Berita Purworejo

Berlokasi di Kawasan Obwis Goa Seplawan, Rumah Kopi Purworejo Diresmikan

Rumah Kopi yang terletak di kawasan obyek wisata Goa Seplawan, Desa Donorejo, Kecamatan Kaligesing akhirnya diresmikan. Acara ceremonial peresmian ditandai dengan pemotongan tumpeng dan pita oleh Plh Sekda Purworejo Drs Bambang Susilo, pada Kamis 28/12/2023.

Hadir Kepala Dinperintransnnaker Kabupaten Purworejo Ir Hadi Pranoto, Direktur Badan Otorita Borobudur (BOB) Agustin Peranginangin, Kepala Perangkat Daerah, Camat Kaligesing, Forkopimcam, Kepala Desa Donorejo beserta perangkat desa, tokoh masyarakat, dan tamu undangan lainnya.

Kepala Dinperintransnnaker Ir Hadi Pranoto mengatakan, Rumah Kopi dibangun di kawasan Goa Seplawan supaya para wisatawan yang datang tidak hanya menikmati pemandangan alam tapi bisa sambil menikmati kopi khas Purworejo. Rumah Kopi ini juga nantinya bisa digunakan sebagai wadah para pelaku Industri Kecil Menengah (IKM) di Kabupaten Purworejo untuk mempromosikan produknya.

"Desa Donorejo merupakan sentra kopi di Kabupaten Purworejo. Ada kopi Seplawan dan Kopo Semi dari Desa Donorejo,"katanya.

Namun demikian, tidak menutup kemungkinan Rumah Kopi ini di dalamnya lengkap, karena Kabupaten Purworejo punya sumber-sumber penghasil kopi yang bagus dan unggul. "Ada kopi Benowo dari kecamatan Bener, ada Kopi Gunung Condong dari Kecamatan Bruno, Kopi Purbayan dari Kecamatan Kemiri, sebagian besar jenisnya robusta," lanjutnya.

Direktur Badan Otorita Borobudur (BOB) Agustin Peranginangin mengatakan, pada sembilan tahun terakhir, pemerintah sangat fokus mengembangkan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif. Pemerintah terus mendorong dan mengoptimalkan potensi wisata di daerah dengan membentuk desa wisata. Sehingga diharapakan dengan sektor ini dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui ekonomi kreatif.

Pihaknya juga mengapresiasi dan bangga kepada Pemerintah Kabupaten Purworejo yang bersinergi membangun Rumah Kopi. Ia juga berharap Rumah Kopi ini tidak hanya sekedar bangunan, namun bisa menjadi rumah bersama bagi pelaku kreatif.

"Menurut kami ini salah satu yang luar biasa, dengan menghadirkan Rumah Kopi di destinasi wisata," katanya.

Sementara Plh Sekda Purworejo Drs Bambang Susilo yang hadir mewakili Bupai Purworejo Yuli Hastuti, berpesan supaya bangunan Rumah Kopi ini untuk tetap dirawat. Ia juga mengajak kepada OPD, Kecamatan, Desa, maupun Masyarakat untuk memanfaatkan bangunan tersebut.

"Saya titip kepada Pak Kepala Desa tolong bangunan ini benar-benar dirawat, jangan ada istilah bangunan mangkrak, sehingga harus dimanfaatkan,"katanya.

Pada kesempatan yang sama, dilakaukan penyerahan SK pengelolaan dari Pemerintah Kabupaten Purworejo kepada Kepala Desa Donorejo. Masyarakat yang hadir juga dihibur dengan penampilan kesenian ndolalak dan kuda lumping.

  

Berita Terpopuler

Petunjuk Teknis PPDB Kabupaten Purworejo Tahun Ajaran 2024/2025
Berita Purworejo

Petunjuk Teknis PPDB Kabupaten Purworejo Tahun Ajaran 2024/2025

Selasa, 28 Mei 2024

Pemerintah Kabupaten Purworejo melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) telah menyusun Pe....


Berlangsung Meriah, Kontes Kambing Kaligesing Lombakan 5  Kategori
Berita Purworejo

Berlangsung Meriah, Kontes Kambing Kaligesing Lombakan 5 Kategori

Selasa, 04 Juni 2024

Kontes Kambing Kaligesing tingkat Kabupaten Purworejo 2024 digelar di Desa Wisata Pandanrejo (Dewa P....


Hebat, Pramuka Siaga Purworejo Bawa Pulang 3 Medali Emas dalam Lomba Tingkat Provinsi Jateng
Berita Purworejo

Hebat, Pramuka Siaga Purworejo Bawa Pulang 3 Medali Emas dalam Lomba Tingkat Provinsi Jateng

Senin, 27 Mei 2024

Pramuka Siaga Kwartir Cabang (Kwarcab) Purworejo berhasil menorehkan hasil maksimal dalam lomba ting....