksimal dalam lomba ting....