Berita Purworejo

Bupati Pimpin 583 Personil pada Apel Pergeseran Pasukan

Bupati Purworejo Hj Yuli Hastuti SH didampingi Kapolres Purworejo AKBP Eko Sunaryo SIK MKP dan Dandim 0708 Letkol Infanteri Yohanes Heru Wibowo menjadi inspektur upacara pada Apel Pergeseran Pasukan dalam rangka Pengamanan Pemilu Serentak Tahun 2024. Kegiatan dilaksanakan di halaman Mapolres Purworejo Senin sore (12/02/2024), diikuti 583 personil terdiri dari Polri, TNI, Satpol-PP dan Linmas. Tampak hadir kepala Kajari Purworejo Eddy Sumarman SH MH, Kasatpol PP Damkar Budi Wibowo SSos, Ketua KPU Purworejo Djarot Sarwo Sambodo SE, Ketua Bawaslu Purworejo Purnomosidi SPt dan para pejabat terkait.

 

Bupati dalam sambutannya mengatakan Apel Pergeseran Pasukan Pengamanan TPS Pemilu 2024 menunjukkan bahwa Polres Purworejo, Kodim 0708 Purworejo serta Pemkab Purworejo, KPU dan Bawaslu, siap bersinergi menyukseskan Pemilu, utamanya di tahap inti yaitu tahap pemungutan suara.

 

"Kesuksesan pemilu ditandai dengan: partisipasi masyarakat yang tinggi, sukses berjalannya di setiap tahapan, situasi yang kondusif menjelang dan pelaksanaan, maupun pasca Pemilu serta pemerintahan dan pelayanan masyarakat tetap berjalan tanpa gangguan," ujarnya

 

Lebih lanjut Bupati berharap, semua unsur dapat memastikan keamanan di lokasi-lokasi keramaian, terutama di Tempat Pemungutan Suara (TPS). Kepada Petugas Pemilu, Bupati meminta agar dapat menjalankan tugasnya dengan baik, bersikap jujur dan netral, demi terwujud Pemilu yang jujur dan adil. Ia juga meminta untuk tetap mengantisipasi dengan kemungkinan terjadinya bencana alam, seperti banjir, tanah longsor dan lain-lain.

 

"Tugas ini berat, saya minta Saudara-saudara sekalian benar-benar menjaga kesehatan. Persiapkan fisik dan mental dengan baik, serta komitmen moral dan disiplin kerja yang tinggi. Selalu siap siaga dan responsif terhadap setiap perubahan situasi dan memastikan bahwa setiap warga negara dapat menggunakan hak pilihnya tanpa rasa takut atau intimidasi dari pihak manapun," tegasnya.

 

Pada sesi doorstop Bupati menghimbau masyarakat untuk tetap menjaga suasana kondusif. "Walaupun beda pilihan, saya minta untuk tetap guyup. Saya minta semua menjaga kondusivitas secara bersama-sama." pungkasnya.

 

Kapolres Purworejo AKBP Eko Sunaryo SIK MKP menjelaskan kegiatan apel ini bertujuan untuk mengecek kesiapan pasukan dalam mengawal proses pemilu, dengan tujuan pemilu aman, lancar dan suasana kondusif. Pengamanan ini berlangsung dari tanggal 13-15 Februari 2024, yakni persiapan, pencoblosan dan pasca pemilu.

 

"Ada sebanyak 483 personil yang tersebar di 2995 TPS Untuk perlengkapan yang dibawa berupa barang pribadi, misalnya jas hujan, perlengkapan mandi, senter, alat keamanan dan obat-obatan atau vitamin," jelas Kapolres.

 

Sementara Dandim 0708 Purworejo Letkol Infanteri Yohanes Heru Wibowo memberikan keterangan "TNI yang ikut dalam pengamanan 112 personil, yang sudah jadi Babinsa di wilayah masing-masing. "Anggota TNI-POLRI pengamanannya di ring 2 yaitu di luar TPS," jelas Dandim 0708

 

Setelah selesai apel dilanjutkan dengan pengecekan pasukan yakni dari Kodim 0708, 16 Polsek beserta pasukan, Satpol-PP dan Linmas. Pada kesempatan tersebut, Wartoyo dari Kecamatan Gebang menjadi Linmas paling tua yaitu berumur 80 tahun.

 

Saat ditanya oleh Kapolres keadaannya sehat atau tidak, ia menjawab "Siap sehat bapak, siap menjalankan tugas di ring 1 TPS bapak," katanya.

 

Sumber: Prokopim

Berita Terpopuler

PPDB SD dan SMP Negeri di Kabupaten Purworejo Dilakukan Secara Online
Berita Purworejo

PPDB SD dan SMP Negeri di Kabupaten Purworejo Dilakukan Secara Online

Rabu, 15 Mei 2024

Pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Kabupaten Purworejo tahun ajaran 2024/2025 untuk je....


Peluncuran Tahapan Pilbup 2024, Bupati Purworejo Ajak Masyarakat Ikut Tentukan Figur dan Arah Kepemimpinan Daerah
Berita Purworejo

Peluncuran Tahapan Pilbup 2024, Bupati Purworejo Ajak Masyarakat Ikut Tentukan Figur dan Arah Kepemimpinan Daerah

Sabtu, 11 Mei 2024

Bupati Kabupaten Purworejo Hj Yuli Hastuti SH menghadiri Peluncuran Tahapan Pemilihan Bupati Dan Wak....


Petunjuk Teknis PPDB Kabupaten Purworejo Tahun Ajaran 2024/2025
Berita Purworejo

Petunjuk Teknis PPDB Kabupaten Purworejo Tahun Ajaran 2024/2025

Selasa, 28 Mei 2024

Pemerintah Kabupaten Purworejo melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) telah menyusun Pe....