Berita Purworejo

Bupati Apresiasi Pelestarian Budaya Lokal

Bupati Purworejo Hj Yuli Hastuti SH hadir memenuhi undangan Merti Desa dari Pemdes Sambeng, Kecamatan Bayan. Ia menyerahkan wayang tokoh Semar kepada dalang Ki Gunawan, untuk menandai gelaran wayang kulit dimulai dengan pentas lakon "Semar Mbangun Deso". Acara dilaksanakan di Balai Desa Sambeng Selasa malam (06/02/2024), yang juga dihadiri Kabag Prokopim Ulik Sri Widiatmi SSos MAP dan Forkopimcam Bayan.

 

Bupati mengapresiasi Pemdes dan masyarakat Desa Sambeng atas dilaksanakannya pagelaran wayang kulit dan tayub dalam rangka Merti Desa Sambeng. Ia menilai kegiatan ini sebagai manifestasi rasa syukur dan wahana melestarikan seni budaya bangsa.

 

"Merti Desa bukan hanya sebuah tradisi, melainkan momentum untuk merenung, mensyukuri, dan merayakan kerja keras serta kerja sama kita dalam pembangunan. Wayang kulit bukan sekadar seni pertunjukan, namun cermin dari kearifan lokal dan identitas kultural yang harus kita lestarikan," katanya.

 

Pada kesempatan itu, Bupati mengingatkan untuk menjaga suasana kondusif dalam pelaksanaan Pemilu Serentak 2024. Tidak lupa pula mengingatkan masyarakat untuk waspada, karena beberapa hari terakhir intensitas dan curah hujan cukup tinggi.

 

Sementara itu Ketua Panitia Merti Desa Sambeng mengucapkan terimakasih kepada Bupati Purworejo dan jajaran yang telah berkenan hadir. Menurutnya hal itu sangat membahagiakan masyarakat dan memotivasi Pemdes lebih bersemangat untuk melestarikan kearifan lokal, seperti kegiatan yang dilaksanakan pada malam hari itu.

Fida anggota karangtaruna Desa Sambeng menyatakan sangat antusias ikut terlibat dalam proses persiapan dan pelaksanaan. Baginya merupakan pengalaman baru ikut andil dalam kegiatan masyarakat. "Jujur saya senang karena ibu Bupati hadir, merasa berguna gitu. Ibaratnya apa yang dipersiapkan tidak sia-sia. Kami dan teman-teman sangat antusias," ungkapnya.

 

Sumber: Prokopim

Berita Terpopuler

Petunjuk Teknis PPDB Kabupaten Purworejo Tahun Ajaran 2024/2025
Berita Purworejo

Petunjuk Teknis PPDB Kabupaten Purworejo Tahun Ajaran 2024/2025

Selasa, 28 Mei 2024

Pemerintah Kabupaten Purworejo melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) telah menyusun Pe....


Berlangsung Meriah, Kontes Kambing Kaligesing Lombakan 5  Kategori
Berita Purworejo

Berlangsung Meriah, Kontes Kambing Kaligesing Lombakan 5 Kategori

Selasa, 04 Juni 2024

Kontes Kambing Kaligesing tingkat Kabupaten Purworejo 2024 digelar di Desa Wisata Pandanrejo (Dewa P....


Hebat, Pramuka Siaga Purworejo Bawa Pulang 3 Medali Emas dalam Lomba Tingkat Provinsi Jateng
Berita Purworejo

Hebat, Pramuka Siaga Purworejo Bawa Pulang 3 Medali Emas dalam Lomba Tingkat Provinsi Jateng

Senin, 27 Mei 2024

Pramuka Siaga Kwartir Cabang (Kwarcab) Purworejo berhasil menorehkan hasil maksimal dalam lomba ting....