Berita Purworejo

Bupati Resmikan Gedung Haji dan Umroh Kecamatan Kaligesing

Bupati Purworejo Hj Yuli Hastuti SH meresmikan Gedung Haji dan Umroh Kecamatan Kaligesing, Sabtu (27/1/2024). Peresmian ditandai dengan pendatangan prasasti, potong tumpeng dan penyerahan sertifikat kepada pengurus Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI).

 

Bupati mengatakan bahwa animo masyarakat Purworejo untuk melaksanakan ibadah haji memang sangat tinggi, sehingga daftar tunggu antrian mencapai puluhan tahun. Demikian juga ibadah umroh, merupakan ibadah yang sangat diminati masyarakat muslim Indonesia, bahkan banyak yang telah menunaikan berkali-kali.

 

Menurutnya, makna substantif dari ibadah haji tercermin pada kemampuan meningkatkan kualitas amal saleh, seperti kedermawanan, kerendahan hati, keadilan, dan sifat-sifat kemanusiaannya setelah kembali dari Makkah al-Mukarromah.

"Kemabruran ibadah haji tidak dilihat dari gelar haji yang disandang, tetapi sejauh mana ibadah yang telah dilaksanakan itu membekas dalam hati, lalu tercermin dalam kehidupan sehari-hari," tegasnya.

 

Dirinya juga berharap dengan semakin banyaknya masyarakat yang menunaikan ibadah haji dan umroh, akan semakin banyak orang sholih dan sholihah sekaligus meningkatkan kualitas ketaqwaan masyarakat muslim di Kabupaten Purworejo.

 

Keberadaan gedung haji dan umroh ini menurutnya bukanlah semata tentang pembangunan sebuah struktur fisik, melainkan merupakan simbol dari perjalanan spiritual dan pengabdian kita kepada Allah SWT. Oleh karena itu, dirinya berpesan agar gedung ini dirawat dan dimanfaatkan untuk kemaslahatan umat.

 

"Semoga keberadaan gedung ini akan membawa manfaat,  bagi anggota IPHI khususnya, serta umat muslim dan masyarakat pada umumnya," pungkasnya.

 

Ketua IPHI Kaligesing sekaligus panitia pembangunan H Sumarno menerangkan, pembangunan dimulai dari tahun 2015 menggunakan dana iuran masyarakat dan donatur.

Gedung dibangun di atas tanah wakaf dari H Sarono dari Kemanukan dengan luas tanah 504 M2 terdiri dari bangunan utama, mushola dan halaman parkir.

 

" Dana dari iuran masyarakat dikumpulkan setiap salapanan, hanya sebesar Rp 25 ribu namun bisa sampai akhirnya jadi bangunan megah meskipun belum sempurna," kata Sumarno.

 

Turut hadir Staf Ahli Bupati Purworejo Bidang Kemasyarakatan dan SDM Rita Purnama SSTP MM, Kepala DKPP Hadi Sadsila SP MM, Kepala DINSOSDALDUKKB Ahmat Jainudin SIP, Kabag Prokopim Ulik Sri Widiatmi SSos MAP, Camat Kaligesing Drs Wahyu Jaka Setiyanta beserta

Forkopimcam dan jamaah haji/umroh yang tergabung dalam IPHI.

 

Sumber: Prokopim

Berita Terpopuler

Petunjuk Teknis PPDB Kabupaten Purworejo Tahun Ajaran 2024/2025
Berita Purworejo

Petunjuk Teknis PPDB Kabupaten Purworejo Tahun Ajaran 2024/2025

Selasa, 28 Mei 2024

Pemerintah Kabupaten Purworejo melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) telah menyusun Pe....


Berlangsung Meriah, Kontes Kambing Kaligesing Lombakan 5  Kategori
Berita Purworejo

Berlangsung Meriah, Kontes Kambing Kaligesing Lombakan 5 Kategori

Selasa, 04 Juni 2024

Kontes Kambing Kaligesing tingkat Kabupaten Purworejo 2024 digelar di Desa Wisata Pandanrejo (Dewa P....


Hebat, Pramuka Siaga Purworejo Bawa Pulang 3 Medali Emas dalam Lomba Tingkat Provinsi Jateng
Berita Purworejo

Hebat, Pramuka Siaga Purworejo Bawa Pulang 3 Medali Emas dalam Lomba Tingkat Provinsi Jateng

Senin, 27 Mei 2024

Pramuka Siaga Kwartir Cabang (Kwarcab) Purworejo berhasil menorehkan hasil maksimal dalam lomba ting....